Wonderful Indonesia 2016
Kompak, Dua Menteri Menhub dan Menpar Sepakat Jadikan Bandara Belitung sebagai Internasional Airport 2016
Kompak, Dua Menteri Menhub dan Menpar Sepakat Jadikan Bandara Belitung sebagai Internasional Airport 2016
Landasan Bandara Belitung. (istimewa)

Minggu, 04 September 2016 10:01 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Ketika dua menteri kabinet kerja kompak, keputusan cepat dan revolusioner pun bisa pecah telor. Itulah yang terjadi pada Bandara H.A.S. Hananjoeddin, Jalan Buluh Tumbang, Belitung, Babel.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuat langkah terobosan untuk percepatan pariwisata di sana. Yakni dengan menaikkan status bandara dengan runway sepanjang 2.250 meter lebar 45 meter itu menjadi international airport sebelum liburan akhir tahun 2016.

"Sebelum akhir Desember 2016, kami naikkan status bandara Hananjoeddin Belitong menjadi bandara internasional. Tidak harus menunggu 2018, kelamaan. Terminal yang ada disekat menjadi terminal domestic dan internasional. Termasuk berkoordinasi untuk membuat CIQP –Costume, Immigration, Quarantine, Port di sana,” kata Budi Karya Sumadi saat press conference di lokasi ground breaking Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Tanjung Binga, Sijuk, Belitung.

Secara paralel, Budi Karya yang mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (AP II) (Persero) sejak tahun 2015 itu akan meng-up grade bandara Belitung yang saat ini sudah kesempitan. Rata-rata per hari sudah 2.000 penumpang yang lalu lalang di Negeri Laskar Pelangi itu. Belum termasuk pengantar dan penjemput yang jumlahnya terus meningkat. Budi Karya pun tahun ini akan memperpanjang landas pacu hingga 2.500 meter, sehingga bisa didarati Boeing 737-800 yang kapasitas angkutnya lebih besar.

“Terminal penumpangnya juga akan dibesarkan dengan kapasitas 20.000 orang,” kata Budi Karya yang juga ikut dalam ground breaking Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Kelayang Belitong. Lokasi peletakan batu pertama sendiri dilakukan di Tanjung Binga itu. Saat press conference di tepi pantai, di bawah pohon yang rindang, kata-kata pertama pria lulus Arsitektur UGM Jogjakarta jurusan 1981 itu adalah: “Wow!”

Maklum, Budi Karya selama ini memang bekerja di sector Pariwisata yang paham betul apa yang dibutuhkan destinasi itu. Salah satu karyanya adalah revitalisasi taman kota Waduk Pluit dan Waduk Ria-Rio, lalu penyelesaian rumah susun sederhana sewa di Marunda. Bertahun-tahun dia berkarya di PT Pembangunan Jaya Ancol tbk dari 1982 sampai 2004. Lalu menjadi Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) tahun 2004 sampai 2013.

Bahkan, Budi Karya melepas juga memikirkan bagaimana akses atau transportasi public dari Bandara H.A.S. Hananjoeddin sampai ke KEK Tanjung Kelayang. “Akan segera beroperasi bus Damri dari Bandara-Tanjung Kelayang untuk mempermudah arus transportasi. Juga Kapal Roro yang berkeliling dari pulau ke pulau, menghubungkan secara regular Bangka-Belitung,”  jelasnya yang dihadiri Gubernur Babel Rustam Efendi, Bupati Belitung Sahani Saleh, dan perwakilan Garuda Indonesia, Lion Air dan Sriwijaya Air itu.

Menpar Arief Yahya pun langsung memuji Menghub Budi Karya. “Pak Menhub ini keren! Beliau ini tokoh dengan background pariwisata yang sangat kuat, dan memikirkan hal-hal detail. Status Bandara Internasional Belitong ini adalah kunci atau critical success factor dalam percepatan pengembangan Pariwisata di sini. Masih ada lagi dermaga titik labuh untuk cruise (kapal pesiar) yang bisa mengangkut 3.000 turis dan juga marina untuk parkir yacht (perahu pesiar) yang lebih kecil,” ungkap Arief Yahya.

“Tetapi It’s ok, tahun 2016 ini diselesaikan dulu International Airport di Belitong. Dua yang lainnya dermaga dan marina-nya hutang dulu, untuk tahun berikutnya!” tutur Arief Yahya yang disambut tepuk tangan audience. Mengapa Mantan Dirut PT Telkom ini cukup ngotot untuk pembangunan infrastruktur transportasi di Belitong? Pertama, Belitong sudah ditetapkan sebagai satu dari 10 Top Destinasi, yang biasa dipopulerkan dengan 10 Bali Baru itu.

Kedua, Belitong adalah satu diantara 10 Bali Baru yang paling cepat berstatus KEK Pariwisata di era Presiden Joko Widodo. Sejak ditandatangani bulan Maret 2016, hanya kurun waktu 6 bulan sudah mulai ground breaking Hotel Dharmawangsa Group di Belitong. Ketiga, hampir 100% turis masuk ke Indonesia itu dengan airlines atau melalui udara. “Hanya 24% yang menyeberang via laut, dan itu didominasi oleh Batam-Bintan Kepulauan Riau. Karena posisi geografisnya dekat dengan Singapore dan Malaysia. Hanya 1% yang melintas batas jalur darat. Sisanya, jalur udara,” kata Arief Yahya.

Karena itu, konsentrasi menteri pariwisata yang asli Banyuwangi ini justru pada akses menuju ke tanah air. Membuka akses dari originasi “tebal” dan memiliki “daya beli” seperti Tiongkok, Hongkong, Macau, Taiwan, Korea, dan Jepang. Termasuk di Negara tetangga Singapore, Malaysia, Filipina yang bisa menjadi pasar potensial. “Tourism itu model bisnisnya mirip dengan telecommunication. Kedekatan atau proximity itu menjadi sangat penting, baik geografis maupun cultural,” tandasnya.

Secara khusus Menpar juga konsursium Belitung Maritime Silk Road yang bekerja dengan cepat untuk mewujudkan KEK Tanjung Kelayang. Dia juga berterima kasih atas kehadiran Kedutaan Swedia Ms Johanna Brismar Skoog, Kedutaan Italia Mr Vittorio Sandalli, Kedubes India Nengsha Lhouvum, Kedubes Turki Mehmet Kadri Sander Gurbuz, Konsul Jenderal Singapore Mark Lauw, yang ikut hadir di Tanjung Binga, 2 September 2016.

Mereka turut menyaksikan komitmen dan penandatangan kerjasama BTN (Bank Tabungan Negara) dengan Gubernur Banga Belitung, juga BTN dengan Group Dharmawangsa. Selama proses pembangunan KEK Pariwisata, masyarakat di sekitar kawasan itu akan diberikan fasilitas homestay bekerjasama dengan BTN dan Kemen PU PR. Sehingga masyarakat bisa mendapatkan benefit dari pengembangan kawasan pariwisata di sana. “Tentu dengan desain arsitektur nusantara, yang akan mempercantik di sekeliling kawasan itu,” tandasnya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).