Loading...

Padang Pariaman Dinobatkan Jadi Percontohan Nasional untuk Sistem Pencatatan Kelahiran

Padang Pariaman Dinobatkan Jadi Percontohan Nasional untuk Sistem Pencatatan Kelahiran
Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni bersama Kadis Kesehatan dan Kadis Dukcapil menunjukkan penghargaan nasional yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan. (foto: ist/fajarsumbar.com)
Rabu, 13 November 2019 19:02 WIB
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil menorehkan prestasi membanggakan di akhir tahun 2019.

Padang Pariaman dinobatkan sebagai Daerah Percontohan Nasional Penguatan Sistem Pencatatan Kelahiran, Kematian dan Penyebab Kematian (SPKKPK) oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan atas kontribusi menyukseskan Program Nasional Indonesia Sehat.

Dikutip dari Lancangkuning.com, Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni mengatakan, penghargan ini sangat prestisius karena hanya diberikan kepada tiga kabupaten/kota di Indonesia dari 514 kabupaten/ kota se-Indonesia.

Tiga daerah itu adalah Kabupaten Padang Pariaman, Kota Makasar dan Kabupaten Kudus. Penghargaan tersebut diberikan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55.

"Penghargaan ini merupakan rahmat yang begitu luar biasa yang diberikan Allah bagi Kabupaten Padang Pariaman. Ini juga sekaligus buah dari inovasi yang kita lakukan selama ini. Khususnya inovasi yang dilakukan Dinas Kesehatan yang didukung kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil Padang Pariaman," ujar Ali Mukhni.

Pihaknya jelas merasa bangga karena program yang melibatkan intergrasi antara dua dinas terkait di lingkungan Pemkab Padang Pariaman ini berhasil mendapatkan pengakuan dari jajaran Kementrian Kesehatan RI.

"Dapat kita bayangkan saja, penghargaan ini hanya diserahkan kepada Padang Pariaman, atau satu- satunya untuk Pulau Sumatera," imbuhnya bahagia.

Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni di Auditorium Siwabessy, Gedung Prof Sujudi, Kemenkes RI, Jalan HR Rasuna Said, Kavling 4-9, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2019).

Pemkab Padang Pariaman dinilai memiliki administrasi pencatatan sipil yang terstruktur, memiliki kerja sama yang baik antara Dinas Kesehatan dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kemenkes RI juga menilai Ali Mukhni sebagai kepala daerah dengan komitmen yang tinggi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi kehamilan, kelahiran, dan kematian.

Seperti diakui Menteri Kesehatan RI, Terawan, penghargaan yang diserahkan oleh pihaknya terutama ditujukan bagi individu maupun instansi atau lembaga terkait lainnya yang telah berkontribusi dan memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap pembangunan sektor dunia kesehatan di Indonesia.

"Harapan kita ke depannya bisa memotivasi berbagai pihak yang ada agar lebih peduli dalam memajukan dan mengembangkan sektor kesehatan yang ada dan seperti diketahui, pembangunan sektor kesehatan dewasa ini telah menampakkan hasil yang sangat menggembirakan," terangnya.

"Saya harapkan dengan adanya penghargaan seperti ini akan mendorong tumbuhnya sosok individu, pimpinan institusi, pimpinan daerah, mitra kerja maupun dunia usaha yang memiliki kepedulian, kegigihan serta daya juang dalam menyehatkan masyarakat untuk mencapai bangsa Indonesia yang kuat, sehat, dan sejahtera," jelas Menteri Terawan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kab. Padang Pariaman Drs. Yutiardy Rivai Apt yang ikut mendampingi Bupati Ali Mukhni menerima penghargaan tidak dapat menyembunyikan rasa bahagia dan bangga atas prestasi yang diraih akhir tahun 2019.

"Bahagia dan bangga atas kinerja yang telah dilakukan oleh teman-teman di Dinas Kesehatan serta bantuan dari Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly, sehingga penghargaan ini dapat kita raih," hemat Yutiardy didampingi Sekretaris Disdukcapil Martoni.

Tak kalah penting dari semua itu, tambah Yutiardy, arahan dari bapak Bupati Ali Mukhni lah yang terus mendorong dan memotivasi kami untuk berbuat yang terbaik bagi Padang Pariaman. "Tugas berat bagi kami karena Dinas Kesehatan sejak tahun 2013 selalu menorehkan prestasi sehingga Kemenkes selalu mengapresiasi kita," katanya mengakhiri. (lkc)

Editor : arie rh
Sumber : lancangkuning.com
Kategori : GoNews Group, Pemerintahan, Sumatera Barat, Padang Pariaman

Loading...
www www