Loading...    
           
Alexander Felix

Si Yatim Piatu Bermimpi Tentang Surga

Si Yatim Piatu Bermimpi Tentang Surga
Senin, 05 Agustus 2019 10:36 WIB
Penulis: Azhari Nasution
BOGOR - Langit di kota Bogor begitu cerah pada Rabu (17/7/2019) pagi saat itu. Sinar matahari dengan setia memberikan pancaran energi positif di atas empuknya rumput Stadion Pajajaran yang menjadi tempat pemusatan latihan (TC) Tim Nasional Indonesia U-15 di kota hujan.

Saat itu, sengaja saya menyempatkan diri melihat langsung Timnas U-15 berlatih dengan serius dan semangat di bawah sang nahkoda, Bima Sakti. Ia bersama tim pelatih lainnya tak henti-hentinya memberikan instruksi, teriakan dan motivasi kepada Garuda Muda. Apalagi satu pekan ke depan, Timnas U-15 akan berlaga di Piala AFF U-15 di Thailand. Tentu persiapan yang maksimal akan memberi hasil ciamik di ajang tersebut.

Usai latihan selama dua jam dengan intensitas tinggi tersebut, ada satu pemain yang terlebih dahulu menghampiri dan menyalami saya. Ia pun memperkenalkan diri dengan senyum khas dan bersahaja.

"Saya Alexandro Felix Kamuru bang, dari klub Barito Putera dan asal Sorong, Papua," ungkapnya dengan penuh semangat dan peluh keringat yang membasahi badan seperti dikutip pssi.org.

Sebelumnya, selama latihan Felix begitu ia sering disapa terlihat sangat piawai serta ciamik mengolah si kulit bundar. Ia pun sering kali melakukan akselerasi melalui sayap. Posisi winger pun sudah tersemat kedalam dirinya. Ikut menyerang maupun bertahan ia pun sudah paham temponya. Sepintas ia bertipikal mirip legenda sepak bola Indonesia asal Papua,  Ortizan Solossa.  

Selesai latihan ia bersama seluruh pemain dan ofisial Timnas U-15 bergegas menuju bis untuk segera kembali ke hotel Whizz Prime (hotel Timnas U-15 di Bogor) untuk melanjutkan sarapan dan membersikan diri. Kami pun sepakat untuk bertemu lagi di hotel untuk melanjutkan obrolan yang sempat tertunda.

"Saya dari usia 9 tahun sudah menyukai dan memainkan sepak bola. Oleh karena itu, saya bercita-cita menjadi pesepakbola yang handal," buka pemain kelahiran 19 Agustus 2005 ini dengan riang sambil meneguk air putih.

"Namun sejak lahir saya sudah ditinggal oleh ayah dan beberapa tahun lalu ibu saya juga meninggal. Itu membuat saya sedih, namun saya harus kuat dan ikhlas," tambahnya dengan mata nanar dan menerawang keatas langit.

Felix mengaku hingga saat ini ia tinggal bersama kakaknya. Meski begitu, ia merasakan dukungan dan doa dari orang tuanya masih terus ada dalam dirinya. Ini menjadi bekal dirinya untuk selalu memberikan yang terbaik di setiap pertandingan maupun latihan.

"Saya sering bermimpi bertemu orang tua saya yang saat ini sudah tenang di surga. Beliau bilang agar saya terus semangat dan terus berjuang. Orang tua saya pasti bangga apalagi saat ini saya ada di Timnas U-15 dan saya bertekad masuk Timnas Indonesia senior nantinya" jelas pemain yang mengidolakan Boaz Salossa tersebut.

*Saat dinanti bersama Timnas U-15 pun tiba

Dan saat yang ditunggu tiba, pemain bernomor punggu 14 tersebut pun bersyukur dan bangga ia terpilih bersama 22 pemain lainnya yang dipilih pelatih Bima Sakti untuk mengikuti Piala AFF U-15 26 Juli- 9 Agustus 2019 di Thailand .

Usaha dan kerja keras Alexandro Felix bersama teman-teman tidak sia-sia. Garuda Muda pada Minggu (5/8) memastikan diri lolos ke semi final Piala AFF U-15 2019. Indonesia menempati juara grup A dengan torehan 13 poin. Indonesia menang empat kali atas Vietnam (2-0), Singapura (3-0), Filipina (4-0), dan Myanmar (5-0) serta seri 1 kali melawan Timor Leste (1-1).

Pada lima laga tersebut, pelatih Bima Sakti selalu memainkan Alesandro Felix, ia pun membalas kepercayaan pelatih dengan permainan memukau dan kompak hingga saat ini.

Dan setelah laga melawan Myanmar secara khusus melalui telepon whatsapp dari Thailand ia memberi kabar kepada saya sekaligus berbagi kebahagiaan.

"Bang, kami (Indonesia) lolos semi final. Doakan kami meraih juara Piala AFF U-15 dan lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2020 saat menjalani Kualifikasi Piala AFC U-16 bulan September nanti di Jakarta," jelas pemain yang memulai karier sepak bola di SSB Gama Yogyakarta tersebut.

Ia pun mengaku perjuangan belum berakhir dan bersama-sama rekan-rekannya di Timnas U-15 akan terus bekerja keras. Ia berpesan kepada masyakarat Indonesia agar terus memberikan doa dan dukungan kepada Timnas Indonesia. Terus berjuang Alexandro Felix Kamuru !

Nama lengkap: Alexandro Felix Kamuru

Tempat Tanggal Lahir : Sorong, Papua, 19 Agustus 2005
Hobi                             :
Basket

Pemain favorit              : Marcelo dan Boaz Solossa Makanan/Minuman favorit: Capcay & Jus Alpukat

Klub : 
SSB Gama Yogyakarta 2014-2018
Barito Putera U-16 2019- sampai sekarang


Loading...
wwwwww