Wonderful Indonesia 2016
Akselerasi Destinasi Danau Toba Mulai Action di Lapangan
Akselerasi Destinasi Danau Toba Mulai Action di Lapangan

Senin, 21 November 2016 09:26 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

MEDAN - Penataan dan pembangunan Danau Toba makin progresif dan terus dipacu. Usai kunker Menpar Arief Yahya ke Hangzhou, 10-13 Oktober 2016, upaya mewujudkan 10 Bali Baru di sana makin terlihat nyata. Inspirasi dari danau XiHu atau West Lake itu sangat bermakna, karena bisa melihat secara lagsung bagaimana danau itu dikelola dengan baik dan ditata rapi. Jutaan manusia setiap bulan berwisata di danau yang hanya 1 jam dari Shanghai itu.

Yang terbaru, ada sejumlah penataan yang mulai digarap di Pantai Bebas (Parapat), Pelabuhan Ajibata, dan Tomok (Samosir). “Ini tidak boleh mandek. Semua harus ngebut. Semua pihak sudah merapatkan barisan untuk mewujudkan Danau Toba sebagai destinasi wisata kelas dunia. Semua jalan sesuai dengan rencana,” ujar Ketua Pokja Percepatan 10 Top Destinasi Kementerian Pariwisata, Hiramsyah Syambudhi Thaib di Jakarta.

Hiramsyah yang pengalaman membangun kawasan dan pernah memimpin Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia itu juga ikut bersama Gubernur dan para bupati di Danau Toba yang melihat Hangzhou. “Potensi Danau Toba jauh lebih kuat, jauh lebih hebat, jika kita semua punya semangat yang sama untuk maju dan menjadikan kawasan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia. Danau vulkanik terbesar di dunia, danau terdalam di dunia, danau geopark yang akan kita usulkan di UNESCO, punya pulau seluas Singapore! Semua adalah potensi yang bisa mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara dari Pariwisata,” katanya.

Dari segi aksesibilitas, penataan Danau Toba difokuskan di tiga lokasi. Pantai Bebas (Parapat), Pelabuhan Ajibata, dan Tomok (Samosir), masuk ke dalam radar kawasan yang akan ditata. Semua penataan itu akan di-handle Kemen PUPERA di bawah Ditjen Cipta Karya. “Kami telah berkoordinasi dan menyampaikan beberapa preseden yang diperoleh dari hasil studi banding ke Hangzhou,” timpal Arie Prasetyo, PIC Danau Toba.

Untuk di Parapat, akan dilakukan penataan pedestrian. Konstruksi bawahnya akan didesain dari material yang mampu bertahan lama. Jalan pun akan dibuat cukup lebar sehingga pejalan kaki bisa nyaman berlalulalang di sekitar danau.

Penanaman vegetasi juga akan dilakukan. Pohon-pohon besar, rindang akan ditata rapi. Penataannya juga akan diselaraskan dengan pedestrian yang dibangun. Setelah itu, kawasan ini juga akan mendapatkan tambahan toilet ramah lingkungan. Ini merupakan bagian dari pelayanan kepada para wisatawan sekaligus memberi contoh kepada masyarakat soal budaya bersih. “Satunya lagi revitalisasi drainase. Target penyelesaian desain minggu ini, dan fisik selesai sebelum Natal,” ujar  Arie.

Pembuatan guidelines pengecatan bangunan di sekitar Parapat juga sudah mulai digarap. Dari paparan Arie, saat ini sedang dalam pengerjaan studi benchmarking. “Targetnya, Natal sudah ada guidelinesnya,” kata dia.

Selain Parapat, penataan di Ajibata juga bakal ikut digeber. Fokusnya, mengarah ke penataan pedestrian dan pedagang kaki lima, penanaman vegetasi, penambahan toilet ramah lingkungan, dan revitalisasi drainase. Target penyelesaian desain  juga minggu ini. Dan fisik, diproyeksikan selesai sebelum Natal. “Tomok kurang lebih sama. Di sana akan dilakukan penataan pedestrian, penanaman vegetasi, penambahan toilet ramah lingkungan, dan revitalisasi drainase. Target penyelesaian desain minggu ini , dan fisik selesai sebelum Natal,” kata pria kelahiran tahun 1979 itu.

Setelah sentuhan nuansa nyaman dan bersih, faktor keamanan juga ikut dipikirkan. Jalinan koordinasi dengan Telkom pun mulai dilakukan. Misi yang ingin dijalankan, memasang beberapa titik CCTV di kawasan Danau Toba. “Sementara teridentifikasi enam titik. Dan Telkom akan mulai melakukan survey lapangan minggu depan. Jadwalnya diproyeksikan 24-25 November 2016,” ujar Arie.

Sejumlah titik yang dilengkapi CCTV ini nantinya akan digunakan untuk memantau pergerakan wisatawan. Bagi wisatawan yang tidak sengaja meninggalkan barang berharga, maka kamera CCTV akan segera mendeteksi dan petugas keamanan dengan segera akan mengamankannya. Fungsi lainnya, deteksi dini kejahatan. “Di pariwisata, security and safety itu satu dari 14 pilar yang dinilai World Economic Forum dalam menentukan Competitiveness Index tiap dua tahun sekali. Dengan memanfaatkan teknologi, saya yakin kita mampu bersaing dalam keamanan dan keselamatan,” ujar Arie. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).