Wow... Baru Launching, Tagar #WelcomGenpiRiau Nangkring di Top Trending Topik
Wow... Baru Launching, Tagar #WelcomGenpiRiau Nangkring di Top Trending Topik
Pengukuhan GenPi Riau. (istimewa)

Minggu, 04 Maret 2018 12:05 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Keluarga besar komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bertambah. Sabtu (3/3), GenPI Riau resmi diluncurkan. Lokasinya di Anjungan Idrus Tintin, Pekanbaru, Riau. GenPI kini berdiri di 16 provinsi.

Anjungan Idrus Tintin sengaja dipilih sebagai tempat launching. Karena, bangunan ini adalah ikon kuat Riau yang kental nilai budaya.

Tarian Sekapur Sirih menjadi pembuka launching GenPI Riau. Disusul dengan tarian-tarian tradisional lainnya. Tarian-tarian yang ditampilkan sangat khas budaya Riau dan Melayu.

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman mengatakan, komunitas di bawah naungan Kementerian Pariwisata ini sangat membantu promosi pariwisata.

Dijelaskan Fahmizal, Dispar sudah bersiap memperkuat GenPI sejak akhir tahun 2017.

"GenPI itu militan pariwisata. Kita harap komunitas-komunitas di Riau dapat bergerak seperti GenPI. Makanya kita dorong terus untuk meningkatkan promosi wisata Riau," ujar Fahmizal.

Dikatakan Fahmizal, GenPI Riau akan fokus pada promosi wisata. Caranya melalui teknologi digital yang mengoptimalkan penggunaan blog dan media sosial.

"Genpi Riau berisi lintas komunitas. Dari yang hobby travelling, fotogragi, videografer, penikmat kuliner, sampai blogger, dan vlogger. GenPI juga ikut promosi 100 Calendar Of Event pariwisata nasional," ungkap Fahmizal.

Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi, Don Kardono, memberikan dukungan atas terbentuknya GenPI Riau.

“GenPI Riau pasti di-support penuh seperti GenPI lainnya. Apalagi, Riau merupakan wilayah crossborder. Sangat potensial mendatangkan wisatawan mancanegara. Event-event yang ada di Riau juga banyak yang berkelas internasional," terang Don Kardono.

Ditambahkannya, GenPI Riau merupakan mesin branding pariwisata. Komunitas inilah yang menjadi "mata" dan 'telinga' Kemenpar di Riau. "Bersama stakeholder lainnya, GenPI akan aktif membangun pariwisata Indonesia secara masif,” katanya.

Don Kardono mengingatkan agar GenPI bisa terus aktif. Caranya, dengan menggelar events. Bisa melihat calendar of events, destinasi wisata, maupun kebijakan kepariwisataan.

"Misalnya membuat event di destinasi yang ada di Riau. Atau membuat destinasi digital atau pasar digital. Seperti yang dilakukan GenPI daerah lain. Kemudian lomba foto di IG, lomba video di Youtube, dan lainnya," katanya.

Don Kardono menambahkan, GenPI harus lebih kreatif dalam mencari tema-tema unik dan kekinian.

“GenPI pasti pintar membuat netizen penasaran dan mencari tahu info seputar cuitan yang akan diviralkan di dunia maya. Yang penting no hoax, no SARA, dan no politics," ujarnya.

Dukungan juga diberikan Pembina GenPI Nasional, Mansur Ebo, dan perwakilan dari GenPI dari berbagai daerah.

Menurut Mansur Ebo, para aktivis dunia maya yang tergabung di GenPI, sudah terbukti handal dalam membuat trending topik. Buktinya, dalam beberapa saat sejak launching, taggar #WelcomGenpiRiau nangkring di top trending topik.

"Pemilihan taggar memang jadi kunci utamanya. Lewat taggar itu, cuitan yang diposting anak-anak GenPi bisa didorong menjadi trending," kata Ebo.

Menurutnya, komunitas GenPi akan saling memberikan informasi. Mereka juga mengajak rekan-rekannya untuk berpartisipasi menggunakan taggar tersebut.

“Hampir setiap hari, semua channel media sosial semakin penuh dengan foto, video, grafis, slide show, tentang pariwisata. Perbincangan seputar destinasi, events, festival, dan semua kebijakan kepariwisataan semakin seru dan menarik,” pungkas Ebo.

Sementara Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap, GenPI Riau mempunyai formulasi ideal untuk memperkenalkan pariwisata. Sebab, ada 64 event unggulan pariwisata yang dimiliki Riau tahun ini.

Di antaranya 3 event yang sudah go international yaitu Bakar Tongkang, Festival Bono, dan Pacu Jalur, tiga event ini masuk dalam 100 Event Wonderful Indonesia.

Bakar Tongkang merupakan tradisi masyarakat Tionghoa, Kabupaten Rokan Hilir, yang akan berlangsung di Bagansiapiapi pada 29-30 Juni 2018, Festival Bono (Bekudo Bono) yaitu kegiatan mengarungi gelombang (beserlancar) bono dengan menggunakan perahu (sampan) kayu di Kecamatan Teluk Meranti pada 24-25 November 2018.

Berikutnya Pacu Jalur. Yaitu lomba mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu atau jalur dari kayu dengan panjang mencapai 25-40 meter dan lebar 1,3-1,5 meter. Event ini akan berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi, 22-25 Agustus 2018.

“GenPI Riau mungkin masih baru. Tapi, mereka memiliki potensi besar. Mereka punya formulasi ideal untuk mempromosikan potensi pariwisata. Konsep go digital ini sudah ideal. Sekarang kreativitas mereka yang diperlukan,” kata Menpar Arief Yahya.***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).