Wonderful Indonesia 2016
Foto Drone Ramaikan Festival Bahari Keperi (FBK) 2016
Foto Drone Ramaikan Festival Bahari Keperi (FBK) 2016
Ilustrasi. (net)

Sabtu, 15 Oktober 2016 08:05 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Lomba Drone Foto dan Video Festival Bahari Keperi (FBK) 2016 magnetnya kian tinggi. Rangkaian acara yang menjadi bagian dari Sail Karimata 2016 itu kian terlihat seksi lantaran panitia ikut menggandeng master drone internasional, Irwan "OneGlove" Baidowi.

 "One Glove punya basis massa yang banyak. Dia punya komunitas Drone terbesar di Indonesia. Saat ini anggotanya sudah lebih 12.800 pilot Drone. Follower dunia mayanya juga banyak. Itu sebabnya dia ikut digandeng. Kami posisikan dia sebagai ketua dewan juri," ujar Guntur Sakti, Ketua Harian FBK, Jumat (14/10).

Seperti yang disampaikan Menpar Arief Yahya, kata Guntur, video itu paling banyak dilihat dan mempengaruhi public. Bahkan komposisinya 60% itu melihat video. Sisanya foto dan tulisan. Karena itu, lomba drone yang bisa memotret dari angel atas itu sangat menarik bagi calon wisatawan.

Di kalangan penghobi Drone nasional, nama Irwan ‘OneGlove’ Baidowi atau OneGlove memang sudah sangat dikenal. OneGlove adalah seorang profesional muda di bidang Drone. Bisa dibilang, pria kelahiran Jakarta tersebut merupakan 'master' di bidang Drone Photography, Drone Videography, dan Drone Race. Nama besarnya, sudah berhasil membuat satu merek Drone terkenal asal Tiongkok, DJI Phantom ikut ‘jatuh hati’ pada One Glove.

Saat ini, brand ternama itu tercatat resmi menjadi sponsornya. Pengalamannya? Jangan ditanya lagi. Di berbagai even lomba drone nasional, dia sudah sering dipercaya menjadi juri. Titel juara Drone Competition berbagai kategori, baik di dalam dan luar negeri juga telah dikoleksinya. Karenanya, One Glove berpotensi menjadi komunitas endorser untuk Wonderful Kepri dan Wonderful Indonesia. Beragam keindahan alam, keragaman budaya, tradisi, adat istiadat serta kesenian yang tersaji di FBK bisa dengan mudah dijadikan kekuatan mempromosikan atraksi pariwisata.

Dengan mudah, objek video dan foto yang dihasilkan droner-droner nasional bisa cepat membuat orang lain terpikat. "Sebanyak 60 persen orang paling suka lihat video atau gambar bergerak. Kemudian 35 persen foto statis, dan 5 persen orang masih suka membaca text. Kalau ada endorser seperti One Glove, dampaknya pasti dahsyat," ucap Guntur.

Kapasitas One Glove yang bisa dikatakan sebagai publik figur komunitas drone nasional diyakini mampu mendorong semua orang untuk lebih menyadari keindahan wisata di Kepri. "Aktivitas One Glove di sosial media dapat membantu kita dalam mempromosikan suatu even. Termasuk FBK," tambah Guntur.

OneGlove saat ini punya Komunitas Drone terbesar di Indonesia. Namanya DJI Phantom Indonesia. Komunitas ini berkembang sangat pesat dan memiliki beberapa chapter dari mulai Bandung, Bogor, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Lombok, dan Makassar. Dan saat ini, anggotanya sudah menembus 12.800 pilot Drone.  "Sudah otomatis, droner-droner nasional akan merekam keindahan pariwisata Kepri dengan baik. Kepri akan terpublikasikan di digital media lebih gencar lagi, karena mereka-mereka itu punya penggemar, punya fans, punya followers yang dengan mudah akan mengklik hasil karya mereka di Festival Bahari Kepri," ungkapnya.

Guntur yakin, akan ada banyak karya bagus yang bisa direkam dari FBK. Spotnya banyak yang indah. Durasinya 10 hari. Evennya pun banyak yang penuh warna. Di 20 Oktober 2016, ada even Eco Heroes di Pulau Penyengat dan Tepi Laut Tanjung Pinang yang bisa direkam.  Setelah itu, ada Dragon Boat Race yang bisa diabadikan di Sungai Carang Tanjung Pinang, 21 Oktober 2016. Yang suka yacht, wisata bahari, bisa merekam even Wonderful Indonesia Sailing di tepi Laut Tanjung Pinang. 28 – 30 Oktober 2016Yang. Setelah itu, ada parade budaya di Kepri Carnival yang bisa diabadikan 28 Oktober 2016.

"Ada juga Parade Kapal Festival Sungai Carang di Pelabuhan Sri Payung Batu dan tepi Laut Tanjung Pinang. Kemudian Sky Lantern di tepi Laut Tanjung Pinang. Terakhir, ada Kepri Traditional & Modern Games di tepi Laut Tanjung Pinang dan Lapangan Marina Gudang Minyak. Kami akan all out di Media Sosial, promosi dan PR-ing, dengan mengintegrasikan semua potensi yang ada, termasuk endorser seperti One Glove," papar Guntur. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).