Wonderful Indonesia 2016
Selama November-Desember 2016, Kepri Dongkrak Wisman dengan Berbagai Iven
Selama November-Desember 2016, Kepri Dongkrak Wisman dengan Berbagai Iven

Sabtu, 17 Desember 2016 14:22 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Bisnis Tourism di Kepualauan Riau (Kepri) makin bergairah. Salah satu yang membuat atmosfer itu bergairah adalah serangkaian events yang diposting di akhir tahun 2016 ini. Seperti Trifam - Triathlon yang digelar 9 - 11 Desember  2016, The Santana Experience with Almalatina, 10 Desember 2016, Tribun Barelang Marathon, 11 Desember 2016 serta The 1st Batam Senior Golf Challenge, 13-14 Desember  2016, di Tering Bay, semua diburu wisman dari Singapura dan Malaysia yang jaraknya dekat.

Sejak November 2016, banyak event yang dilangsungkan di Bintan dan Batam, yang didatangi wisman Singapore dan Malaysia. "Posisi geografis Kepri yang dekat dengan Singapura dan Malaysia sangat menguntungkan kami. Ke Singapore naik kapal tidak sampai 1 jam? Hingga akhir tahun, destinasi wisata di Kepri takpernah sepi. Even-even tadi dibanjiri ribuan wisatawan," terang Kadispar Kepri, Buralimar, Jumat (16/12) yang tertantang dengan target Kepri yang dipatok Menpar Arief Yahya harus lebih tinggi.

Tingkat Penghunian Kamar Hotel bintang dan non bintang jadi ikutan terdongkrak naik. Hingga Oktober 2016 masing-masing naik dibanding September 2016. Prosentasenya kenaikkannya juga cukup signifikan. Jumlah tamu yang menginap pada hotel bintang pada Oktober 2016 tercatat 71.938 orang.  Jumlah ini meningkat 2,67 persen disbanding tamu bulan September 2016 yang sebanyak 70.064 orang. Jika dibandingkan dengan tamu menginap bulan Oktober 2015 yaitu sebanyak 60.316 orang, terjadi peningkatan sebesar 19,27 persen.

Length of Stay-nya? Ikutan naik. Rata-rata lama menginap (RLM) hotel non bintang pada Oktober 2016 mencapai 1,84 hari. Angkanya naik 0,01 hari dibandingkan September 2016. Sedangkan jika dibandingkan dengan RLM bulan Oktober 2015 yang tercatat 1,70 hari, naik sebesar 0,14 hari. "November dan Desember masih dihitung. Angkanya saya kira tak jauh beda karena hotel-hotel saat akhir pekan tetap penuh dengan tamu. Bandara dan pelabuhan juga tak pernah sepi," tambah pria yang baru ditunjuk menggantikan Guntur Sakti itu.

Lantas apa yang membuat tourism Kepri bergairah? Selalu diburu wisman dari negeri tetangga? Jawabannya ternyata lantaran letak geografis yang dekat dengan negara seperti Singapura dan Malaysia. "Ini masuk dalam kategori border tourism. Seperti yang pak Menpar selalu bilang, tourism itu dasarnya adalah kedekatan, proximity, jarak geografis yang dekat. Itu menjadi opportunity bagi Kepri sebagai gerbang wisata bahari Indonesia. Apalagi penyeberangan Batam-Siangapura hanya 45 menit. Sangat singkat," ucap Buralimar.

Potensi crossborder tourism ini diyakini Buralimar sangat besar. Contohnya sudah banyak. Eropa misalnya. Negara-negara yang teritorinya bisa ditempuh dengan jalan darat, pariwisatanya lebih sukses, jumlah wismannya lebih banyak. Paris bisa menembus 60 juta, Madrid 50 juta, London 40 juta. sumbangan terbesarnya dari borderland tourism. Di Asia Tenggara, ada  Singapore yang sukses mendatangkan 15 juta orang, Malaysia 25 juta, dan Thailand 30 juta, semuanya juga dibantu crossborder tourism. Kebetulan, Kepri-Singapura-Malaysia juga dekat secara budaya. Daerahnya sama-sama Melayu sehingga komunikasinya berjalan lancar.

Imbasnya, Kepri pun sukses menorehkan namanya di posisi tiga besar penyumbang wisman terbanyak di Indonesia. Prosentasenya mencapai 20%. Raihannya hanya bisa dikalahkan Bali 40% dan Jakarta 30%. "Sekarang Kepri sudahmemosisiikan diri sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia. Kami punya Batam, Bintan dan Anambas yang sangat strategis dikembangkan menjadi wisata yacht, marina dan tempat parkir perahu pesiar. Semuanya dekat dengan international hub udara maupun laut," ungkap Buralimar.

Berkaca dari suksesnya Sail Karimata 2016 silam, Kepri memang pantas pede untuk mengembangkan wisata baharinya. Saat Sail Karimata digelar, Kepri sukses mendatangkan 90 yacht berbendera asing ke wilayahnya. Ini merupakan rekor terbanyak yang pernah dicatatkan pada even sail internasional. Sail Bunaken 2009 yang sebelumnya mencatatkan yachter asing terbanyak, hanya menghadirkan 56 yatch atau perahu pesiar.

Nah, bagi yang penasaran dengan pariwisata Kepri, ada Kenduri Akhir Tahun yang bisa dinikmati 31 Desember 2016 nanti. Kegiatan itu akan digelar di dataran Engku Putri untuk memberikan hiburan wisman dan masyarakat Batam."Kami juga merencanakan pesta kembang api dan sinar laser juga akan digelar dalam kegiatan itu," kata dia. ***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).