Kemenpar Ajak Vote Kezia Warouw, Menangkan Indonesia di Miss Universe 2016
Kemenpar Ajak Vote Kezia Warouw, Menangkan Indonesia di Miss Universe 2016
Kezia Warouw. (istimewa)

Selasa, 24 Januari 2017 23:39 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Anda sudah mem-follow akun IG (Instagram) Kezia Warouw di @keziawarouw? Puteri Indonesia 2016 yang mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2016 yang dilangsungkan di Manila, Filipina? Please deh, buka Instagram Anda, searching @keziawarouw, dan pencet follow warna biru, yang mencantumkan nama Kezia Roslin Cikita Warouw.

Itu penting, karena jumlah followers itu juga diperhitungkan sebagai "The Most Followed on Instagram." Sampai tanggal 24 Januari 2017 ini, pengikut instagram Kezia, sarjana jurusan teknik informatika dari Universitas Esa Unggul Jakarta ini masih 231.000. Silakan follow juga di Twitter dengan nama akun @cikitakezia.

Perempuan asli Sulawesi Utara yang akrab dipanggil Keke ini bakal berjuang di pentas Miss Universe 2016, yang akan ditentukan melalui e-vote di media social. Caranya? Pertama dengan Twitter. Yakni, nge-tweet dan retweet sebanyak-banyaknya dengan menggunakan hashtag #missuniverse #indonesia, agar dihitung oleh panpel.

Hastag itu penting, agar terdeteksi oleh panitia. Contohnya, Yuk Dukung @cikitakezia #indonesia di #missuniverse 2016 #wonderfulindonesia #pesonaindonesia. Atau Menangkan @cikitakezia #indonesia di ajang #missuniverse 2016 #wonderfulindonesia #pesonaindonesia.

Cara kedua, download Vodi Apps di PlayStore dan AppStore, lalu seperti biasa, registrasikan akun Anda di aplikasi itu. Vodi™ adalah aplikasi gratis untuk sistem operasi Android. Aplikasi ini dikembangkan oleh MilTec Platform, Inc. Jika Anda mencari Vodi™ Anda dapat men-download dari website downloadapkid.mobi, atau Anda dapat langsung menginstal MilTec Platform, Inc. APK 1.5 dari Google Play.

Registrasinya juga simple, download aplikasi Vodi, masukkan no HP Anda, nanti akan dikirim 6 angka untuk reconfirm, ketik ke-6 angka itu, masukkan no email Anda, maka Anda sudah bisa nge-vote. Pilih tombol vote, pilih nama Kezia Warouw, vote. Nanti aka nada notifikasi "Thank you for voting!"

Cara ketiga, menggunakan Miss Universe Application, log in-nya menggunakan email Anda. Anda juga harus men-download di PlayStore dan AppStore, lalu registrasi dengan memasukan identitas. Dan cara keempat adalah klik website : vote.missuniverse.com dan registrasi, 10 x per hari untuk 1 akun.

Masa berlaku vote tahap pertama, dimulai 23-28 Januari 2017 ini. Karena itu, waktunya cukup pendek. Silakan support perempuan yang memiliki tinggi semampai 183 cm itu.

Ketentuan vote, setelah terpilih menjadi salah satu dari TOP 12, yang ditutup pada tanggal 28 Januari 2017 itu, maka akan ada vote lagi untuk masuk menjadi TOP 9. Lalu vote lagi untuk bisa menembus ke TOP 6, sampai TOP 3! Jadi jalan menuju Miss Universe itu masih harus dilalui dengan persaingan yang amat ketat.

Kezia adalah merupakan anak tertua dari empat bersaudara. Dia punya dua adik perempuan dan satu adik laki-laki. Orang tuanya bernama, Tenny Hendrik Warouw dan Moudy Ice Tampi. Dia meninggalkan kariernya di perusahaan perbankan, untuk memilih bersaing di ajang Miss Universe ini.

Belakangan, Indonesia memang rajin mengibarkan prestasi tinggi di kontes putri kecantikan dunia. Oktober 2016, ada Ariska Putri Pertiwi yang sukses menyambar mahkota Miss Grand International 2016. Selain memenangkan Miss Grand International 2016, wanita berusia 21 tahun ini pun menyabet gelar Best National Costume.

