Home  /  Berita  /  GoNews Group

5 Puskesmas Diajukan Untuk Mendapat Sertifikasi

5 Puskesmas Diajukan Untuk Mendapat Sertifikasi
Tim Surveior Dinkes RI bersama Asisten II Amriul dan Kadinkes Elzadaswarmanm saat diskusi akreditasi di Puskesmas Tarok.(bdn)
Minggu, 25 September 2016 19:32 WIB
Penulis: Bayu De Nura
PAYAKUMBUH--Kadis Kesehatan kota Payakumbuh Elzadaswarman, mengatakan, Puskesmas Padang Karambia di Kecamatan Payakumbuh Selatan, yang lebih dulu terakreditasi pada tahun 2015, pada tahun ini diajukan Puskesmas Tarok  Payakumbuh Utara untuk mendapatkan sertifikasi yang sama.
 

“Namun, apakah Puskesmas Tarok akan lolos mendapatkan sertifikat akreditasi, semuanya ditentukan dengan tingkat pelayanan yang dimiliki puskesmas serta fasilitas kesehatan yang ada. Tak ada rekayasa dalam hal ini, ” ujar Elzadaswarman di Payakumbuh, baru-baru ini diruang kerjanya.
 
Dijelaskan Zet nama sapaan Elzadawasman, sejak Senin lalu, selama tiga hari, hingga Rabu (21/9), tim  akreditasi nasional  berada di Payakumbuh untuk melakukan penilaian. Sebelumnya, tim sudah memberikan penjelasan kepada jajaran Dinkes Payakumbuh dan Puskesmas Tarok, seputar hal-hal yang akan menjadi perhatian tim akreditasi pusat.
 
Dalam penilaian itu, Kementerian Kesehatan RI menurunkan tiga surveiornya ke Payakumbuh. Mereka adalah Gayo Melkior Gultom, SH, Susillawarny, S.ST dan dr. Lisa Maryani, M.KM. Untuk mendapatkan sertifikasi akreditasi itu, tim tak akan bisa diintervensi. Penilaiannya sangat objektif sekali, sesuai dengan ketentuan berlaku.
 
Menurut Zet, pihaknya dalam tahun berjalan ini, mengusulkan 5 puskesmas dari 7 puskesmas yang belum terakreditasi. Sesuai jadwal Dinkes RI, hingga Desember nanti, pihaknya akan menurunkan tim surveior ke Payakumbuh secara bergantian.
 
Dua puskesmas yang dirancang mendapatkan akreditasi di tahun 2018, adalah Puskesmas Ibuah di Payakumbuh Barat dan Puskesmas Lampasi di Kecamatan Latina. Kedua puskesmas tersebut saat ini tengah menjalani rehab berat.
 
Sementara itu, di tempat terpisah Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, mengatakan, target nasional, 2019 mendatang, seluruh puskesmas di Indonesia sudah terakreditasi. Namun di Payakumbuh secara bertahap kita ajukan, diyakini 5 Puskesmas lagi bakal mendapat sertifikasi akreditasi sama dengan Puskesmas Padang Karambia, ‘ujarnya.***

Editor:M.Siebert
Kategori:GoNews Group
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/