Wonderful Indonesia 2016
Belitung, Danau Toba, Bromo Didorong Menjadi Geopark Dunia
Belitung, Danau Toba, Bromo Didorong Menjadi Geopark Dunia
Iustrasi. (net)

Sabtu, 05 November 2016 17:39 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Destinasi prioritas Tanjung Kelayang, Belitung makin fokus mengejar mimpi menjadi Geopark International. Sebuah stempel kekuatan baru yang bakal memperkuat value pariwisata di Negeri Laskar Pelangi itu. Tujuh warisan budaya tak benda juga sudah disematkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 27 Oktober 2016, pekan lalu.

Tim Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kementerian Pariwisata yang dipimpin Hiramsyah Syambudhi Thaib pun mulai ngebut mempersiapkan Belitung sebagai Kawasan Wisata Geopark berskala internasional yang diakui UNESCO.

“Pada 27 Oktober 2016 Kemendikbud memberikan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda kepada pemerintah Bangka Belitung. Penyerahan sertifikatnya diberikan langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Kamis malam (27/10), di Gedung Kesenian Jakarta,” ujar Hiramsyah yang pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI) 2001-2005 dan Anggota Dewan Pembina AKPI 2005-2010 itu.

Bagi Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas itu, pemberian Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda itu sangat bermakna. Itu adalah pengakuan yang diyakini akan mempercepat upaya membangun Kawasan Wisata Geopark berskala internasional di Belitong. UNESCO adalah lembaga PBB yang berkompeten dalam memberi sertifikat Geopark Dunia. Dikatakan Hiram-sapaan akrab Hiramsyah--, untuk mendukung terealisasinya pengakuan UNESCO terhadap Geopark Bangka Belitung setidaknya terpenuhi persyaratan.

Yang pertama, adanya keragaman geologi. Setelah itu keragaman hayati. Dan terakhir, keragaman budaya.

"Sekarang modal Belitong makin kuat. Belitong dapat tujuh sertifikat warisan budaya tak benda. Dari mulai Te'lo Seroja, Besaoh Dalam Beume, Memarung-Panggung, Tari Gajah Menunggang, Sepen Penyok, Rudat Bangka Belitung hingga Pakaian Pengantin Paksian, semua berhasil diraih Belitong," ujar Larasati, PIC Destinasi Tanjung Kelayang Pokja Percepatan 10 Bali Baru Kementerian Pariwisata.

Modal kuat ini menurut Laras sapaan akrab Larasati, tidak akan dibiarkan begitu saja. Sejumlah planning percepatan untuk mendorong Belitong menjadi Geopark International, langsung disusun.

Hasilnya? Di minggu pertama November 2016, akan ada publikasi yang melibatkan televisi swasta nasional yang akan menyorot 40 geosites di Pulau Belitong. Batuan bertekstur porfiritik, mineral kuarsa, ortoklas, plagioklas, biotit, dan hornblende, hingga batuan beku yang mempunyai kristal kristal kasar yang banyak tersebar di Belitong dipastikan akan ikut disorot.

"Semuanya akan diliput tim RCTI awal November 2016,” kata Laras.

Yang melegakan lagi, UNESCO sudah memberikan respons positif. Pada 8-11 Desember 2016, asesor dari UNESCO Geopark, Prof. Komo dijadwalkan hadir ke Pulau Belitong. Kehadiran Prof. Komo ke Belitong adalah untuk melihat lokasi-lokasi yang dijadikan kawasan Geopark.

"Kami akan terus bersosialisasi dengan masyarakat, untuk menggolkan Geopark. Bila semuanya lancar, bulan Januari 2017 diharapkan Pulau Belitong sudah bisa diajukan ke KNIU dan Badan Geologi sbg Geopark Nasional,” ujar Laras.

Menpar Arief Yahya menyebutkan, tahun ini Geopark Rinjani Lombok tahun 2016 ini sudah diterima sebagai warisan dunia oleh UNESCO, tetapi baru akan diumumkan pertengahan tahun 2017. Satu tahun, satu Negara hanya boleh mengusulkan maksimal 2 sites taman bumi. Satu lagi yang sudah register ke UNESCO adalah Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat di 2016 ini.

Tahun depan, lanjut Menpar Arief Yahya, 2017 sedang dipersiapkan Geopark Danau Toba dan Geopark Bromo Tengger Semeru. Sekarang dokumen pelengkapnya sedang disusun oleh tim Percepatan 10 Top Destinasi, agar bisa mengejar deadline 2017. "Juga akan bersama-sama Kementerian dan Lembaga lain yang berkompeten untuk urusan Geopark, untuk menjadikan geopark yang diakui dunia internasional,” kata Arief Yahya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).