Wonderful Indonesia 2016
Mantap..., Indonesia Kembali Sabet 4 PATA Gold Award 2016
Mantap..., Indonesia Kembali Sabet 4 PATA Gold Award 2016

Sabtu, 10 September 2016 09:39 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

BANTEN - Ini bukan gara-gara Indonesia menjadi tuan rumah PATA Travel Mart 2016 di ICE, Tangsel, 7-10 September 2016, lalu 4 penghargaan dipersembahkan buat Indonesia. Juga bukan kebetulan, atau ketidaksengajaan semata. Menpar Arief Yahya selalu mengingatkan bahwa kemenangan itu direncanakan. Keempat award itu sebenarnya sudah beberapa bulan diketahui dan dipublikasikan, tetapi baru resmi diserahkan pialanya di ajang Travel Mart ini.

Ke-4 awards tersebut diantaranya kategori, marketing-primary government destination yang diberikan kepada Kementerian Pariwisata dan diterima oleh I Gde Pitana, Deputi Pengembangan Pemasaran Mancanegara Kemenpar. “PATA mencatat dengan baik, bagaimana tim promosi Kemenpar mempromosikan Gerhana Matahari Total (GMT) atau Total Solar Eclipse Indonesia, bulan Maret lalu di 12 titik di Indonesia. Jauh 6 bulan sebelumnya sudah diworo-woro di semua ajang promosi di luar negeri, bahwa aka nada GMT yang 350 tahun sekali, dan tahun ini hanya melintas di Indonesia,” kata Arief Yahya.

Materi promosi ini dipublikasikan di seluruh dunia. Menpar Arief Yahya menyebut sebagai “destinasi waktu”, orang datang ke sebuah destinasi tanpa menghitung akses maupun amenita. Tidur di mana saja, bahkan di atas tenda juga dijalani, demi mengejar 3 menit gerhana matahari itu. “Kala itu kegiatan dipusatkan di Belitung dan Palu. Selebihnya 10 kota digelar dan dikombinasi dengan serentetan festival. Maka sukses, semua hotel ludes dan orang happy dengan atraksi yang sudah diciptakan Tuhan itu,” ungkap Mantan Dirut PT Telkom ini.

Kedua, Penghargaan PATA Gold Awards 2016 kategori heritage and culture juga diberikan kepada Kemenpar, karena berhasil mempromosikan kesenian Lalare Orchestra, kesenian tradisional yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur, tempat kelahiran Menpar Arief Yahya.

Lalu, 2 penghargaan lainnya, PATA Gold Awards 2016 diberikan kepada kategori travel journalism. Tepatnya, travel journalism (travel photograph) diserahkan ke Garuda Indonesia, sedang kategori travel journalism (industry business article) diterima Mimi Hudoyo.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, 4 penghargaan bergengsi PATA Gold Awards 2016 ini semakin menambah kepercayaan dunia internasional terhadap kekuatan kepariwisataan Indonesia. “Penghargaan ini akan menaikkan value Wonderful Indonesia,” sebut I Gde Pitana selepas acara 2016 PATA Gold Awards Lunch & Award Presentation, Jumat, 9 September 2016 masih di lokasi yang sama, ICE Tangsel.  

Lebih lanjut Pitana menyebut ada 3C dalam memaknai awarding. Pertama, Calibration, untuk memotret penghargaan itu dari kategorisasi yang ada, seberapa besar poin dan plus minusnya. Kedua, menaikkan Confidence Level, dengan penghargaan itu rasa kepercayaan dirinya naik, untuk berbuat yang lebih hebat lagi. Ketiga, Credibility, menaikkan kredibilitas atau trust, karena diberikan oleh pihak yang memiliki reputasi tinggi di bidang pariwisata. “Jadi, value kita semakin naik, karena predikat juara dan memperoleh penghargaan itu!” sebut Pitana.

Karena itu, Kemenpar selalu mengincar yang terbaik di semua kegiatan Travel Mart, Festival, dan berbagai kompetisi yang digelar oleh lembaga-lembaga terpercaya, seperti UNWTO, WTTC WEF, ASEANTA, dan lainnya. Persis seperti yang Menpar selalu sampaikan, bahwa kemenangan itu harus direncanakan. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).