Chef dan Barista Indonesia Bakal Adu Kebolehan di FHI 2017
Chef dan Barista Indonesia Bakal Adu Kebolehan di FHI 2017
Pres Konfren Kemenpar RI. (GoNews.co)

Rabu, 22 Maret 2017 13:17 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Food & Hotel Indonesia 2017 bakal diselenggarakan untuk ke-14 kalinya. Inilah kegiatan pameran yang akan memberikan kesempatan besar bagi pelaku pariwisata di Indonesia, termasuk para chef dan barista.

Food & Hotel Indonesia (FHI) 2017 merupakan kegiatan penyedia perlengkapan industri pariwisata bertaraf internasional. Pameran pariwisata ini akan dilaksanakan pada 5-8 April di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta. Sebagai sebuah event, FHI ini sudah cukup mapan, karena sudah memasuki pelaksanaan ke-14.

Kegiatan utama FHI 2017 ini adalah Salon Culinaire Chefs Competition. Di situ para chef muda Indonesia mengadu kebolehan dalam Salon Culinaire di luar negeri dengan membawa nama Indonesia ke ajang internasional. Tujuannya adalah menumbuhkan rasa lebih mengenal dan mencintai makanan maupun minuman para chef ataupun barista Indonesia bertaraf international. Karena itu, tema yang diusung adalah “Salon Culinaire 2017 Chefs Competition”.

"Dengan penyelenggaraan FHI 2017 diharapkan terjadi peningkatan kontribusi sektor pariwisata dan tumbuhnya peluang usaha masyarakat, khususnya industri makanan dan minuman. FHI 2017 merupakan barometer pertukaran wawasan secara langsung di antara para pelaku industri pariwisata bidang produsen perlengkapan dan penyedia makanan dan minuman," kata Esthy Reko Astuty, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata.

Esthy menjelaskan, FHI 2017 bakal menempati area seluas 35.000 meter persegi, dengan 1.600 peserta produk bertaraf nasional dan internasional, dan target pengunjung mencapai 30.000 orang. Secara total yang tercatat 1.611 perusahaan dari 47 negara menampilkan produk, keahlian, dan layanan untuk perkembangan sajian makanan, minuman, hotel, dan industri pariwisata di Indonesia. Hal ini dapat menciptakan ketertarikan bagi para pengunjung karena menyaksikan secara langsung ajang kompetisi barista Indonesia bertaraf international, dimana kopi menjadi produk unggulan Indonesia terhadap industri kopi dunia.

"FHI 2017 juga meningkatkan apresiasi masyarakat atas pentingnya peran industri makanan dan minuman dari berbagai negara dan mengenalkan produk makanan dan minuman Indonesia ke kancah dunia," tambah Esthy.

FHI 2017 diselenggarakan oleh PT Pamerindo Indonesia melalui Kementerian Pariwisata, bekerjasama dengan Association of Culinary Proffessionals, Salon Culinaire Chefs Competitions, Barista Guild Indonesia, dan Speciality Coffee Association of Indonesia.

FHI 2017 turut didukung oleh asosiasi pariwisata, di antaranya Indonesian Food & Beverages Association (IFBA), Association of Culinary Professional (ACP), Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI), Barista Guild of Indonesia (BGI), Indonesian Cold Chain Association (ICCA), Indonesian Retail Merchants Association (IRMA), Indonesian Fishery Product, Processing & Marketing Association (IFPPMA), dan Indonesia Packaging Federation (IPF).

Tiap tahunnya FHI dilaksanakan secara rutin, bergantian antara Jakarta pada tahun ganjil dan Bali pada tahun genap. Pada 2016, yang menjadi tema FHI adalah Bali. Pameran Food, Hotel & Tourism Bali 2016 diikuti 777 peserta pameran dari 36 negara, seperti Argentina, Australia, Belgia, Kanada, Chile, China, Denmark, Prancis, Jerman, Yunani, HongKong, dan Italia. Chefs Competition sendiri diikuti 500 peserta dengan 25 kategori yang dipertandingkan.

Menpar Arief Yahya memberi isyarat dua jempol ke event FHI 2017 itu, karena menjadi arena adu kebolehan para pegiat kuliner dan beverage di tanah air. “Pointnya, kita bisa ikut berkompetisi dengan global standart. Cara yang paling mudah untuk menjadi yang terbaik, di semua lini, adalah dengan berkompetisi sehat, dan menggunakan kriteria yang dipatok secara internasional,” kata Menpar Arief Yahya.

Menteri Arief juga menambahkan, karya kretif itu selalu berkembang, selalu ada trend, dan jika tidak mengikuti perkembangan akan semakin jauh tertinggal. "Forum seperti FHI 2017 itu bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan inovasi, kreasi baru, temuan baru, modifikasi baru, yang bermanfaat untuk mengukur kapasitas dan daya saing produk kita sendiri," tuturnya. ***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).