Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Indonesia Kalah, Gol Jasim Elaibi Paksa Indonesia Terbang ke Paris
Olahraga
20 jam yang lalu
Indonesia Kalah, Gol Jasim Elaibi Paksa Indonesia Terbang ke Paris
2
Persib Bersiap Menyongsong Championship Series
Olahraga
23 jam yang lalu
Persib Bersiap Menyongsong Championship Series
3
Shin Tae-yong: Masih Ada Kesempatan Indonesia Lolos ke Paris
Olahraga
7 jam yang lalu
Shin Tae-yong: Masih Ada Kesempatan Indonesia Lolos ke Paris
4
Ketum PSSI Bangga dengan Perjuangan Garuda Muda
Olahraga
6 jam yang lalu
Ketum PSSI Bangga dengan Perjuangan Garuda Muda
5
Promosi dan Degradasi di Timnas U-16 Selama TC di Yogyakarta
Sumatera Barat
5 jam yang lalu
Promosi dan Degradasi di Timnas U-16 Selama TC di Yogyakarta
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Peristiwa

Begitu Ternyata! Cara Oknum Berseragam di Terminal Minta Uang Kopi dari Supir Angkutan, Ini Cuplikan Videonya...

Lokasi: Terminal Bulakan Kandi, Koto Nan IV, Payakumbuh, Sumatera Barat (Video: GoRiau.com)
Selasa, 12 Juli 2016 00:08 WIB
Penulis: Chairul Hadi
PEKANBARU - Aksi beberapa orang oknum yang bertugas di terminal di Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat ini sungguh kurang terpuji. Meski berseragam lengkap, mereka tak segan minta uang 'kopi' kepada supir angkutan, mulai dari travel sampai bus.

GoRiau.com sempat mengabadikan aksi tersebut. Walau tidak sedari awal, yang jelas video berdurasi 20 detik yang diambil pada 11 Juli 2016 siang, di Terminal Bulakan Kandi Koto Nan IV, Payakumbuh, Sumatera Barat itu cukup menggambarkan bagaimana realitas yang terjadi dan kerap dialami oleh para supir selama ini.

Awalnya supir transportasi antar kota antar provinsi masuk ke dalam kawasan Terminal (Bulakan Kandi, Koto Nan IV Payakumbuh). Di gerbang, terlihat orang berpakaian sipil menunggu. Bak sudah saling paham, supir lalu membuka kaca dan memberikan uang Rp3 ribu.

Mobil itu pun berjalan masuk ke area terminal. Tak lama, tampak seorang oknum berseragam dinas sudah menunggu. Ia mencegat mobil angkutan dan menyuruhnya masuk ke dalam (terminal). Alasannya, untuk mengecek kelengkapan kendaraan dan trayek.

Namun setelah di dalam, satu petugas berseragam lainnya yang sudah menunggu di depan posko angkutan lebaran langsung mendatangi supir (ke pintu depan sebelah kanan). Tanpa basa-basi, sang oknum langsung minta uang, dengan istilah 'uang kopi'.

"Ginilah bang, kasih uang kopi aja," sebut oknum tersebut. Mendengar itu, spontan seisi mobil kaget dan dibuat geleng-geleng kepala. "Ooh, yo lah pak, kalau memang itu (uang kopi) bilang sajo sejak awal tadi pas di luar," jawab sang supir dengan nada sedikit kesal.

Wajar saja si supir kesal, lantaran saat di luar tadi, petugas berseragam serupa ngotot menyuruh masuk mobil angkutan rute Padang-Pekanbaru itu dengan alasan pemeriksaan. Bahkan nada bicaranya juga sedikit 'memaksa', seolah-olah supir tersebut membuat kesalahan.

Setelah percakapan ini, supir lalu mendatangi posko tersebut dan nyetor uang kopi yang dimaksud. Setelahnya, mobil itu boleh jalan lagi. Sementara proses pemeriksaan yang disebut-sebut sejak awal justru tidak dilakukan sama sekali. Entah itu cuma akal-akalan saja atau seperti apa.

Pantauan GoRiau.com, ada sekitar empat sampai lima angkutan umum lainnya yang juga mengalami hal serupa, mulai dari travel sampai bus, turut jadi sasaran. "ndak malu, pakai baju seragam tapi ngutip duit," reaksi salah seorang penumpang melihat kejadian ini.

Menurut si supir yang enggan disebutkan identitasnya ini, aktivitas seperti itu bisa dikatakan sudah berlangsung sejak lama dan menjadi rahasia umum dikalangan mereka. Nominalnya juga bervariasi, mulai Rp5 ribu dan seterusnya, tergantung saku supir-supir ini.

"Dikasih sedikit petugasnya kesal, dikasih banyak kita yang tandeh (kehabisan uang, red). Alah diagiah pitih ndak pulo bilang terimakasih (sudah dikasih uang pun tidak bilang terima kasih, red). Pengemis saja dikasih duit masih bisa beterima kasih," ketus supir tersebut sambil mengemudikan mobilnya. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/