Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kelurahan Pakan Sinayan Maju ke Tingkat Nasional

Kelurahan Pakan Sinayan Maju ke Tingkat Nasional
Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi saat membina kegiatan PHBS di Kelurahan Pakan Sinayan.
Selasa, 19 Januari 2016 16:57 WIB
Penulis: M.Siebert

PAYAKUMBUH-Kader PKK  Kelurahan Pakan Sinayan, Kecamatan Payakumbuh Barat,  tak mengecewakan. Dalam lomba KB-Kes Sumatera Barat, akhir 2015 lalu,  kelurahan berpenduduk 2.300 jiwa itu, tampil sebagai pemenang untuk bidang PHBS. Selanjutnya, PKK Pakan Sinayan berhak  mewakili Sumatera Barat ke lomba yang sama tingkat nasional di tahun 2016 ini.

 Ketua TP-PKK Payakumbuh Ny. Dr. Henny Riza Falepi bersama Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB), Drs. Yummardius,  menginformasikan, Selasa (19/1), bidang PHBS di Pakan Sinayan cukup menonjol. Buktinya, dalam Lomba Gerakan Sumbar Bersih,  Pakan Sinayan sukses merebut gelar juara. Di kelurahan ini, budaya hidup bersih sudah berjalan lebih baik, ketimbang kelurahan lainnya.

 Masih di kelurahan ini juga, tak ada lagi rumah tangga yang tak memiliki jamban. Pakan Sinayan salah satu kelurahan bebas buang air besar pada sembarangan tempat di Payakumbuh. Menurut Ny. Riza Falepi,  PKK kelurahan pun ikut memproduksi  bowel  leher angsa (toilet jongkok). Ketika Menkes RI Nila Moelok berkunjung ke Payakumbuh, April 2015, kegiatan PKK memproduksi bowel sangat dipujikan Menkes. 

 Lomba PKK KB-Kes, meliputi empat bidang, masing-masing PKK-KB, Posyandu Terintegrasi, PHBS dan Kesehatan Lingkungan. Dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, Pakan Sinayan cukup menonjol dalam  bidang PHBS. Namun, untuk tiga bidang lainnya, Payakumbuh masih harus meningkatkan kinerja agar tahun-tahun berikutnya, lebih baik lagi.

 Terkait dengan Lomba PKK KB-Kes Bidang PHBS tersebut, Lurah Pakan Sinayan Zailendra, mengaku siap untuk ikut serta dalam lomba dimaksud. Malahan Lurah yang mantan sespri Walikota Payakumbuh ini, punya obsesi tinggi untuk mengantarkan kelurahan yangdipimpinnya merebut gelar juara nasional

Sementara, Ketua TP-PKK Pakan Sinayan Ny. Henny Zailendra, mengatakan, kegiatan PKK KB-Kes di daerahnya, sudah berjalan lebih maju. Kegiatan posyandu dan dasawisma berkembang dengan baik. Sosialisasi PHBS  terus dilakukan, pada saat ibu-ibu berkumpul dalam kelompok tersebut. Makanya, di Pakan Sinayan sudah punya 19 dasawisma yang semuanya berpacu melakukan sosialisasi PHBS dan KB-Kes. Di Pakan Sinayan, kesadaran warga untuk bertanam tanaman dapur dan obat-obatan dengan polybag juga sangat tinggi, tambahnya.***

 

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/