Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Fabianne Nicole, Miss Universe Indonesia Rilis Single Perdana 'Cinta Yang Salah'
Umum
5 jam yang lalu
Fabianne Nicole, Miss Universe Indonesia Rilis Single Perdana Cinta Yang Salah
2
Afgan Ikut Jadi Bintang Tamu dalam Konser David Foster
Umum
5 jam yang lalu
Afgan Ikut Jadi Bintang Tamu dalam Konser David Foster
3
Presiden NOC Prancis Doakan Timnas U-23 Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
4 jam yang lalu
Presiden NOC Prancis Doakan Timnas U-23 Lolos ke Olimpiade 2024 Paris
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

10 Media Online di Sumatera Barat Ini Deklarasikan Berdirinya Aliansi Media Online Indonesia (AMOI) di Bukittinggi

10 Media Online di Sumatera Barat Ini Deklarasikan Berdirinya Aliansi Media Online Indonesia (AMOI) di Bukittinggi
Sebanyak 10 media online di Sumatera Barat sepakati berdirinya Aliansi Media Online Indonesia (AMOI) di markas Bukittinggi Pers Club (BPC) Selasa 28 Maret 2017.
Rabu, 29 Maret 2017 14:03 WIB
Penulis: Jontra
Bukittinggi - Wujud kesepakatan dan pernyataan sikap dideklarasikan oleh beberapa pentolan media online di Sumatera Barat dengan mengusung nama Aliansi Media Online Indonesia (AMOI),di markas Bukittinggi Pers Club (BPC) kota Bukittinggi pada Selasa, 28 Maret 2017.

Ide pendirian AMOI lahir dan dicetuskan di Tanah Datar, pada tahun 2016 silam, dengan lambang Globe berwarna Marawa ciri khas Sumatera Barat. Lambang globe sebagai miniatur buana melambangkan AMOI siap untuk menyajikan berita untuk dunia. Lambang Globe tersebut kemudian dikombinasikan dengan tulisan Aliansi Media Online Indonesia berdasar warna biru langit Nusantara.

Sebanyak 10 gabungan media online di Sumatera Barat ini berkomitmen untuk menyajikan informasi akurat dan terpercaya, berpihak kepada masyarakat dan kepentingan publik, independen, dan memposisikan diri sebagai sebagai pemantau jalannya kekuasaan serta siap menyajikan informasi yang benar bagi masyarakat. 

Dalam deklarasi di kota yang pernah menjadi ibukota sementara Republik Indonesia pada era perjuangan kemerdekaan tersebut, juga di dapatkan beberapa keputusan dan terbentuknya kepengurusan defenitif organisasi AMOI, sebagai Ketua Umum : Fizazky Zakier, ST, Ketua I : Jontra Manvi Bakhra, SH, Ketua II  : Rahmat Ilahi, SH, dan Ketua III : Sapta Saputra, sebagai Sekretaris Jendral : Romi Matianus, SH.

Ketua Umum Fizazky mengatakan bahwa AMOI sebagai salah satu wadah yang menaungi beberapa media online sebagai salah satu  wujud rasa senasib dan sepenanggungan. Ia juga mengharapkan AMOI dapat mewakili pembaca atau masyarakat mengobati dahaga pembaca terhadap pemberitaan yang kritis, tajam, dan terpercaya.

"Seiring dengan perkembangan teknologi pada saat ini,  informasi sangat di butuhkan dalam kehidupan masyarakat. Media massa merupakan alat bantu utama dalam proses komunikasi massa, dan kami hadir menampilkan informasi yang Variatif, Aktual, Tajam, dan Terpercaya,"ujarnya.

Dikatakan juga oleh Fizazky, dalam era global saat ini teknologi yang berkembang kian memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi secara cepat dan tepat serta terpercaya.

"Teknologi informasi menjadi babak baru tata dunia dan perkembangan komunikasi manusia. Revolusi komunikasi ini apabila diurutkan dapat dimulai dari tahap pralisan, lisan, tulisan, cetakan, media massa, cybernetic hingga media  elektronik,"ungkapnya.

Hakikatnya, media adalah perpanjangan lidah yang berjasa meningkatkan kapasitas manusia untuk mengembangkan struktur sosial dan membentuk opini masyarakat.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Jendral AMOI, Romi Martianus menyebutkan dia meyakini bahwa media online memiliki kekuatan yang maha dahsyat dalam mempengaruhi beberapa hal penting dalam informasi publik seperti pengetahuan, opini, sikap dan perilaku masyarakat. 

"Perkembangan Teknologi mendukung Media Online menjadi sahabat masyarakat mendapatkan berita-berita yang cepat dan terpercaya, selain berpegang teguh kepada Pedoman media Siber, 10 media yang dinaungi AMOI saat ini telah memiliki legalitas hukum yang jelas, dan tidak menutup kemungkinan setelah deklarasi hari ini media online yang lain juga ikut bergabung bersama AMOI untuk saling melengkapi kekurangan sebagai dasar kebersamaan mewujudkan tujuan bersama,"tuturnya.

Saat ini 10 media yang tergabung dalam AMOI meliputi, MinangkabauNews.com, Gosumbar.com, SumbarToday.com, Pasbana.com, Dekade Post.com, Tabloid Bijak.com, Sumbar Post.com, BeritaSumbar.com, RakyatTerkini.com, dan Kaba12.com. (AMOI)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/