Program Air Connectivity Kemenpar Didukung Jawa barat
Program Air Connectivity Kemenpar Didukung Jawa barat
Istimewa.

Selasa, 14 Maret 2017 18:56 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Spirit Indonesia Incorporated yang disuarakan Menpar Arief Yahya ikut direspon Jawa Barat. Salah satu program prioritas Kemenpar di 2017, air connectivity, direspon dengan kesiapan membangun bandara yang akan terhubung dengan sejumlah destinasi wisata keren di Jawa Barat.

"Pariwisata itu punya prospek paling cerah. Karenanya program prioriasKemenpar harus didukung. Khusus air connectivity, kami siapkan BandaraCitarate, Bandara Nusawiru dan Bandara Kertajati,” terang Wakil Gubernur jawa Barat, Deddy Mizwar di sela Rakor III Sekolah Perguruan Tinggi Pariwisata se-Indonesia di Hotel Mercure, Senin (13/3).

Dari paparannya, Bandara Nusawiru hanya tinggal direnovasi saja. Saatini sedang dalam proses perpanjangan landasan pacu atau runway hinggamencapai 2200 meter. "Nusawiru akan dibantu pusat untuk perpanjanganrunway. Lahannya sudah siap tinggal menunggu pembangunan konstruksinya saja," ujar Deddy.

Setelah tuntas dibangun, Nusawiru nantinya bisa didarati pesawat jenis Air Bus. Akses menuju Green Canyon yang hanya terpaut 6 km, Pantai Batu Karas yang berjarak 12 km, dan Pananjung, Pangandaran yangterpaut 30 km dari Nusawiru langsung terbuka lebar. Panorama alam pantai di Jawa Barat yang disebut-sebut lebih bagus dari Bali juga bisa dengan cepat dikunjungi wisatawan.

Hal lain yang ikut disupport adalah akses menuju Geopark Ciletuh. Geopark di Kabupaten Sukabumi itu nantinya akan disambungkan dengan Bandara Citarate. “Ini sekaligus untuk memuluskan jalan Geopark Ciletuh masuk ke dalam jaringan geopark dunia atau Unesco Global Geopark,” ucap Deddy.

Ngototnya Jawa Barat membangun Bandara Citarate ini bukan tanpa sebab. Saat ini, Geopark Nasional Ciletuh menjadi wakil tunggal Indonesia yang diorbitkan masuk ke dalam Unesco Global Geopark (UGG) atau jaringan geopark dunia. Dua wakil lainnya, Geopark Rinjani dan Geopark Toba, gagal di tahap seleksi."Bandara Citarate ini akan menjadi gerbang masuk ke Geopark Ciletuh,” kata dia.

Satu bandara lainnya, adalah Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)yang sedang dibangun di Kertajati Majalengka. Ini diklaim sebagaiBandara daerah terluas di Indonesia dan menjadi Bandara kedua terbesarsetelah Bandara Soekarno Hatta di Kabupaten Tangerang.

"Luas Bandara Kertajati yaitu 1800 hektare. Ada juga lahan seluas 3200 hektarep yang digunakan untuk aero city. Ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan wilayah dan pariwisata yang ada di Cirebon Raya," ungkap Deddy.

Bandara Kertajati ini dibangun untuk menggantikan fungsi dari BandaraHusein Sastranegara di Bandung. Bandara ini memiliki luas lahan 1.800 hektar dan akan dilengkapi dengan akses tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, juga akses kereta. Luas terminalnya mencapai 92.000 meter persegi yang bisa menampung 5-6 juta penumpang. Bila sudah beroperasi pada akhir 2017 atau awal 2018 nanti, runway Bendara Kertajati akan mengalahkan panjang runway Bandara Soekarno-Hatta yang berukuran 3.660 meter. Saat ini, untuk runway terpanjang di Indonesia dimiliki Bandara Hang Nadim (Batam) yaitu 4.025 meter.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi dukungan dari Pemprov Jawa barattadi. Air Connectivity atau akses udara tadi, diyakini Menpar Arief Yahya akan mampu memperbesar daya angkut penumpang menuju destinasi wisata. “Pak Wagub Deddy Mizwar sudah sangat paham pariwisata, dan tahu apa yang harus disupport buat pengembangan destinasi wisata. Air connectivity ini salah satu yang sangat krusial bersama amenitas. Saya senang, pelan-pelan hal itu sudah mulai dibenahi,” jelas Menpar Arief Yahya.

Dalam teori manapun, air connectivity atau jembatan udara memang sangat krusial. Sangat urgent untuk disentuh. Faktanya, 75% wisatawan masuk ke tanah air dengan airlines. Lalu 24% dengan penyeberangan, dan 1% di perbatasan. “Kecuali Batam dan Bintan yang ada Kepri, semuawisman masuk lewat udara. Langkahnya sudah tepat. Bangun bandara internasional, sentuh yang terbesar dulu untuk quick win,” katanya. ***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).