Wonderful Indonesia 2016
Luar Biasa, Diserbu Buyer, PATA Travel Mart 2016 Targetkan Transaksi Rp1,1 Triliun
Luar Biasa, Diserbu Buyer, PATA Travel Mart 2016 Targetkan Transaksi Rp1,1 Triliun

Kamis, 25 Agustus 2016 10:31 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Bursa pariwisata berskala international tak lama lagi akan menghebohkan Indonesia. Yakni PATA Travel Mart (PTM) 2016 yang digulirkan di ICE BSD, Tangerang Banten, 7-9 September 2016.

Pameran yang ditunggu-tunggu industri ini tampaknya bakal diserbu banyak buyers kelas kakap. ”Buyers yang sudah menyatakan hadir berdasarkan asal negara adalah USA, Canada, Argentina, Brazil 10 persen, Negara-negara Eropa 25 persen, Timur Tengah 3 persen, Rusia dan Kazakhstan 8 persen, ASEAN 22 persen, dan yang paling besar Asia Pasifik 32 persen,” ujar Project Manager PTM 2016, Ika Nazarudin.

Mengapa Asia Pacific terbesar? Di dalamnya ada Tiongkok, Negeri Tembok Raksasa yang punya outbound travelers terbesar di dunia. Tahu 2015 saja sudah tercatat 120 juta orang China bepergian ke luar negeri. Selain itu ada Hongkong, Macau, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, yang semua menyimpan punya pasar yang besar. “PATA Travel Mart ini termasuk yang terbesar kelima di dunia, jadi pelaku bisnis Pariwisata bakal berkumpul di Tangerang,” jelas Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, di Jakarta.

Menpar Arief Yahya mengingatkan kepada para sellers, industry Pariwisata di tanah air untuk mengoptimalkan momentum langka ini. Buatlah paket yang bagus-bagus, yang bisa menghadirkan lebih banyak turis ke dalam negeri. Pertemuan antara buyers dan sellers ini sudah masuk ke level bisnis, antara sesama industry. Kemenpar hanya memfasilitasi agar kegiatan besar yang tahun lalu diadakan di Bangelore India itu lebih sukses baik dari sisi pelaksanaan maupun dari transaksi.

Ika Nazarudin menambahkan, pameran berskala international ini kelihatan berkualitas dari skala, reputasi, pengaruh dalam industri PTM 2016. ”Indonesia sangat bangga akan menjadi tuan rumah, juga nantinya akan berdiri Paviliun Indonesia di ICE BSD Exhibition Hall 5 dan 6 dengan total 450 sqm, ini Paviliun yang besar dan akan banyak menampung industri serta Dinas Pariwisata di tanah air,“ jelas Ika di hadapan puluhan media.

Paviliun Indonesia akan diisi dengan alokasi branding Wonderful Indonesia, Disparda dari 33 Propinsi, Sustainable Tourism, SMEs in Travel Industry dan juga akan ada Lounge untuk para pengunjung. Untuk targetnya? Tidak tanggung-tanggung, PTM 2016 juga nilai transaksinya pun ditargetkan mencapai Rp 1,1 triliun.

”Dengan asumsi PTM 2016 diikuti oleh 50 Seller (Perusahaan) dari Indonesia, diperkirakan potensi transaksi adalah USD 82,5 juta atau setara dengan Rp. 1,1 Trilyun,” ujar Deputi Pengembangan Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana.

Dalam perhelatan tersebut, direncanakan akan hadir sekitar 1.000 delegasi dari 60 negara anggota, tak terkecuali Indonesia. Selain menjadi ajang promosi wisata Indonesia, acara travel mart yang berfokus pada b to b (business to business) tersebut bisa mendapatkan transaksi yang besar dan sukses.

Pitana memaparkan, sejauh ini, sudah ada 40 seller dari Indonesia yang sudah terdaftar oleh pihak PATA. Jumlah tersebut memang masih akan bertambah hingga hari H pelaksanaan. Selain seller dari Indonesia, kabar terbaru dari pihak PTM 2016, sudah mengkonfirmasi sebanyak 203 organisasi dari 33 negara, 246 buyer dari 60 negara, 209 seller dari 35 negara, 37 media international dari 15 negara, dan 12 blogger.

”PTM 2016 ini juga mempertemukan para pelaku industri pariwisata (buyer) yang terdiri dari tour operator (wholesaler), MICE, dan Destination Management Company (DMC) dari manca negara serta jurnalis internasional termasuk travel writer dan travel blogger, dengan pelaku industri pariwisata dari kawasan Asia Pasifik,”beber Pitana.

Industri Pariwisata tersebut terdiri dari travel agents, inbound tour operator, hotel and resort, Dinas Pariwisata Daerah, obyek wisata, operator golf, dive, spa, cruise operator, car rental, airlines, airport management, travel portal, dan lain-lain. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).