Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sering Lembur? Berikut Ini Tips Agar Badan Tetap Segar

Sering Lembur? Berikut Ini Tips Agar Badan Tetap Segar
Senin, 23 September 2019 08:54 WIB

Sebagian besar orang pasti pernah bekerja lembur. Entah karena tuntutan banyaknya pekerjaan, atau karena tenggat waktu yang singkat. Namun aktivitas lembur sendiri identik dengan gaya hidup yang tidak sehat dan bisa mengancam kesehatan. Oleh karena itu berikut ini dijelaskan beberapa tips yang bisa kita ikuti agar memiliki tubuh yang sehat walau sering lembur.

  1. Tidak telat makan

Ketika kita sudah lelah bekerja, sering kali yang kita lakukan adalah tetap bekerja dan tidak sempat untuk makan malam. Padahal saat lembur kita perlu energi yang cukup agar pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Menunda jam makan juga tidak baik bagi kesehatan karena akan mengganggu jam biologis tubuh serta laju metabolisme.

Kita tetap disarankan untuk makan makanan berat sebelum jam 8 malam agar tubuh bisa mengolah makanan dan membersihkan racun dalam tubuh. Selain itu makan tepat waktu membuat berat badan kita akan tetap stabil dan tidak mengalami kegemukan.

  1. Mengatur porsi makan

Walau menjalani lembur kita tidak boleh makan terlalu banyak. Makanlah dalam jumlah yang cukup, karena makan dalam jumlah yang banyak sekaligus akan membuat berat badan kita naik drastis. Selain itu sistem pencernaan kita juga akan melambat karena dipaksa bekerja terlalu keras. Dampak lainnya adalah meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti diabetes.

  1. Memilih makanan dan camilan yang tepat

Jika sedang lembur usahakan untuk menghindari makanan atau camilan yang manis, tinggi lemak, pedas, serta banyak kandungan garamnya. Jenis makanan tersebut cukup sulit untuk dicerna, bahkan sebagian besar bisa memicu kita untuk makan lagi. Cobalah untuk fokus pada makanan sehat yang bisa memenuhi asupan energi kita dengan mudah dan cepat.

Jenis makanan yang mengandung nutrisi seimbang seperti protein, karbohidrat, lemak tunggal, vitamin, dan kaya akan serat merupakan yang paling baik untuk kita konsumsi. Misalnya buah-buahan segar, sereal, oatmeal, biskuit, granola, dan banyak lagi lainnya.

  1. Hindari minum kopi

Beberapa orang yang lembur biasanya memaksakan diri untuk tetap segar dengan meminum kopi. Namun beberapa tanda seperti ngantuk berat, mata memerah, kurang fokus, punggung menjadi kaku, serta nyeri pinggang adalah tanda agar kita segera beristirahat. Meminum kopi secara berlebihan justru membuat kita dehidrasi dan akan kesulitan untuk tidur pada malam hari.

Selain menghindari diri untuk minum kopi, kita juga tidak boleh minum minuman berenergi dan mengandung alkohol. Sama halnya dengan kopi, kedua jenis minuman tersebut mengandung banyak gula dan kafein. Dampaknya jantung akan bekerja terlalu keras dan kita mudah terserang diabetes.

  1. Perbanyak minum air putih

Agar tubuh tetap bugar walau sering lembur, sebaiknya kita tetap banyak minum air putih. Hal ini tentu lebih baik jika harus meminum minuman yang tinggi kafein. Dengan minum air putih kita bisa terbebas dari dehidrasi dan fokus tetap terjaga.

Jumlah air minum yang bisa kita konsumsi tergantung pada kebutuhan masih-masing individu. Sebaiknya segeralah minum ketika kita mulai merasa haus, sehingga kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi dengan baik.

  1. Coba olahraga ringan meski berada di jam kerja

Kebanyakan pegawai yang selalu duduk selama berjam-jam di depan layar komputer sering mengeluhkan sakit punggung serta nyeri otot leher. Hal ini disebabkan oleh postur tubuh kita yang cenderung membungkuk saat sedang bekerja. Untuk mengatasi keluhan tersebut cobalah untuk berolahraga ringan seperti peregangan. Selain itu kita bisa juga melakukan aktivitas lain seperti menggunakan tangga dan mengurangi penggunaan lift.

Bagi pegawai kantoran tentu lembur bisa membantu pekerjaan agar cepat selesai. Lembur bukan kebiasaan baik, karena terdapat risiko kesehatan yang mengancam kita. Cobalah untuk bekerja efisien agar tidak harus lembur. Meskipun perusahaan sudah memberikan perlindungan lewat asuransi karyawan, jatuh sakit bukan opsi menyenangkan.

Sebisa mungkin, asuransi dimanfaatkan untuk hal lain seperti perawatan gigi atau saat kecelakaan terjadi.

Kategori:GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/