Home  /  Berita  /  Umum

Safari Ramadan Wagub Kunjungi Kambang Utara Pesisir Selatan, Warga Minta Jalan Diperbaiki

Safari Ramadan Wagub Kunjungi Kambang Utara Pesisir Selatan, Warga Minta Jalan Diperbaiki
Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di tengah jemaah Mesjid Istiqomah Kampung Padang Panjang I, Nagari Kambang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. (Biro Humas Sumbar)
Minggu, 03 Juli 2016 12:16 WIB

PAINAN - Wakil Gubernur Sumbar memimpin rombongan Tim Safari Ramadhan Pemprov mengunjungi Mesjid Istiqomah Kampung Padang Panjang I, Nagari Kambang Utara, Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Rombongan tersebut terdiri dari Kepala Dishubkominfo Prov Sumbar, Kepala Biro Pemerintahan SetdaProv Sumbar, Kepala Biro Pembangunan dan Kerja sama Rantau, Perwakilan DPKD Prov Sumbar, Perwakilan Biro Binsos Setdaprov Sumbar.

Pengurus Mesjid Istiqomah menyampaikan harapan untuk perbaikan jalan yang ada di Kecamatan Lengayang. Sekretaris Camat dalam sambutannya menyampaikan kunjungan tim safari ramadhan yang dipimpin Wagub berdampak positif dan meningkatkan tali silaturahmi antara masyarakat lengayang dan pemerintah provinsi.

Sekcam juga menginformasikan beberapa himbauan pemerintah kabupaten Pesisir selatan yaitu larangan penggunaan dan memperjual belikan petasan. Selain itu, juga adanya larangan organ tunggal di malam hari.

Sekcam juga menambahkan saat ini kecamatan lengayang dalam proses pengusulan pemekaran nagari, untuk itu sekcam berharap dukungan dari pemerintah provinsi.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat di awal sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat lengayang terhadap pemprov Sumbar.

Wagub juga menanggapi mengenai pemekaran nagari, semenjak menjadi Wakil Bupati telah menyarankan agar Kambang menjadi 2 kecamatan. Karena dengan pemekaran nagari dapat mempermudah masyarakat dalam administrasi pemerintahan dengan masyarakat Kambang yang berjumlah 68.000.

Di pusat memang sedang moratorium, namun pemprov akan melakukan pendekatan mengusahakan pemekaran nagari yang ada di Sumbar.

Wagub menambahkan, terkait pembangunan pemprov terhalang kewenangan. Namun bisa direalisasikan dengan adanya usulan dari Bupati. Pengalihan kewenangan yang akan dilakukan adalah SMA/K.

"Terkait pembangunan jalan tembus Kambang-muarolabuh, Wagub menyampaikan saat ini gubernur telah menyurati Kementerian LHK dan semoga mendapat respon positif sehingga pembangunan jalan dapat dilanjutkan," katanya.

Wagub juga mengharapkan, RPJMD yang telah disusun pemprov dapat bersinergi dengan pemerintah kabupaten sehingga pemprov bisa berpartisipasi dalam pembangunan kabupaten.

Terkait penyakit masyarakat yang disampaikan oleh Sekcam Lengayang, Wagub menyampaikan agar Organisasi Pemuda dapat memagari hal tersebut.

"Selain itu, penyakit masyarakat yang sedang marak adalah LGBT. Untuk itu butuh peran aktif masyarakat dalam memberantas keadaan tersebut. Wagub juga menghimbau agar masyarakat mengawasi peredaran narkoba generasi di Lengayang," katanya Rabu (29/6/2016).

Di akhir kunjungan wagub menyerahkan bantuan Rp 20 juta dan tiga gulung tikar. (rilis)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/