Melihat Yachts di Tanjungpinang Pada Fetival Bahari Kepri (bagian-2)
Wauw... Amazing, Festival Bahari Kepri 2016 Pecahkan Rekor Yachter Nasional
Wauw... Amazing, Festival Bahari Kepri 2016 Pecahkan Rekor Yachter Nasional

Sabtu, 29 Oktober 2016 10:43 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

TANJUNGPINANG - Festival Bahari Kepri yang menjadi rangkaian Sail Karimata 2016 bakal memecahkan rekor yachter nasional. Hal ini bisa dipastikan dengan banyaknya yachter yang hadir di Kepulauan Riau. Dari data yang masuk ke panitia, saat ini ada 113 perahu yacht yang bersandar di sejumlah lokasi. Itu berarti jauh lebih banyak dari Sail Bunaken 2009 yang pernah menghadirkan 56 yatch atau perahu pesiar.

Baca Juga: Melihat Kapal Yacth di Tanjungpinang serasa di Monaco

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Guntur Sakti, Festival Bahari Kepri yang berlangsung sejak awal pekan lalu sukses menarik perhatian wisatawan dan yachters. Buktinya? Mereka sudah berdatangan sejak awal pekan acara dimulai, sehingga berhari-hari mereka bermain di perairan Kepri dan menjajal berbagai sensasi di Tanjung Pinang, Kepri.

"Mereka sudah datang sejak Festival Bahari Kepri dilaksanakan. Sebab sejak awal pekan banyak kegiatan dilaksanakan dalam memeriahkan salah satu andalan Festival Wonderful Indonesia [FWI] ini," kata Guntur Sakti.

Baca Juga: Jangan Ragu Ikuti Festival Bahari Kepri 2016

Selama berada di Kepri para yachter ini mengikuti aneka kegiatan. Mulai dari seminar ekowisata bahari, pameran budaya, pawai budaya Kepri dan berbagai sensasi atraksi lain yang menyenangkan.  Dalam pawai budaya yang dipusatkan di gedung daerah kemarin, diikuti oleh ratusan talent dari tujuh kabupaten/kota se- Kepri. Mereka menonjolkan keunggulan tiap daerah.Sejumlah talent nampak memamerkan kostum binatang laut, jung atau perahu kecil tanpa mesin, hingga aneka budaya Melayu lainnya.

"Mereka anak-anak muda Kepri yang peduli dengan daerahnya, tampil dengan dana swadaya sehingga mampu menarik minat wisatawan baik domistik maupun mancanegara," ujar Guntur Sakti disela-sela pawai budaya dalam rangka Festival Bahari Kepri ini.

Baca Juga: Menjaring Yacthers di Kepulauan Riau

Guntur Sakti menambahkan, kegiatan ini juga diramaikan dengan atraksi terjun payung dari korps TNI Angkatan Laut Lantamal Tanjung Pinang.Selama Festival Bahari Kepri juga akan ada kunjungan 12 duta besar negara sahabat.

"Ini menunjukan festival Bahari Kepri mampu menarik minat wisatawan mancanegara, kami optimis kunjungan wisatawan asing ke Kepri akan meningkat secara signifikan," tandasnya.

Festival Bahari Kepri jadi Brand Ambasador, Ini Infonya

Apalagi saat ini pembenahan akses wisata ke Kepri terus dilakukan seiring dengan peningkatan sarana pariwisata. "Kepri memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa, mulai dari pantai, wisata bawah air atau menyelam hingga wisata air, salah satunya menjadi tempat berkumpulnya yachter dunia," ujarnya.

Mengenai target kunjungan wisatawan asing Kepri memang menjadi salah satu andalan pintu masuk wisatawan. Tahun lalu ada 2,3 juta turis asing yang berkunjung Kepri. "Kami optimis tahun ini bisa tembus 3 juta wisatawan, apalagi semakin banyak destinasi wisata dan event yang dilaksanakan di sini," yakinnya.

Menpar Arief Yahya menyebut jumlah yahct yang mencapai rekor itu cukup mm banggakan, karena mereka ada the real tourists yang membelanjakan duitnya lebih banyak, karena berada di perairan Indonesia lebih lama. Melalui perahu pesiar itu mereka bisa menikmati keindahan bahari Indonesia. "Selamat ber Festival Bahari Kepri 2016 dalam rangkaian Sail Karimata 2016," ucapnya.(*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).