Home  /  Berita  /  Umum

Rabab Pasisia Pecahkan Keheningan Malam di Pasar Padang Panjang

Rabab Pasisia Pecahkan Keheningan Malam di Pasar Padang Panjang
Warga Kota Padang Panjang menikmati Rabab Pasisia di Pasar Padang Panjang. (humas)
Rabu, 06 April 2016 08:47 WIB

PADANG PANJANG - Gesekan dua dawai biola dalam musik rabab mengalun sahdu dan diiringi nyanyian dengan suara khas sang pedendang rabab pada pertigaan malam di Jalan Imam bonjol, Pasar Padang Panjang pada Selasa (5/4/2016).

Pertunjukan musik tradisional Minangkabau asal Pesisir Selatan ini, tampak dinikmati hadirin yang datang. Seperti Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Edwar juliartha,Asisten I Sonny Budaya Putra, Kadis PORBUDPAR Sri Syahwitri,Kadis Kom Info I Putu Venda, Kasat Pol PP Joni Aldo, Kabag Umum Edityawarman beserta rombongan ditengah masyarakat pasar yang juga asik mendengarkan nyanyian rabab pada malam itu.

Sang pedendang rabab duduk mengalunkan musik rabab di pelataran toko yang telah tutup dipersimpangan jalan, yang disulap sebagai panggungnya di malam itu.ia di dampingi istri dan anak anaknya yang juga ikut sebagai additional musician.

Lirik rabab yang berasal dari improvisasi yang muncul secara tiba tiba dari mulut pendendang mengejutkan camat yang disebut sebut dalam nyanyiannya. Gelak tawa menyeruak karena sang camat dalam liriknya dikatan diam diam saja,tidak memberikan saweran.Rinai hujan seakan tak terasa karena kesenian rabab pada malam itu sangat menghibur.

“Kesenian tradisional ini perlu kita lestarikan,kita akan mengupayakan menghadirkan kesenian tradisional ditengah masyarakat, agar masyarakat tak melupakannya. Ada dua kesenian yang berbeda yang akan kita hadirkan pada malam hari , pada selasa kesenian tradisional dan pada sabtu kesenian modern, ” ungkap Kadis PORBUDPAR Sri Syahwitri. (humas)

Editor:Calva
Kategori:Umum, GoNews Group, Padangpanjang
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/