Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Musrenbang Kelurahan di Payakumbuh Selatan Dimulai

Musrenbang Kelurahan di Payakumbuh Selatan Dimulai
YB Dt.Permato Alam, Ketua DPRD Kota Payakumbuh
Selasa, 19 Januari 2016 17:26 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH-Proses musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Payakumbuh Selatan, untuk tahun 2016 mulai berjalan. Dimulai dari musrenbang kelurahan, hingga nanti musrenbang kecamatan yang dijadwalkan pada pertengahan Februari 2016. Ditingkat kelurahan sendiri, Balai Panjang ditunjuk sebagai kelurahan pertama yang mengadakan musrenbang.

Ketua DPRD YB Dt. Parmato Alam bersama Camat Payakumbuh Selatan, Doni Prayuda, serta Lurah Balai Panjang Ibrahim, membuka proses musrenbang ini di Kantor Lurah Balai Panjang, Senin (18/1). Melibatkan seluruh elemen masyarakat, meliputi pengurus LPM, RT/RW, karang taruna, unsur tigo tungku sajarangan, Bundo Kanduang, TP-PKK serta jajaran kelurahan.

Musrenbang tahun 2016 ini, di kecamatan Payakumbuh Selatan, akan berlangsung hingga Rabu, 27 Januari 2016. Tercatat 7 kelurahan yang tergabung dalam Kecamatan Payakumbuh Selatan akan secara estafet melakukan musrenbang di masing-masing kelurahannya.

“Kita berharap, masyarakat Payakumbuh Selatan akan berperan aktif menyampaikan aspirasi-aspirasi yang dibutuhkan. Sehingga proses pembangunan ditengah masyarakat, tepat sasaran dan efektif,” ujar Parmato Alam, yang merupakan Anggota DPRD Payakumbuh terpilih dari  Payakumbuh Selatan.

Ditambahkan, anekdot ‘10 yang diusulkan, 11 yang ditolak’ selalu muncul di musrenbang dari tahun ke tahun. Hal ini membuat sebagian masyarakat, pesimis untuk ikut dalam musrenbang. “Anekdot ini membuat masyarakat malas untuk ikut musrenbang, baik di tingkat kelurahan, hingga ke tingkat Kota nantinya. Baiknya, setiap aspirasi yang diusulkan oleh masyarakat, dikawal hingga ke tingkat kota. Saya bersama Yanuar Gazali   akan bersama mengawal aspirasi tersebut, sehingga pembangunan di Kota Payakumbuh bisa merata dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,” kata Dt. Parmato lagi.

Camat Payakumbuh Selatan, Doni Prayuda pun sependapat dengan Dt. Parmato Alam. Masyarakat diminta untuk aktif dalam menyampaikan aspirasinya. “Kalau bisa, aspirasi tersebut bukan hanya terfokus pada pembangunan fisik. Namun, banyak faktor lain yang masih bisa dikejar, misalnya bidang ekonomi, budaya, pendidikan, dan lain sebagainya,” kata Doni.

Ketua DPRD dan Camat Selatan berharap, musrenbang tingkat kelurahan di Balai Panjang ini, bisa memberikan aspirasi yang bisa dibawa ke tingkat Kota nantinya. Selain itu, aspirasi dari hasil musrenbang di 6 kelurahan lainnya, sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Payakumbuh Selatan pada umumnya. “Sehingga, pembangunan di Payakumbuh Selatan bisa merata di seluruh wilayah. Tidak terjadi diskriminasi,” tutup Dt. Parmato.***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/