Home  /  Berita  /  Pasaman Barat

Dinas Perikanan Pasaman Barat Kembangkan Budi Daya Lele

Dinas Perikanan Pasaman Barat Kembangkan Budi Daya Lele
Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Arial Effendi saat meninjau kolam budi daya lele di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, Selasa.
Selasa, 08 September 2020 21:41 WIB
SIMPANG EMPAT - Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggalakkan budidaya ikan lele di daerah itu tambahan mata pencarian warga.

"Kita menyerahkan sekitar 25 ribu bibit ikan lele dan pakan lele pada Kelompok Vati Kampung Padang Selatan Air Bangis untuk dikembangbiakan," kata Kepala Dinas Perikanan Pasaman Barat Arial Effendi di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan bantuan bibit lele itu merupakan bibit dari Dana Alokasi Khusus Kementrian Perikanan yang diperuntukan untuk masyarakat.

"Dengan budi daya ikan lele maka bisa menambah penghasilan masyarakat. Sebab, dalam jangka waktu 2,5 sampai tiga bulan bisa panen," katanya.

Ia menyebutkan budi daya lele tidak memerlukan tempat yang luas karena bisa dihalaman rumah saja ukuran 4x3 meter saja.

Dalam memilih bibit, pihaknya memberdayakan penangkar bibit lele di Padang Canduah Kinali.

Sementara itu Ketua Kelompok Vati Kampung Padang Selatan Air Bangis Yuflizar panggilan Bujang mengatakan sangat berterima kasih atas bantuan bibit lele dari Dinas Perikanan sebanyak 25 ribu ekor.

Mendapat bantuan bibit itu ia langsung membuat kolam lele di belakang rumahnya sebanyak enam petak dengan ukuran 4x3 meter.

"Mudah-mudahan berhasil karena budi daya lele ini perdana kami lakukan. Sebelumnya kelompoknya hanya bekerja mengeringkan ikan untuk dijadikan ikan asin," katanya.

Apalagi dalam jangka waktu tiga bulan lele sudah bisa panen dengan harga Rp17 ribu per kilogram.

"Ini akan menjadi penghasilan tambahan bagi kelompok kami," ujarnya.***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Pemerintahan, Sumatera Barat, Pasaman Barat

wwwwww