Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tingkatkan Gizi Generasi Muda, Forikan Sumbar Gencarkan Gerakan 'Fish For Baby'

Tingkatkan Gizi Generasi Muda, Forikan Sumbar Gencarkan Gerakan Fish For Baby
Ny. Nevi Irwan Prayitno saat melihat menu dalam lomba Forikan di Sijunjung. (Biro Humas Sumbar)
Minggu, 22 Mei 2016 14:04 WIB

SIJUNJUNG - Percepatan peningkatan konsumsi ikan pada masyarakat terus menjadi perhatian pemerintah provinsi Sumatera Barat. Hal itu juga seiring dengan telah terbentuknya Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) di 19 Kabupaten/Kota di Sumbar. Bahkan Forikan ini  juga telah terbentuk di 32 Provinsi.

“Pengetahuan akan nutrisi yang sehat dan berimbang sangatlah diperlukan terutama sekali bagi ibu-ibu rumah tangga dalam mengkreasikan menu keluarga sehari-hari. Perhatian terhadap komposisi gizi yang sehat dan berimbang harus lebih diutamakan.

Selama ini kita kurang begitu memperhatikan pentingnya menu yang sehat dan berimbang serta bagaimana cara penyajiannya,” sebut Ketua Forikan Provinsi Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno saat menghadiri kegiatan penilaian lomba Forikan, Paud dan lomba rumah makan Tingkat Provinsi Sumbar, di Padang Laweh Selatan, Kabupaten Sijunjung, Jumat (20/5).

Pada kegiatan kunjungan tersebut, Ketua Forikan Sumbar didampingi Bupati Sijunjung Yuswir Arifin beserta isteri Ny.En Yuswir Arifin selaku Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, kepala SKPD terkait, dan dan Tim penilai Lomba Forikan tingkat Sumbar dan lomba rumah makan yang menyajikan menu ikan.

“Penilaian yang dilakukan bertujuan untuk melihat sejauh mana keaktifan daerah dalam memberikan informasi yang benar tentang manfaat mengonsumsi ikan secara luas kepada masyarakat. Itulah yang dinilai tim penilai lomba ini,” ujar Ny. Nevi Irwan Prayitno yang pada kunjungannya ke lokasi lomba Forikan di Rumah Makan Anak Amak dan mendatangi TK N 2 Padang Laweh Selatan, di kabupaten Sijunjung.

Nevi menjelaskan program utama Forikan daerah yang diusulkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2016 yaitu Fish For Baby. Dimana pemberian asupan protein yang bersumber dari ikan sejak 1000 hari pertama kehidupan dan Fish For School implementasi penyediaan makanan berbahan baku ikan ditingkat PAUD, SD dan SMP melalui kantin sehat.

“Kami ikut berbangga Kabupaten Sijunjung merupakan pemenang I Lomba Forikan dan lomba Implementasi gemarikan pada kurikulum PAUD Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2015. Semoga prestasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ny. Nevi Irwan Prayitno menjelaskan, Forikan akan mendukung dan mensukseskan Hari Ikan Nasional ke-3 tahun 2016 melalui kampanye manfaat makan ikan, denga berkolaborasi melalui kegiatan kebudayaan atau wisata, hari ulang tahun daerah, hari ulang tahun media sehingga menghasilkan efek publikasi luas kepada masyarakat.

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin sangat mengapresiasi segala kegiatan yang telah dilakukan Forikan selama ini. Menurutnya, itu tidak hanya berdampak pada peningkatan makan ikan saja, namun memberikan efek pada kegiatan lainnya, seperti peningkatan permintaan ikan untuk dikonsumsi, serta peningkatan pada pembudidayaan ikan serta pemasarannya.

“Forikan Sijunjung telah melakukan terobosan bersama SKPD terkait dalam melakukan program-program serta inovasi terbaru dalam meningkatkan dan menyemarakkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Itu tak terlepas dari kontribusi dan sinergi dari Dinas Peternakan, Perikanan, Pendidikan, Kesehatan, dan dinas terkait lainnya” terangnya.

Sementara itu, Ketua Forikan Sijunjung Ny. En Yuswir Arifin menyatakan Kabupaten Sijunjung telah mensosialisasikan Gemarikan dengan meberikan terobosan dan inovasi baru seperti outbound bagi anak PAUD yang dilaksnakan di Balai Benih Ikan (BBI), seperti Fish for School serta kelas ibu balita di Posyandu.

“Kami berharap dapat mempertahankan peringkat sebelumnya dan meningkatkan lebih baik lagi Gemarikan dan mengkonsumsi ikan pada masyarakat,”ungkapnya. (rilis)

Editor:Calva
Kategori:Sumatera Barat, Sijunjung, GoNews Group, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/