Desember 2016, Indonesia kembali jadi sorotan dunia di ajang putri kecantikan. Itu setelah Natasha Mannuela dinobatkan menjadi runner-up kedua Miss World 2016. Maria Harfanti juga tak kalah okenya. Dia dinobatkan nangkring di peringkat ketiga dalam ajang Miss World 2015 dan meraih gelar Beauty with a purpose. Elvira Devinamira, Puteri Indonesia 2014 ini mampu menyambar juara pertama Best National Costume dan masuk dalam 15 peserta terbaik di ajang Miss Universe 2014.

Di penghujung 2016, Dikna Faradiba yang mengibarkan nama Indonesia di ajang Miss Tourism Internasional. Putri Pariwisata 2015 itu menyambar gelar top 5 Miss Tourism International 2016, Best National Costume Miss Tourism International 2016, Miss Glowing Glojas Tourism International 2016, Most Prolific in Social Media,serta Miss Southeast Asia Tourism Ambassador 2016/2017.

"Di awal 2017 Indonesia punya opportunity untuk menambah koleksi gelar lewat Kezia Warouw di ajang Miss Universe. Caranya lewat voting digital," terang Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri K Wardani, Selasa (24/1).

Tahun ini, The Miss Universe Organization menetapkan perubahan aturan kompetisi. Jika pada tahun-tahun sebelumnya dipilih Top 15, kali ini hanya dipilih Top 12 dari seluruh peserta. Satu posisi di Top 12 bakal menjadi milik peraih suara tertinggi dari voting Miss Universe 2016.

Putri K Wardani mengingatkan, periode voting berlangsung hingga Sabtu (28/1) pukul 20.00 WIB. Karena itu, dukungan tersebut sangat penting untuk memastikan Kezia meraih posisi teratas sehingga masuk Top 12. "Nah, 12 semifinalis itu bakal dikerucutkan menjadi Top 9 melalui sesi swimsuit dan evening gown hingga terpilih Top 6. Keenamnya bakal melalui final question untuk menembus Top 3. Hingga kemudian dipilih siapa yang berhak menjadi Miss Universe 2016," kata Putri K Wardani.

Di ajang ini, Puteri Indonesia 2016, Kezia Warouw sudah membuat catatan manis dalam perjuangannya menapaki Miss Universe yang sedang berlangsung di Filipina itu. Kezia berhasil tampil memukau dan terpilih sebagai Miss Phonix Smile saat mengikuti Mindano Tapestry Fashion Show yang berlangsung di Davao.

Imbasnya, para pengamat Pageant baik nasional maupun international memasukan nama Kezia dari Indonesia sebagai salah satu kontestan yang diunggulkan untuk memperebutkan mahkota Miss Universe tahun ini. "Kementerian Pariwisata di bawah Pak Arief Yahya juga siap untuk memberikan dukungannya untuk Kezia. Ini demi mengibarkan nama Indonesia di ajang Miss Universe. Jadi mari kita sama-sama vote untuk Kezia. Ini demi Indonesia," timpal pendiri Yayasan Puteri Indonesia, DR. BRA. Mooryati Soebibyo.

Indonesia sendiri, sebenarnya sudah ikut bersaing di ajang Miss Universe sejak tahun 1993. Saat itu Puteri Indonesia 1992 Indira Soediro berangkat ke Meksiko, sebagai observer. Puteri Indonesia 1996 Alya Rohali menjadi Miss Universe Indonesia yang pertama.

Hampir satu decade, Indonesia tidak lagi mengirimkan wakilnya, baru tahun 2004 Indonesia kembali menjadi peserta Miss Universe lewat Puteri Indonesia 2004 Artika Sari Devi. Hingga kini Indonesia terus mengirim wakilnya setiap tahun.

Seberapa hebat reputasi Indonesia di ajang Miss Universe itu? Artika Sari Devi 2004 berhasil masuk Top 15. Puteri Indonesia 2013 Whulandary Herman masuk Top 16 dan Best National Costume. Puteri Indonesia 2014 Elvira Devinamira sukses membawa gelar Best National Costume. Tahun 2015, Anindya Kusuma Putri masuk Top 15 Miss Universe 2015. Akankankah 2016 ini Kezia sukses membawa mahkota Miss Universe? "Yuk, bantu share dan vote," kata Putri. ***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).