Home >  Berita >  Umum

Tunggu Kedatangn Pebalap TdS, Di Pasar Pagi, Walikota Makan 'Lontong Gadang' Hj Hasmurni

Tunggu Kedatangn Pebalap TdS, Di Pasar Pagi, Walikota Makan Lontong Gadang Hj Hasmurni
Walikota Padang Mahyledi dan pejabat Pemko Padang Makan 'Lontong Gadang' Hj Hasmurni di Pasar Pagi Purus. (Humas)
Senin, 15 Agustus 2016 11:04 WIB

PADANG - Setiap pagi, menu makanan warga di Kota Padang pada umumnya lebih memilih makanan yang tidak memberatkan dan mengenyangkan. Biasanya, lontong atau ketupat sayur menjadi salah satu menu pilihan. Begitu juga Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo, sesekali menikmati lontong sebagai menu sarapan pagi.

Seperti Minggu (14/8), ketika menjelang siang. Walikota yang tengah menunggu kedatangan pebalap sepeda Tour de Singkarak (TdS) di finish di Pantai Muaro Lasak, lebih memilih masuk ke kawasan Pasar Pagi. Walikota menjumpai setiap pedagang, saling bercengkerama.

"Lai rami kini (ramai pembeli sekarang),” tanya Mahyeldi kepada seorang pedagang pisang.

Tanya walikota kemudian dijawab si pedagang. “Lumayanlah Pak Wali,” ujarnya singkat sambil menjulurkan setandan pisang kepada walikota sebagai oleh-oleh.
Usai menjumpai beberapa pedagang, walikota kemudian mengarahkan langkahnya ke salah satu kedai yang menjual lontong sayur. Pemilik kedai lontong mengajak walikota dan beberapa kepala SKPD untuk masuk ke dalam kedainya.

"Masuak lah Pak Wali, lontong lai masih ado (masuk lah Pak Wali, lontongnya masih ada),” ujarnya.

Seketika walikota dan rombongan masuk ke dalam kedai tersebut dan memilih duduk di meja besar sebelah kiri. Walikota duduk agak ke tepi.

“Apo gulainyo tingga lai? (apa sayurnya yang masih ada?),” tanya Mahyeldi kepada si pemilik kedai yang belakangan diketahui namanya Hj Hasmurni.

Kedai lontong Hj Hasmurni rupanya cukup dikenal di kalangan warga seputar Pasar Pagi. Lontong Hj Hasmurni dikenal karena keunikannya. Hj Hasmurni membuat lontong yang cukup besar dan dibungkus plastik. Karena ukurannya yang jumbo itulah akhirnya warga menamakan lontong Hj Hasmurni sebagai ‘lontong gadang’.
Waktu itu, Hj Hasmurni membuatkan sebelas piring lontong untuk rombongan walikota. Gulai paku (pakis) menjadi teman makan lontong gadang tersebut.

"Iyo lamak lontongnyo (enak sekali lontongnya),” ungkap walikota memuji masakan Hj Hasmurni.

Kepala Bappeda Hervan Bahar dan Kepala BKD Asnel terlihat menikmati sekali lontong buatan Hj Hasmurni. Plt Kasatpol PP Eddy Asri dan Kabag Umum Alfiadi termasuk paling cepat menghabiskan lontong tersebut. Begitu juga Kabid Damkar Harri Fidrian dan Kabag Humas Mursalim.

Hj Hasmurni mengaku telah berdagang ‘lontong gadang’ sejak lama. Jika dihitung-hitung, Hj Hasmurni sudah menggeluti pekerjaan itu sejak 15 tahun silam. Menurutnya, para pelanggan tidak saja dari kalangan warga biasa, akan tetapi juga dari kantoran. Bahkan Hj Hasmurni mengaku bahwa salah satu bank ternama sudah menjadi pelanggan tetapnya. Di kedainya, Hj Hasmurni tidak saja berdagang lontong, tetapi juga menggalas bubur kampiun, rendang telur dan beberapa penganan lainnya. (Charlie Ch. Legi)

Editor : Calva
Kategori : Umum, GoNews Group, Padang, Sumatera Barat

Loading...
www www