Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Ketua DPD RI, Irman Gusman: Sumbar Jadi Pionir Keterbukaan Informasi Publik

Ketua DPD RI, Irman Gusman: Sumbar Jadi Pionir Keterbukaan Informasi Publik
Selasa, 22 Desember 2015 21:52 WIB
Penulis: Agib M Noerman

PADANG - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman berharap Sumbar harus menjadi pioner keterbukaan informasi publik. Menurutnya, masyarakat Minang sudah membangun demokrasi sesuai dengan budaya. Bahkan, kultur demokrasi tersebut sudah ditanam leluhur orang Minangkabau.

"Orang Minang memilih musyawarah dan mufakat dalam membangun demokrasi. Hal ini sudah terjadi secara turun menurun," kata Irman Gusman kepada wartawan usai menghadiri Penganugrahan Peringkat Keterbukaan Informasi Publik, Selasa (22/12/2015).

Disebutkan Irman, ciri-ciri demokrasi berkualitas salah satunya badan publik memberikan informasi yang seluas-luasnya pada masyarakat sipil. Diakui Irman, keterbukaan informasi publik masih lemah baik yang dilakukan pemerintah daerah, legislatif maupun badan usaha milik negara atau daerah. Kondisi ini menghambat keterbukaan informasi yang didapat oleh masyarakat.

Selanjutnya, Irman menyarankan agar seluruh badan publik di Sumbar berbenah dengan mendorong keterbukaan informasi. Sebab, keterbukaan informasi adalah amanat UU yang harus dijalankan. "Sanksi saja apabila ada badan publik yang belum menerapkan keterbukaan informasi publik," tegasnya.

Irman berharap, ke depan Sumbar masuk 10 besar nasional dalam keterbukaan informasi publik. Dan, dia mengingatkan agar kepala daerah menyiapkan anggaran maksimal. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/