Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Tingkatkan Kamtibmas, Wakapolres Mentawai Ajak Masyarakat Jadi Polisi Keluarga

Tingkatkan Kamtibmas, Wakapolres Mentawai Ajak Masyarakat Jadi Polisi Keluarga
Wakapolres Mentawai Kompol Alvira
Kamis, 07 Juni 2018 10:30 WIB

MENTAWAI -  Untuk meningkatkan kewaspadaan dalam membantu menjaga keamanan dan ketertiban, terutama di lingkungan keluarga, polisi Mentawai mengajak warga menjadi polisi bagi keluarga sendiri.

"Mari kita menjadi polisi bagi anak dan keluarga kita, sehingga mereka bisa nyaman dan merasa terlindungi," kata Wakapolres Mentawai Kompol Alvira saat memberikan sambutan pada acara Safari Ramadhan  di Masjid Almujahidin Pasapuat, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara,  Kabupaten Kepulauan Mentawai, Selasa malam (5/6).

Kompol Alvira mengatakan, menjadi polisi keluarga memang tidak dipersenjatai dan berseragam layaknya polisi. Tapi polisi keluarga adalah bagian dari keluarga itu sendiri yang mempunyai peran untuk menjaga, baik dalam segi keamanan, pendidikan dan agama.

Selain itu, sangat penting juga memberi pemahaman kepada keluarga terhadap pengaruh informasi  negatif yang menyebar luas melalui media sosial, pengaruh negatif dari penyalahgunaan obat-obatan terlarang, tindakan asusila, kenakalan remaja dan terkait pemahaman radikalisme yang sangat dikuatirkan dapat  memecah belah NKRI dengan memperalatkan nama agama.

Peran polisi keluarga, kata Alvira, memang hanya di lingkungan keluarga, tapi bila diperankan secara baik, maka hasilnya sangat membantu dalam menyelamatkan generasi yang baik di masa depan.

"Polisi keluarga dapat diperankan oleh para orang tua. Dalam melakukan pendidikan keagamaan misalnya, kepada anak-anak atau lingkungan keluarga  sendiri," ujar Alvira.

Meski baru 3 bulan bertugas di Kepolisian Resort Mentawai, Alvira mengaku telah bisa merasakan adanya rasa toleransi yang besar antar umat beragama di kabupaten yang berjuluk " Bumi Sikere" ini.

"Mentawai dihuni  masyarakat yang beragam, namun rasa toleransi sangat luar biasa dan begitu tinggi di sini, " ujar Alvira.

Toleransi antar umat itu, kata dia, dapat dilihat dengan adanya bentuk kerjasama antar umat beragama, saling menghargai dan mendukung berbagai kegiatan. 

Safari Ramadan merupakan kegiatan keagamaan bagi umat Islam yang digelar selama bulan Ramadhan oleh bagian Kesra Setdakab Mentawai. Safari Ramadhan tahun ini dibagi 3 tim dengan masing-masing tim dipimpin oleh Bupati, Wakil Bupati dan Sekda.

Tim Safari Ramadhan yang berkunjung ke Masjid Almujahidin Dusun Pasapuat, Desa Saumanganya, Kecamatan Pagai Utara dipimpin oleh Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake dengan rombongan antara lain, Asisten II Ekobang Setda Mentawai D. Lubis Sabelau, Wakapolres Mentawai Kompol Alvira,  Pasintel Kodim 0319 Mentawai Kapten F Putra Damanik Irawan, Ustad Salim Perangin-angin dan didampingi beberapa orang staf dari bagian Kesra Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Selain melakukan silaturahmi bersama warga, tim Safari Ramadhan juga memberikan bantuan kepada jamaah masjid yang dikunjungi. (ss)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/