Home  /  Berita  /  GoNews Group
Asian Online Chess Cup 2020

Tim Catur Indonesia Tahan Unggulan Kelima

Tim Catur Indonesia Tahan Unggulan Kelima
GM Susanto Megaranto
Sabtu, 10 Oktober 2020 19:42 WIB
Penulis: Azhari Nasution
JAKARTA - Tim catur putra Indonesia menahan seri unggulan kelima tim Bangladesh yang diperkuat tiga Grand Master (GM) pada babak ketiga Asian Online Nations Chess Cup yang digelar Sabtu (10/10/2020).

Indonesia sempat unggul 2-1 lebih dulu setelah GM Susanto Megaranto yang diturunkan di meja dua menaklukkan IM M Fahad Rahman, sementara Novendra Priasmoro dan Yoseph Taher remis lawan GM Ziaur Rahman dan GM Niaz Murshed. Sayang, Azarya Jodi yang bermain di meja empat takluk dari GM Reefat Bin-Sattar dalam permainan akhir yang imbang karena membuat blunder.

Setelah bertanding 3 babak tim putra Indonesia berada di peringkat 5 dari total 38 negara peserta. Empat tim teratas adalah Filipina, Mongolia, Kazakhstan dan Iran yang tiga kali menang. Besok giliran tim putri Indonesia yang juga bertanding 3 babak.

Pada pertandingan babak pertama, tim putra Indonesia menang telak 4-0 lawan Afghanistan. Pairing babak kedua belum keluar karena terjadi banyak masalah di babak awal ini baik di servernya maupun para wasitnya. Pertandingan sempat diulang karena banyak salah meja dan salah pilih warna.

Ads

Babak kedua menghadapi Yaman yang memiliki dua pemàin bergelar IM, Indonesia masih mampu menyapu bersih 4-0.

Panitia masih kesulitan dg tanding online yg menggunakan sistem Swiss yg lebih ruwet. Babak kedua sempat diulang ketika pertandingan baru berjalan beberapa langkah krn lawan yg muncul adalah lawan yg sama spt pd babak pertama. Beruntung para pecatur Indonesia tidak terpengaruh dengan situasi tersebut. ***

wwwwww