Home  /  Berita  /  Solok

Pasien Positif Covid-19 di Solok Bertambah Jadi Dua Orang

Pasien Positif Covid-19 di Solok Bertambah Jadi Dua Orang
Juru Bicara Covid-19 yang juga Kabag Humas Kabupaten Solok, Provinsi Sumbar, Syofiar Syam. (Ist/Antara)
Rabu, 22 April 2020 16:23 WIB
AROSUKA - Kasus pasien positif Covid-19 di Kabupaten Solok, Sumatera Barat bertambah menjadi dua orang setelah ​​​hasil tes "swab" atas Mrz (35) salah satu anak pasien positif asal Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin inisial S (77), yang meninggal dunia pada Selasa (21/4/2020) di RSUP M Djamil Padang dinyatakan positif Covid-19.

"Mrz (35) dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab dari Laboratorium Dioagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang yang keluar Selasa (21/4) malam," kata Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Solok Syofiar Syam di Arosuka, Ibu Kota Kabupaten Solok, Rabu (22/4/2020).

Ia menjelaskan sebelumnya Mrz sudah melakukan tes swab dan hasilnya negatif, namun pada tes kedua positif. Sesuai standar operasional prosedur (SOP), karena Mrz tidak memiliki gejala batuk, sesak napas dan lainnya, maka Mrz kemudian melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

Sebelumnya Bupati Solok, Sumatera Barat Gusmal secara resmi mengumumkan pasien positif Covid-19 pertama di daerah itu berdasarkan hasil swab tes Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang yang keluar Kamis (16/4/2020) sore.

Ads

"Pasien positif Covid-19 itu berinisial S (77) berjenis kelamin laki-laki asal Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin," katanya saat konferensi pers dengan wartawan di Arosuka.

Pemkab Solok telah mencari tempat untuk merawat pasien positif tersebut, dan dipindahkan dari Surian ke RSUP M.Djamil agar mendapatkan perawatan lebih intensif.

Sedangkan pihak keluarga pasien S dimasukkan dalam status orang dalam pengawasan (ODP).

Namun pasien pertama yang dinyatakan positif Covid-19 inisial S (77) kemudian meninggal dunia di RSUP M Djamil Padang pada Selasa (21/4). ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:Antara
Kategori:Peristiwa, Kesehatan, Sumatera Barat, Solok
wwwwww