Home  /  Berita  /  GoNews Group
Kompetisi Sepakbola Liga 1 2020

PSSI dan Kemenpora Sepakat Kembali Digulirkan

PSSI dan Kemenpora Sepakat Kembali Digulirkan
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. (Foto: pssi.org)
Selasa, 27 Oktober 2020 23:48 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA -  Meski masih pandemo Covid 19, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sepakat kompetisi sepakbola di Indonesia kembali digulirkan. Kesepakatan itu disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali dalam sesi webinar yang diadakan oleh salah satu media berita online, Selasa, 27 Oktober 2020.

Dalam webinar itu, Mochamad Iriawan memaparkan mengenai road map persiapan Tim Nasional (Timnas) U 19 Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 pada tahun 2021 mendatang. Road map tersebut berisi mengenai hal-hal yang sudah dilakukan dan juga yang akan dilakukan oleh Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan pelatih kepala, Shin Tae-yong.

Selain road map persiapan, Mochamad Iriawan yang akrab dipanggil Iwan Bule juga menyampaikan kebutuhan kompetisi bagi para pemain yang nantinya akan memperkuat tim nasional, khususnya Timnas U-19. Dengan demikian, mereka bisa merasakan atmosfer pertandingan yang sesungguhnya.

“Kami sangat berharap kompetisi bisa segera bergulir. Pelatih juga sudah punya road map sendiri. Kompetisi itu muaranya ke Timnas. Dengan kompetisi, pemain juga bisa merasakan atmosfer sesungguhnya dalam suatu pertandingan,” kata Iwan Bule.

Untuk menghadapi kompetisi yang bergulir di masa pandemi Covid-19, kata Iwan Bule, pihaknya telah memiliki persiapan, salah satunya dengan panduan protokol kesehatan. “Kami sudah punya panduan protokol kesehatan (untuk kompetisi). Protokol kesehatan sudah dibuatkan bukunya. Memakai masker, dll sudah dilakukan saat pemain timnas melakukan TC baik di Indonesia maupun luar negeri, jadi untuk melakukan kompetisi, perlakuannya akan sama dan ketat,” ungkapnya.

Menpora Zainudin Amali juga mendukung harapan PSSI agar kompetisi sepakbola di Indonesia dapat digulirkan kembali. “Seperti yang sudah dikatakan oleh Ketum PSSI, bahwa dengan persiapan yang sudah dilakukan oleh federasi, mengenai persiapan kompetisi, dengan menerapkan protokol kesehatan, maka betul, kompetisi harus segera diputar. Kompetisi pun juga dibutuhkan untuk perkembangan kemampuan pemain nantinya agar mereka siap di Piala Dunia,” ujar Zainudin Amali.

Harapan yang sama juga dilontarkan legenda pemain sepakbola nasional era 90-an, Kurniawan Dwi Yulianto yang hadir dalam webinar tersebut. Alasannya, pemain Timnas U 19 yang akan berlaga di Piala Dunia, bisa meningkatkan kemampuan saat memperkuat klubnya. 

“Pemain harus membuktikan bahwa talenta dari Indonesia bagus. Pemain harus mengembangkan diri, banyak talent scouting, jadi mereka harus berusaha. Bersama klub yang bermain di kompetisi, mereka bisa mengasah kemampuan sepakbolanya demi menghadapi Piala Dunia nanti,” kata Kurniawan.

Timnas U-19 akan menghadapi dua turnamen besar pada 2021 mendatang. Yakni,  berlaga di Piala AFC U-19 2020 yang rencananya akan digelar di Uzbekistan, awal 2021 dan Piala Dunia U-20 2012 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah. ***

wwwwww