Home  /  Berita  /  Pemerintahan

F-Wan Minta Adipura 2016 Tetap Milik Payakumbuh

F-Wan Minta Adipura 2016 Tetap Milik Payakumbuh
Walikota payakumbuh Riza Falepi
Senin, 14 Maret 2016 21:54 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH- Sangat memalukan, jika Payakumbuh gagal mempertahankan Piala Adipura di 2016 tahun ini. Di tahun 2015, Payakumbuh satu-satunya kota di Sumatera Barat yang sukses merebut Piala Adipura. Untuk  itu, di tahun berjalan ini, sukses yang sama harus direbut kembali oleh Payakumbuh. Pasangan Walikota H. Riza Falepi  dan Wawako H. Suwandel Muchtar, pimpin langsung rapat koordinasi,  persiapan penilaian Adipura, di Balaikota di Bukik Sibaluik, Senin (14/3).  

Menurut kedua pimpinan kota ini  yang akrab disebut pasangan F-Wan, perebutan Piala Adipura 2016, jauh lebih berat ketimbang tahun lalu. Tahun ini hanya ada satu kali penilaian, tak ada lagi istilah penilaian tahap satu atau tahap dua. Makanya, seluruh elemen masyarakat dan SKPD yang menjadi objek titik pantau, diminta kedua pimpinan kota ini, memberikan peran serta optimal dalam meningkatkan kebersihan lingkungan.

Dikatakan, mempertahankan dan merebut Piala Adipura, bukan tanggung jawab pemerintah kota saja. Namun, merupakan tanggung jawab moral seluruh elemen masyarakat, LSM, ormas, orpol, OKP dan juga awak media, sebut walikota. Karena itu, pemko melalui Kantor Lingkungan Hidup dan Dinas Tata Kota Kebersihan, akan menjadwalkan kembali goro massal yang melibatkan seluruh warga kelurahan dan semua PNS, tegasnya.

Kepala Lingkungan Hidup Payakumbuh Syamsurial, M.Si, dalam rapat koordinasi yang juga dihadiri Sekdako H. Benni Warlis, MM, Kadis Kesehatan Elzadaswarman dan Kepala DTRK Elfi Jaya itu, di depan kepsek, kepala kelurahan, camat, LSM dan sejumlah pimpinan SKPD, menyampaikan evaluasi penilaian Adipura 2015 yang dapat menjadi acuan dalam penilaian tahun ini.

Di antara titik pantau yang cukup vital menjadi pembenahan menjelang tim datang, pekan ketiga Maret ini, adalah RSUD Adnaan WD, puskesmas, lingkungan perumahan, terminal, pasar Ibuah, pusat pertokoan, sekolah, sejumlah perkantoran pemerintahan,  dan TPA (tempat pemprosesan sampah akhir) di Kelurahan Kapalo Koto, Payakumbuh Selatan. Kemudian juga akan diambil sample pencemaran udara dan pencemaran air sungai.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/