Home  /  Berita  /  GoNews Group

Dinilai Tak Bermanfaat, Anggota DPRD Sumbar Ini Minta Iven Tour de Singkarak Dievaluasi Total

Dinilai Tak Bermanfaat, Anggota DPRD Sumbar Ini Minta Iven Tour de Singkarak Dievaluasi Total
Finish Etape I Tour de Singkarak 2018. (foto: hariansinggalang.co.id/yasrizal)
Minggu, 07 April 2019 22:37 WIB

PADANG – Tour de Singkarak (TdS) sudah digelar beberapa kali. Namun DPRD Sumbar menilai pelaksanaannya tak begitu bermanfaat, terutama untuk masyarakat dan pariwisata. Untuk itu DPRD meminta iven internasional itu dievaluasi total.

“Sejak pertama kali dilaksanakan hingga sekarang, manfaat TDS tidak benar-benar terasa. Targetnya untuk meningkatkan wisatawan, namun itu tak tercapai,” ujar Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Rahayu Purwanti seperti lansir hariansinggalang.co.id.

Menurutnya, TdS semakin lama semakin tak menarik. “Bahkan pemerintah kabupaten/kota pun sudah berkurang ketertarikannya terhadap TdS,” ujar Rahayu.

Untuk itulah, tambah dia, Komisi V meminta Pemprov Sumbar, yakni gubernur dan wakil gubernur untuk segera melakukan evaluasi terhadap TDS. Evaluasi itu haruslah dilakukan dengan segera.

“Jangan sampai kita hanya menghabiskan anggaran banyak dari tahun ke tahun untuk TdS. Tapi ternyata manfaatnya justru tak ada. Apalagi tahun demi tahun TdS justru menjadi semakin tak menarik untuk masyarakat dan kabupaten/kota,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi V Hidayat juga pernah mewacanakan tentang pelaksanaan TdS, sebaiknya tak lagi dilakukan setiap setahun. “Karena manfaatnya tak begitu terasa dan anggarannya sangat besar. Lebih baik kita ubah saja TdS menjadi dua kali setahun,” ujarnya.

Dia mengatakan, memang ada klaim dari Dinas Pariwisata bahwa pelaksanaan TDS telah meningkatkan jumlah wisatawan ke Sumatera Barat. Namun, ujar Hidayat, klaim itu tak bisa dibuktikan oleh dinas terkait.

Hidayat menilai tak ada peningkatan signifikan jumlah wisatawan dari luar negeri maupun dalam negeri ke Sumbar. ***

Editor:arie rh
Sumber:hariansinggalang.co.id
Kategori:GoNews Group, Olahraga, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/