Home  /  Berita  /  GoNews Group

Sambut HUT TNI ke-71, Denpom I/4 Padang Laksanakan Tes Urine Semua Personil

Sambut HUT TNI ke-71, Denpom I/4 Padang Laksanakan Tes Urine Semua Personil
Dandenpom 1/4 Letkol CPM Didik Hariadi bersama Kepala BNN Sumbar Ali Azhar memperlihatkan sampel urine. (Penrem 032/Wbr)
Kamis, 29 September 2016 11:51 WIB

PADANG - Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-71, sebanyak 53 personel Datasemen Polisi Militer (Denpom)  1/4 Padang melakukan tes urine yang digelar bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumbar di Mako Denpom, Rabu (28/9/2016).  Hal tersebut dilakukan dalam upaya memeriksa anggota TNI yang terlibat dalam penyalahgunaan Narkoba. 

Tes urine yang dilakukan sedikit berbeda, biasanya bagi yang melakukan tes urine buang air kecil dilakukan dalam kamar mandi, kali ini Denpom 1/4 Padang menginstruksikan seluruh yang terlibat dalam pemeriksaan langsung mengumpulkan urine di tempat dengan mengunakan pembatas untuk penutup saat buang air kecil agar tidak kelihatan.  Bahkan, para wartawan juga ikut berpartisipasi dan melakukan tes urine.

Langkah itu dilakukan Denpom 1/4 Padang untuk transparan dalam pemeriksaan tes urine dan tidak ada kecurangan yang terjadi. "Kita memang sengaja mengumpulkan urine anggota di tempat pemeriksaan langsung, agar semua tahu air yang ada di botol merupakan urine," terang Dandenpom Letkol CPM Didik Hariadi. 

"Awalnya 63 personel yang kita lakukan tes urine, namun karena ada yang berhalangan karena sakit dan hal yang penting maka cuma 53 personel. Tapi kita dalam waktu dekat  akan melakukan tes urine kembali bagi yang tidak hadir tersebut," sambungnya.

Dia menjelaskan, dalam tes urine yang dilaksanakan, seluruh anggota yang terlibat dinyatakan negatif atau tidak ada keterlibatan dalam mengkomsumsi Narkoba. "Setelah dilakukan tes, Alhamdulillah semua tidak ada yang terlibat barang haram tersebut," tambahnya.

Letkol CPM Didik Hariadi menegaskan, apabila dari seluruh anggota dalam tes urine ada yang terlibat maka akan ditindak lanjuti dengan pemecatan dan keluar dari kesatuan.

"Kita tidak main-main dalam membasmi Narkoba ini, maka itu kita tegaskan apabila ada anggota yang terlibat akan saya pecat langsung.  Selain itu, bagi masyarakat yang mengetahui ada anggota saya yang terlibat sebagai pemakai atau pengedar silakan laporkan saya langsung dan akan langsung saya tindaka lanjuti," tegas Letkol CPM Didik Hariadi.

Sementara itu, Kepala BNN Sumbar, Ali Azhar yang turut hadir, mengapresiasi seluruh anggota Denpom 1/4 Padang dalam tes urine yang dilaksanakan karena tidak ada yang dinyatakan positif. Dia berharap, semoga kegiatan tersebut terus berkelanjutan dan dilakukan semua dari kesatuan TNI secara berkelanjutan. 

"Kita akan terus melakukan tes urine terhadap semua kalangan maupun instansi, ditahun ini saja kita telah melakukan tes urine sebanyak 4.597 orang dari semua itu sebanyak 298 orang dinyatakan positif," kata Ali Azhar. (Penrem 032/Wirabraja)

Editor:Calva
Kategori:Padang, GoNews Group, Pemerintahan, Umum
wwwwww