Wonderful Indonesia 2016
Garuda Indonesia Buka Rute Chengdu-Bali Januari 2017
Garuda Indonesia Buka Rute Chengdu-Bali Januari 2017
Ilustrasi.

Minggu, 30 Oktober 2016 10:54 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Salah satu hasil roadshow Menpar Arief Yahya ke beberapa airlines (Garuda Indonesia, Air Asia, dan Lion Air Group), airport (Angkasa Pura I dan II) dan Kemenhub mulai menelorkan hasil. Maskapai pelat merah, Garuda Indonesia bakal membuka rute baru Denpasar-Bali ke Chengdu Tiongkok. Persisnya, 15 Januari 2017, dengan frequensi empat kali seminggu dengan pesawat berbadan besar, Airbus.

Baca Juga: Garuda Indonesia Janji Akan Berlabuh di Labuan Bajo

“Kami juga melihat market Tiongkok sangat besar. Dan salah satu kota di Tiongkok yang sangat berpotensi adalah Chengdu. Karenanya kami akan membuka direct flight dari Chengdu ke Bali mulai Januari 2017,” terang M. Arif Wibowo, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk," Jumat (28/8).

Jika bursa offline Garuda Travel Fair 2016 di JCC Senayan Jakarta bekerjasama dengan BNI, maka kali ini national flag carrier itu bakal bekerjasama dengan Bank BRI. Tittle-nya Garuda Indonesia OnlineFair, More for Less, dan sudah mulai dipasarkan tiketnya 27 Oktober – 2 November 2016. “Dapatkan potongan harga khusus di BRI Garuda Online Travel Fair 2016,” kata Arif Wibowo.  

Demi Toba, Garuda Indonesia Buka Rute Medan-Silangit, ini Infonya

Arief mengakui, potensi pasar Tiongkok sangat besar. Ini bisa diintip dari data yang dikeluarkan Biro Pusat Statistik (BPS), bahwa turis asal Tiongkok terus melesat, dan sekarang sudah menempati posisi nomor satu inbound ke Indonesia. Itu berarti mengalahkan Singapore, Malaysia, dan Australia yang sudah bertahun-tahun menempati posisi 1-2-3 tanpa tergoyahkan. Hadirnya turis China yang sangat cepat ini memang mengubah semua sector di tanah air.

Baca Juga: Garuda Buka Rute Medan-Singapura

Di Manado, hanya selang tiga bulan, Juli hingga Oktober 2016 sekitar 32.600 turis asal Tiongkok sudah menikmati keindahan alam dan beragam destinasi wisata di daerah ini. Bila ditarik ke lingkup nasional, angkanya malah lebih dahsyat lagi. Jumlah kunjungan wisman Tiongkok saat ini sudah melesat naik ke urutan teratas penyumbang turis mancanegara ke Indonesia. Di periode Januari - Agustus 2016, kunjungan wisman Tiongkok mencapai 980.184 orang.

Dan statistik  tadi tak ingin dilewatkan Garuda Indonesia. Sebagai maskapai yang ada di jajaran elit dunia, Garuda Indonesia ingin ambil bagian di dalamnya. Misi yang diusung, membantu percepatan proses pertumbuhan angkutan pariwisata dari Tiongkok ke Bali. “Kami optimistis tahun ini dapat tumbuh 10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sudah banyak yang telah kami lakukan dalam pengemvangan rute internasional dan domestik," ujarnya.

Khusus internasional, selain mengincar pasar Tiongkok, Garuda Indonesia juga tengah mematangkan rencana penerbangan ke India. Rencananya, rute penerbangan ke Negeri Mahabarata itu akan dilayani mulai Desember 2016. “Nantinya kami akan extend dari Bangkok ke Mumbai sebagai salah satu bagian pertumbuhan Garuda Indonesia ke depan. Sampai akhir tahun ini kami harapkan sesuai dengan target yakni trafik Garuda Indonesia mencapai 25 juta penumpang dan Citilink bisa mencapai 11 juta penumpang. Hingga saat ini sudah mendekati sekitar 16 juta -17 juta penumpang,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya gembira mendengar kabar Garuda hendak terbang dan membuka direct flight baru ke Chengdu, Tiongkok. Bahkan, Arief Yahya akan lebih banyak waktu untuk berjualan Wonderful Indonesia ke Negeri Tirai Bambu itu. “Saya yakin Garuda semakin agresif dengan national carrier, sebentar lagi ada penerbangan ke India. Lalu Jakarta Labuan Bajo, Denpasar-Wakatobi, Makassar-Wakatobi,” jelas Arief Yahya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).