Wonderful Indonesia 2016
Kemenpar Menjaring Wisman di Farmers Santa Parade 2016
Kemenpar Menjaring Wisman di Farmers Santa Parade 2016

Minggu, 20 November 2016 00:38 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Kemenpar bakal tampil atraktif di Farmers Santa Parade 2016, yang bakal digelar di Selandia Baru, 27 November 2016, mendatang. Ini menindaklanjuti instruksi Menpar Arief Yahya agar jangan lagi membuat event seperti festival sendiri. Tetapi ikut bersama di event yang sudah establish di luar negeri. “Jadi sudah pasti banyak mengumpulkan orang, karena sudah menjadi event tahunan,” kata Menpar Arief Yahya.

Ini juga yang sering disebut Menteri Arief Yahya sebagai konsep menjaring di kolam yang banyak ikannya. Memasarkan destinasi wisata Indonesia di event yang sudah pasti banyak orangnya.

Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana langsung menyerjemahkan di New Zealand. Wonderful Indonesia akan menampilkan seluruh keindahan destinasi tanah air dengan berbagai media promosi, diantaranya adalah Balon Raksasa, Bendera, dan Spanduk yang paling banyak dilihat orang di venue.

"Ribuan manusia akan hadir menikmati parade dan ini momentum yang tepat untuk kita berpromosi. Ini adalah parade terbesar di negara mereka dan dilakukan dengan arak-arakan, kita akan ikut ambil bagian dengan menggunakan tema parade Kapal Phinisi, selain akan mempromosikan budaya dan destinasi baru kita, Kemenpar juga akan menginformasikan Bebas Visa Kunjungan (BVK) bagi Selandia Baru di parade tersebut,” ujar Pitana.

Farmers Santa Parade 2016 adalah acara tahunan yang spektakuler yang melibatkan ribuan orang untuk merayakan Natal dengan perhelatan Parade. Para masyarakat di Selandia Baru berduyun-duyun ke rute parade yang rencananya akan ditempuh sepanjang 2,2 kilometer dari Federal Street di depan Aotea Center dan akan berakhir pada Albert Street, Selandia Baru.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, akan ada setidaknya 33 balon raksasa yang berasal lebih dari 200 peserta dan 4.000 relawan, parade tahun 2016 ini panitia pelaksana rencananya akan mengisi dengan 1.500 kostum fantastis. Parade ini sudah dilakukan selama lebih dari 80 tahun tepatnya sejak tahun 1934.

"Di acara tersebut juga akan ada konser band dan pagelaran hiburan. Jadi dipastikan semua masyarakat Selandia Baru akan berkumpul di acara tersebut. Ini akan bermanfaat untuk Indonesia, karena Selandia Baru merupakan pasar potensial yang harus kita tangani,” ujar I Gde Pitana.

Saat ini, Selandia Baru masih dianggap sebagai pasar potensial. Belum pasar utama. Target pasar Selandia Baru masih menyatu dengan Australia. Sekedar gambaran, pada 2015, wisman Australia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 1.026.239 orang. Setelah promosi gencar, pada 2016 Kemenpar bisa meningkatkan angka kunjungan hingga 1.400.000 orang.

"Selandia Baru adalah negara yang maju dengan kesejahteraan masyarakat yang tinggi. Jumlah outbond-nya melebihi jumlah penduduk, tetapi yang ke Indonesia baru sekitar 33.000 orang. Jadi kita sedang berusaha menarik mereka untuk berkunjung ke Indonesia,” kata Pitana.

Pitana menambahkan, dalam World Economic Forum (WEF) salah satu pilar penting untuk memperbanyak kunjungan adalah International Openess.

Menderegulasi wisman untuk masuk ke tanah air. "Setelah masuk dengan mudah, mereka akan membelanjakan budgetnya dengan mudah, sehingga akan berdampak kepada perekonomiam masyarakat kita,” kata Pitana.

Selain bebas Visa, Indonesia juga punya keunggulan yang bisa ditawarkan kepada wisatawan Selandia Baru. Yakni kemudahan atau deregulasi Yacht sudah dilakukan oleh Tim Percepatan Wisata Bahari. Salah satu sukses yang dilakukan Kemenpar adalah deregulasi CAIT, untuk izin masuk yacht ke perairan Indonesia. Kini izin masuk ke Indonesia cukup 3 jam sudah beres.

Wisata bahari dengan perahu yacht, selama ini masih dianggap sebagai pasar yang seksi. Potensi pemasukan devisanya sangat besar dan menantang. Dari data Kemenpar, cost belanja wisatawan yacht per hari rata-rata US$ 500-US$ 1.000.

Dan lama singgahnya, bisa mencapai satu bulan. Sebagai negara bahari, Indonesia dihiasi lebih dari 17.000 pulau. Garis pantainya mencapai 80 ribu km. Dan Indonesia, memiliki sekitar 50.875 km2 terumbu karang. Jumlah ini setara dengan 51% persen dari terumbu karang di wilayah Selatan Timur Asia dan 18% (284.300 km2) dari terumbu karang di dunia. Dengan potensi sedahsyat itu, Indonesia pun langsung dinobatkan menjadi jantung dari segitiga karang dunia (coral triangle). Pada 2015 silam, CNN Internasional menempatkan Raja Ampat sebagai peringkat satu, lalu Labuan Bajo peringkat dua dunia untuk kategori snorkeling site dunia. ***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).