Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Partisipasi Pemilih Rendah di Pilgub Sebelumnya, KPU Gelar Sosialisasi dengan Jurnalis Padang Panjang

Partisipasi Pemilih Rendah di Pilgub Sebelumnya, KPU Gelar Sosialisasi dengan Jurnalis Padang Panjang
Acara sosialisasi pemilihan serentak lanjutan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 yang digelar KPU Padang Kota Panjang dengan insan pers Padang Panjang, Kamis 10 September 2020 di Aula Hotel Rangkayo Basa, Padang Panjang.
Kamis, 10 September 2020 12:55 WIB
Penulis: Jontra
PADANG PANJANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang Panjang menggelar acara sosialisasi pemilihan serentak lanjutan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020. Sosialisasi ditujukan bagi insan pers se Kota Padang Panjang di Hotel Rangkayo Basa, Kamis 10 September 2020.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Drs Ampera Salim, SH, M.Si yang menjadi salah seorang narasumber bersama salah seorang Komisioner KPU Padang Panjang, Winda Aprizona, SPd dalam acara sosialisasi tersebut mengajak insan pers ikut berpartisipasi aktif mengajak masyarakat untuk turut serta pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Sumatera Barat 2020.

Beberapa esensi dari tujuan pemilu yang harus dicapai adalah antara lain, tujuan pemilu untuk melaksanakan kedaulatan rakyat, tujuan pemilu sebagai perwujudan hak asasi politik rakyat, tujuan Pemilu untuk memilih wakil-wakil rakyat yang duduk di DPR, DPD dan DPRD, serta memilih Presiden dan Wakil Presiden, tujuan Pemilu untuk melaksanakan pergantian personal pemerintahan secara damai, aman, dan tertib (secara konstitusional), tujuan pemilu untuk menjamin kesinambungan pembangunan nasional, ungkapnya.

“Seperti kita ketahui proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur harus didukung bersama, supaya hasilnya bisa relevan dan bermanfaat serta sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat Kota Padang Panjang ataupun Sumatera Barat pada umumnya, “ucap Ampera Salim.

Disebutkan juga oleh Ampera Salim keberlangsungan pemilihan umum dengan keikutsertaan dan partisipasi aktif insan pers itu sangat berpengaruh sekali. Karena pemilih tentu akan lebih tahu tentang siapa yang akan dipilih untuk memimpin Sumatera Barat selama lima tahun ke depan melalui informasi yang ditayangkan oleh rekan-rekan media, tukuknya.

"Jurnalis ataupun Wartawan harus mampu menggugah hati masyarakat untuk ikut berpartisipasi aktif pada Pilkada 2020 ini. Jumlah pemilih mesti meningkat dari Pemilu beberapa tahun yang lalu. Saat ini jumlah pemilih di Kota Padang Panjang menurut data di KPU Padang Panjang yang berjumlah 40.197 ribu pemilih.

“Tentunya ini yang perlu kita terapkan dan kerja samakan secara bersama, dan tentunya hubungan antara KPU dan Pemerintah itu tidak terlepas untuk mensukseskan kegiatan pemilihan umum ini melalui insan pers, “ujarnya.

Disamping itu, Ampera Salim berharap pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 ini, angka pemilihan/partisipasi masyarakat Kota Padang Panjang harus menjadi yang tertinggi dari Kabupaten dan Kota yang lain tidak sama seperti Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada waktu yang lalu, hanya berkisar 47 persen partisipasi pemilih saja, berbeda dengan Pilpres dan Pilkada, ulasnya.

“Untuk itu saya harapkan sebagai pilar keempat demokrasi setelah Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, Insan Pers bisa mendorong masyarakatnya untuk berpartisipasi dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat 2020. Walaupun saat ini kota Padang Panjang tidak melangsungkan pemilihan untuk kepala daerah seperti 13 kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat, tapi kita tetap mensosialisasikan agar meningkatnya partisipasi pemilih dalam Pilgub ini di Kota Padang Panjang, “harapnya.

"Intinya, media massa harus menjadi clearing house mengenai berita hoax dan mis informasi yang kerap terjadi di tengah masyarakat. Karena kita ketahui informasi yang berseliweran di tengah masyarakat tu sangatlah banyak, terutama melalui media sosial. Netizen itu jumlah nya jutaan, dan informasi yang tersebar itu juga belum dipastikan keakuratannya, disinilah peran insan pers untuk meluruskan informasi tersebut, " tambahnya

Dalam kesempatan itu Winda Aprizona juga menyebutkan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) mengalami peningkatan, jika pada Pilkada lalu hanya 97 buah TPS, sementara saat ini bertambah sebanyak 26 TPS dan menjadi 123 TPS. Lokasinya tersebar di Kecamatan Padang Panjang Barat dengan 72 TPS, dan di Kecamatan Padang Panjang Timur dengan 51 TPS, ucapnya.

Sementara itu menurut Winda Aprizona, dalam daftar pemilih sementara (dps) pemilih laki-laki yang terdata berjumlah 19.726 dan pemilih perempuan sebanyak 20. 471 ribu, tambahnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Padangpanjang, Okta Novisyah, S.Sos.I mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 21 orang peserta yang terdiri dari Insan Pers yang dibagi di tiga tempat, yakni di Wisma Pangeran, Hotel Aulia dan Hotel Rangkayo Basa, Padang Panjang. (**)


wwwwww