Wonderful Indonesia 2016
Menpar Arief Yahya Buka Rahasia Wisata dan Edukasi di Bali Secret Garden
Menpar Arief Yahya Buka Rahasia Wisata dan Edukasi di Bali Secret Garden
Menpar Arief Yahya saat memberikan pengarahan di Tabanan Bali. (foto: Kemenpar untuk GoNews.co)

Senin, 12 Desember 2016 11:24 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

TABANAN - Wisata dan edukasi herborist kini hadir di Bali. Objek wisata baru ini menawarkan kombinasi antara wisata, dan edukasi mengenai kekayaan herbal Indonesia yang selama ini belum banyak diungkapkan. Salah satunya, warisan leluhur berupa pembuatan lulur tradisional serta keunggulan kopi Tanah Air. Sabtu, 10 Desember 2016, Menpar Arief Yahya meresmikan Bali Secret Garden itu. 

"Ini objek wisata dan edukasi herborist pertama di Bali Utara. Namanya Bali Secret Garden. Wahananya telah resmi dibuka per 9 Desember 2016 oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya. Ini menjadi destinasi baru di Pariwisata Bali," terang Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh, Minggu, 11 Desember 2016.

Saat pembukaan Bali Secret Garden, Deputi Pemasaran Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty ikut mendampingi Menpar Arief Yahya. Selain itu hadir pula Ketua DPRD Bali Nyoman Adi Wiryatama serta Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti?. Dan jangan takut merasa bosan saat menyambangi destinasi wisata yang satu ini.

Vita menjamin, setiap pengunjung akan betah berlama-lama saat berwisata di Bali Secret Garden. Tampilan arsitekturnya? Sangat keren. Ada perpaduan unsur modern dan tradisional khas Bali. Bangunan di Secret Garden Village ini terinspirasi dari pegunungan yang ada di sekitarnya. Saat memasuki lokasi, pengunjung serasa diajak menjelajahi masing-masing ruang yang memiliki kekhasan tersendiri.

Aktivitas yang bisa dilakukan? Lumayan banyak. Di urutan teratas, ada Oemah Herborist Factory Outlet yang bisa dinikmati. Nuansanya unik dan alami. Di sini pengunjung bisa menjumpai salah satu produk kecantikan yang terkenal dengan lulur khas Bali-nya. Di area ini, pengunjung akan diajak mengunjungi Beauty Heritage Museum yang menyimpan sejarah dunia kecantikan dan kosmetik di Indonesia, membuat kosmetik dari bahan alami di area mini plant serta menonton film pendek tentang kosmetik Indonesia dari masa ke masa.

Selanjutnya, ada wisata edukasi tentang kopi di Black Eye Coffee and Roastery yang bisa dinikmati. Di bagian ini, pengunjung bisa mempelajari proses pembuatan kopi berkualitas tinggi yang diracik langsung para barista. Sambil beristirahat sejenak, pengunjung juga bisa menikmati berbagai jenis kopi khas nusantara seperti Kopi Toraja, Aceh, Lampung, Jawa, dll. "Kopi yang diolah di sini semuanya adalah kopi khas nusantara, namun pengolahannya menggunakan mesin yang modern," ujar wanita penyuka motor gede itu.

Bagi pecinta kopi, Black Eye Coffee memberikan Anda kesempatan untuk menjelajah museum kopi, melihat proses pembuatan mulai dari pemrosesan biji mentah hingga menjadi kopi bubuk berkualitas tinggi, menyesap lezatnya kopi dari berbagai macam jenis, dan tentunya memilih berbagai jenis kopi untuk Anda bawa pulang.

Selain dua aktivitas tersebut, Anda dapat menikmati indahnya alam bedugul yang dikelilingi perbukitan sambil menikmati kuliner lezat khas Bali dan menu internasional di Rice View resto khusus untuk BBQ dan The Luwus resto yang menyediakan menu Nusantara dan menu masakan Asia.

"Menu tradisional Tabanan Bebek Luwung menjadi makanan andalan tempat ini, selain makanan seafood dan makanan western lainnya. Bebek luwung diolah dengan bumbu khas Bali yang memberikan pengalaman rasa secara lengkap," terang wanita yang juga menjabat Ketua Akademi Gastronomi Indonesia itu.

Dan bagi yang suka selfie, silahkan arahkan pandangan ke Beauty garden dengan hiasan taman yang indah. Dijamin, Anda akan puas melihat hasil jepretannya. "Konsep Gourmet Beauty tersaji secara indah dan dapat diekpresikan sebagai usaha menggabungkan pengalaman panca indra yang lengkap visual, rasa, penciuman, pendengaran dan sentuhan. Sangat cocok untuk wisata keluarga. Ini menjadi aset promosi untuk mendatangkan wisatawan mancanegara khususnya wisatawan gastronomi," kata Vita.

Menpar Arief Yahya menilai objek wisata baru ini berhasil menggabungkan pariwisata dan ekonomi kreatif. Menurutnya, Secret Garden Village akan ikut membantu upaya pemerintah meningkatkan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif. "Bangsa ini hanya bisa menangkan persaingan di ekonomi kreatif.? Kita akan menangkan persaingan relatif mudah di pariwisata dan ekonomi kreatif," jelasnya.

Dia memaparkan,objek wisata di kawasan Bali Utara ini menggabungkan ekonomi kreatif kuliner dan fashion khususnya produk kosmetik. Dua pilihan tersebut dinilai sangat bagus, karena kedua sektor merupakan penyumbang terbesar devisa dari ekonomi kreatif.

Owner Secret Garden Village Billy Hartono Salim mengharapkan keberadaan objek baru ini menjadi icon baru di Bali khususnya di Kabupaten Tabanan. “Keberadaan objek baru ini sekaligus untuk menempatkan investasi tidak terbatas di Bali selatan saja, tetapi ke utara,” ujar Billy yang beruntung bisa dihadiri Menpar Arief Yahya. 

Support promosi, PRing, promosi yang dilakukan Kemenpar diakui sangat mengesankan dan mendorong optimisme. "Inilah salah satu yang membuat para pengusaha pariwisata sangat antusias dan terus termotivasi," kata Billy. 

"Saya dan segenap management Secret Garden Village, mengucapkan terima kasih sebesar besarnya, kepada Bapak Menteri Pariwisata Indonesia, Bapak Arief, yg telah melakukan support yg luar biasa, dengan selalu mengirimkan "news update on line" tentang Secret Garden Village, dan dibantu oleh jajaran birokrasi team Kementerian Pariwisata. Kami sebagai Investor dan pelaku langsung, di sektor Pariwisata tersebut merasakan sekali support beliau, dan memacu kami, utk terus berkreasi membantu Pemerintah, untuk kepentingan dunia pariwisata. Terutama di area Bali Utara," jelasnya lagi. 

Bagi yang ingin menyambangi destinasi ini, lokasinya terbilang mudah dijangkau. Destinasi wisata dengan slogan The Next Iconic Destination of Bali Island itu terletak di Tabanan Km 36. Waktu tempuhnya hanya 75 menit dari pusat kota. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).