Wonderful Indonesia 2016
Cak Imin Serukan Menangkan Indonesia di Kompetisi Wisata Halal
Cak Imin Serukan Menangkan Indonesia di Kompetisi Wisata Halal

Minggu, 20 November 2016 01:19 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Mantan Menakertrans yang juga Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar berkicau di Twitter soal kompetisi wisata halal dunia, yang digelar di Abu Dhabi 2016. World Halal Tourism Award 2016 yang biasa menggunakan hastag #WHTA2016 dan #MenangkanIndonesia.

"Ayo dukung penuh Indonesia menjadi surganya wisata halal dunia," kicauan Cak Imin, dalam akun twitter @cakiminpkb dengan nama panjang A Muhaimin Iskandar itu.

Dia memposting 17 twitt, mengajak 63,2 ribu followers-nya untuk voteindonesia.com dan memenangkan 12 nominator Indonesia yang lolos di putaran final kompetisi halal dunia itu. Dia mulai dengan kalimat: “Semoga World Halal Tourism Summit 2016 makin banyak wisata halal di Indonesia jadi yang terbaik," diikuti hastag #WonderfulIndonesia#PesonaIndonesia dan #WHTA2016.

"Jangan mau kalah dengan negara non muslem dalam menyediakan wisata halal, Indonesia harus jadi kiblat!” twit berikutnya yang di retweet 202 akun twitter lainnya. Yang dimaksud adalah, jangan kalah dari negara seperti Thailand, yang setiap tahun sudah didatangi 600 ribu wisman adal Timur Tengah. Termasuk juga Malaysia yang sudah sekitar 300 ribu. Indonesia masih di angka 180 ribu atau di bawah 200 ribuan.Twit berikunya, "Malah wisatawan non muslem dan keluarganya senang ajak keluarganya dalam wisata halal!".

Dijelaskan di bawahnya: "Makanan halal, tempat ibadah, peralatan pendukung ibadah, dan lain-lain disediakan. Itu wisata halal!" yang lagi-lagi di retweet oleh 164 followersnya. "Wisata halal itu menyediakan fasilitas tambahan bagi turis muslem dalam menjalankan ibadahnya!"

Cak Imin ingin menjelaskan kepada public, agar tidak salah persepsi, tidak salah sangka, tidak miss understand soal kata-kata “halal” dalam "wisata halal".

Halal itu istilah yang sudah mendunia. Halal itu sudah menjadi konsumsi dunia, bukan hanya istilah yang hanya dimengerti oleh umat Islam saja. "Jangan salah kaprah kalau wisata halal itu khusus wisata muslim. Bukan itu artinya," twit Muhaimin Iskandar lagi.

"Wisata halal itu cuma extended service untuk menyediakan fasilitas bagi wisatawan muslem. Destinasi wisata halal bukan 'islamisasi' atau non muslem tidak boleh datang,"twitnya.

Mungkin ini yang sering menjadi ganjalan dan salah sangka dari banyak orang yang belum paham tentang wisata halal. Pintar juga, Cak Imin bisa membuka "rasa sungkan" public akan ketidaktahuan esensi wisata halal tersebut.

Cak Imin melanjutkan twit-nya: "Benar kata Pak (Menpar) Arief Yahya, Indonesia kurang eksplorasi fasilitas wisata halal. Waktu Halal Tourism Summit 2015, 3 destinasi di Indonesia dapat predikat terbaik!” Inti dalam persaingan global wisata halal itu bukan banyak-banyakan penduduk muslem, atau kuat-kuatan ajaran Islamnya.

Bukan juga banyak-banyakan tempat ibadah dan performance fisik dengan smbol-simbol agama. Tetapi lebih ke pelayanan, services, yang membuat wisman merasa nyaman, aman, bersih, rapi, indah dan lancir. Dan itu semua adalah pekerjaan professional dan manajemen yang bagus. Bisa dibayangkan, jika manajemen semakin perfect, ditambah suasana halal yang family friendly? "Kita harus menang!"

Makin banyak tokoh masyarakat dan pejabat public yang menjadi endorser #WHTA2016 #MenangkanIndonesia secara suka rela. Hanya semangat Merah Putih di benak mereka untuk mensupport wisata halal agar menjadi kekuatan bagi bangsa Indonesia. Seperti yang dilaporkan Rainier Daulay, Bos The Radhana Kuta Bali Hotel, satu-satunya hotel dengan status halal di Pulau Dewata yang sangat disupport oleh tokoh-tokoh masyarakat Bali. "Semua kolega, sahabat, teman dan karib saya juga membantu voteindonesia.com untuk memenangkan 12 nominator, termasuk di dalamnya Rhadana Kuta Bali," kata Rainier.

Dari Opick Tomboati, musisi Dwiki Dharmawan, artis Camelia Malik, professional Emirsyah Satar, koreaografer Guruh Soekarno Putra, Ketua DPD REI Sumbar Hendra Gunawan, Presiden Indonesia Hotel GMA, Reza Sunardi, kalangan akademisi sampai pejabat-pejabat pariwisata di daerah sampai para Alumni UI yang menjadi komunitasnya. “Terima kasih atas semua dukungannya. Salam Merah Putih!" jelas Rainier.

Ketua Tim Pemenangan World Halal Tourism Award 2016 Abu Dhabi, Don Kardono dan Wakilnya, Vita Datau Messakh menyebut, saat ini masih ada waktu, 5 hari lagi untuk nge-vote.

Cukup klik di: voteindonesia.com. Anda akan masuk ke halaman pemungutan suara, isi registrasi alamat email, bersiaplah menyumbangkan suara Anda di 12 kategori. Pastikan satu email, satu suara, satu device atau satu IP. Inilah ke-12 kategori itu:

1. World’s Best Airline for Halal Travellers, Garuda Indonesia

2. World’s Best Airport for Halal Travellers, Sultan Islandar Muda International Airport, Aceh Indonesia

3. World’s Best Family Friendly Hotel, The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia

4. World’s Most Luxurious Family Friendly Hotel, Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia

5. World’s Best Halal Beach Resort, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia

6. World’s Best Halal Tour Operator, Ero Tour, West Sumatera Indonesia

7. World’s Best Halal Tourism Website, www.wonderfullomboksumbawa.com, Indonesia

8. World’s Best Halal Honeymoon Destination, Sembalun Village Region, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

9. World’s Best Hajj & Umrah Operator, ESQ Tours & Travel, Jakarta, Indonesia 10. World’s Best Halal Destination, West Sumatera, Indonesia 11. World’s Best Halal Culinary Destination, West Sumatera, Indonesia 12. World’s Best Halal Cultural Destination, Aceh Indonesia.

Setelah selesai semua, klik SUBMIT. Dan bila voting sudah lengkap terkirim akan mendapatkan notifikasi dari web respon langsung dan email. "Yuk, #MenangkanIndonesia, yang belum nge-vote putaran kedua, silakan bersuara di voteindonesia.com," kata Don Kardono. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).