Wonderful Indonesia 2016
2 Hari Lagi, Menuju Final World Halal Tourism Award 2016
2 Hari Lagi, Menuju Final World Halal Tourism Award 2016

Sabtu, 05 November 2016 17:59 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Gerakan online offline untuk menyapu bersih World Halal Tourism Award 2016, di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab, makin meluas. Seniman, pebisnis, komunitas, masyarakat umum, mahasiswa, dan lainnya kompak memberikan suaranya untuk meloloskan 12 nominator Indonesia. Waktunya tinggal dua hari lagi, 5-6 November 2016, selanjutnya akan diumumkan 5 besarnya, untuk ditandingkan lagi selama 2 minggu, 6-24 November 2016.

"Sabtu-Minggu ini, yuk kita tuntaskan sampai juara. Kemenangan itu direncanakan!" ajak Menpar Arief Yahya untuk vote #MenangkanIndonesia. Ajakan ini pun memviral ke mana-mana. Tidak hanya komunitas yang berasal dari destinasi yang sedang berkompetisi di World Halal Tourism Award 2016, di Abu Dhabi, Uni Emirate Arab. Malang Raya misalnya. Lewat tim Malang Amore Carnival, salah satu destinasi wisata andalah di Jawa Timur itu diajak bergerak untuk meng-klikhttp://bit.ly/VOTEindonesia.

Semua lini diajak menyisihkan waktu limamenit untuk memberikan vote pada 15 wakil Indonesia yang berkompetisi di World Halal Tourism Award 2016, Abu Dhabi, Uni Emirate Arab.

“Hari ini kita all out mengajak semua masyarakat untuk bantu vote Indonesia via WA Group. Dari WAG Dispar Malang, pengembang pariwisata Malang sampai komunitas seniman Malang Raya sudah running.

Semuanya vote belasan wakil Indonesia yang berkompetisi di di World Halal Tourism Award 2016,” tutur Yoseph Agus Kristian, CEO Founder MalangAmore Carnival, Kamis (3/11).

Nama Malang Amore Carnival yang sudah mendunia membuat ajakan vote tadi langsung direspon semua lini. Gelar award the best costume di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam hingga Berlin yang disambar Malang Amore Carnival membuat langkah Yoseph makin ringan.

Semuanya sepakat untuk mendorong Indonesia semakin tegak berdiri,memenangkan kompetisi halal tourism di Abu Dhabi. “Alhamdulillah sudah nyebar kemana-mana. Dan semuanya ikut vote. Ajang World Halal Tourism Award 2016 benar-benar menyatukan Malang Raya,” ungkap Yoseph.

Di Tanah Sunda, Wayang Ajen juga ikut bergerak. Tanpa diperintah, wayang yang sudah diakui UNESCO sejak 2010 silam juga ikutan nimbrung mendorong masyarakat Jawa Barat untuk meng-klik http://bit.ly/VOTEindonesia. “Ajakan saya tak hanya memberikan vote untuk wakil Jawa Barat saja. Dan alhamdulillah, responnya sangatbagus. Banyak yang semangat menanyakan cara vote. Saya sampai kewalahan balas pesan saking banyaknya respon yang masuk,” ungkap Wawan Gunawan, nama asli ki dalang yang sudah memainkan Wayang Ajen ke 49 negara itu.

Yogyakarta juga tak mau ketinggalan. Nanang Garuda, dalang yang kerap memainkan Wayang Garuda ikut serta dalam gerakan mobilisasi vote wisata halal dunia. Seluruh komunitas seniman di Yogyakarta diajak berpartisipasi untuk memberikan vote kepada belasan wakil Indonesia yang berlaga World Halal Tourism Award 2016. “Indonesia kan semboyannya Bhinneka Tunggal Ika. Meski berbeda semangatnya harus satu. Karena kita ini bangsa Garuda, semangat kita harus semangat Garuda!," ucap Nanang.

Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kemenpar, Riyanto Sofyan ikut buka suara. Dia mengaku sangat terharu melihat gerakan massif para seniman Indonesia.  “Saya jadi makin bersemangat. Gerakannya konkret dan cepat. Kalau semuanya bersatu, saya yakin Indonesia bisa memenangkan ‘pertempuran’ di World Halal Tourism Award 2016. Bagi yang belum vote, mari sama-sama vote Indonesia. Pastikan kita sapu bersih di semua kategori yang kita masuk. Satu suara Anda sangat bermakna buatperkembangan wisata halal di tanah air,” ucap Sofyan.

Nominator Indonesia di World Halal Tourism 2016:

World's Best Airline for Halal Travellers: Garuda Indonesia

World's Best Airport for Halal Travellers: Sultan Iskandar Muda

International Airport, Aceh Indonesia.

World's Best Family Friendly Hotel: The Rhadana Hotel, Kuta, Bali, Indonesia

World's Most Luxurious Family Friendly Hotel: Trans Luxury Hotel Bandung Indonesia

World's Best Halal Beach Resort: Novotel Lombok Resort & Villas,Lombok, West Nusa Tenggara Indonesia.

World's Best Halal Tour Operator: West Sumatera Indonesia

World's Best Halal Honeymoon Destination: Sembalun Village Region,Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

World's Best Hajj & Umrah Operator: ESQ Tours & Travel, Jakarta, IndonesiaWorld's Best Halal Destination: West Sumatera, Indonesia

World's Best Halal Culinary Destination: West Sumatera, Indonesia

World's Best Halal Cultural Destination: Aceh, Indonesia.***


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).