Pesona Indonesia 2016
Pulau Dewata Bali Bakal Dihebohkan Maybank Bali Marathon
Pulau Dewata Bali Bakal Dihebohkan Maybank Bali Marathon
My Bank Marathon Bali 2016. (istimewa)

Rabu, 24 Agustus 2016 10:50 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

DENPASAR - Jangan kaget PT Bank Maybank mensupport Bali Marathon 2016! Itu bagus-bagus saja. Malaysia Truly Asia berpromosi ke Bali, itu adalah langkah cerdas Malaysia untuk menggaet wisman yang Bali. Itu sama dengan cara Menpar Arief Yahya dalam menjaring ikan di kolam yang penuh ikan di Singapore. Berpromosi Woderful Indonesia di Singapore, bukan hanya untuk mendapatkan pasar Singaporean, tetapi justru orang asing yang sedang berwisata atau menjadi ekspatriat di Singapura.

Karena itu, kecerdasan Malaysia Truly Asia itu patut diacungi jempol. Kali ini giliran PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) yang memastikan bahwa penyelenggaraan lomba lari internasional yang tahun ini memasuki tahun kelima itu, akan berlangsung Minggu, 28 Agustus 2016 di Gianyar, Bali.

Dalam kesempatan yang sama Maybank Indonesia juga mengumumkan perubahan nama event dari “BII Maybank Bali Marathon” menjadi “Maybank Bali Marathon” selaras dengan identitas baru perusahaan. Manajer Perlombaan Maybank Bali Marathon 2016 Esti Nugraheni mengatakan, sejak pertama diselenggarakan pada tahun 2012, Maybank Bali Marathon sebagai lomba lari berstandar internasional telah mengantongi sertifikasi dari International Measurement Certificate number INA2012/009 dan telah disahkan Association of International Marathons and Distance Races (AIMS).

”Pengukuran rute dilakukan International Measurement Administrator Dave Cundy, yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer. Sementara rute 10K telah mendapat sertifikasi dari Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), tentu ini juga konsistensi kami menjaga Pariwisata Indonesia agar Bali Marathon tetap terus mendunia,” ujar Esti kepada wartawan.

Kalaupun seperti sebelumnya, saat marathon digelar, Malaysia Truly Asia banyak bertebaran di Bali itu oke-oke saja. Sah-sah saja, tidak ada yang dilanggar. Itu kecerdasan mereka yang justru perlu diapresiasi. Saat ini “Pure” New Zealand juga sedang gencar promosi melalui digital dengan bahasa Indonesia. Tentu sasarannya adalah wisman asal Indonesia untuk outbound.

Sejak 2014, imbuh Esti, event lomba lari yang diselenggarakan oleh Maybank Indonesia ini telah memenuhi kualifikasi sebagai official race directory Boston Marathon, yang merupakan salah satu dari enam World Major Marathon series (disamping Berlin, New York, London, Chicago, dan Tokyo Marathon). Hanya pelari yang mampu menyelesaikan lomba lari marathon tertentu, termasuk Maybank Bali Marathon, dalam kualifikasi waktu (qualifying time) minimum yang telah ditentukan, berhak untuk melakukan pendaftaran di Boston Marathon.

”Maybank Bali Marathon juga mendapatkan pengakuan menjadi salah satu lomba yang tercatat sebagaiRemarkable Races You Need to Run Before You Die [Lomba Luar Biasa yang Wajib Diikuti sebelum Tutup Usia,Red] menurut The Active Times,”katanya.

Esti menambahkan, perlombaan lari Maybank Bali Marathon 2016 menargetkan keikutsertaan 7.000 peserta atau naik sekitar 30 persen dari jumlah peserta pada BII Maybank Bali Marathon 2015."Kami telah memperhitungkan sejumlah faktor seperti perayaan hari besar keagamaan, cuaca, bahkan Pekan Olahraga Nasional 2016 sebelum menetapkan tanggal pelaksanaan, jadi semua sudah kami pikirkan dengan baik," katanya.

Dalam versi ini, imbuh Esti, Maybank Bali Marathon disejajarkan dengan lomba marathon yang telah dikenal di dunia termasuk Boston, New York dan Great Wall China Marathon. Selain itu, polling yang dilaksanakan oleh RunHood Instagram Magazine menempatkan lomba tersebut sebagai Best Marathon 2015, Best Half Marathon 2015 dan Best Finisher Medal 2015.

Saat pertama kali diselenggarakan pada 2012, Maybank Bali Marathon berangkat sejalan dengan mulai bertumbuhnya kembali animo masyarakat terhadap hobi lari. Penyelenggaraan Maybank Bali Marathon menandai kembalinya ajang lomba full marathon internasional di tanah air setelah vakum 22 tahun dari kalender olah raga nasional.

Pada 2012, sekitar 2.000 peserta mengikuti lomba lari yang memperlombakan ajang full marathon berstandar internasional dengan jarak 42,195 km, half marathon (21,0975 km) dan 10K (10 km). Jumlah peserta meningkat menjadi 3.000 peserta pada 2013 dan naik menjadi 4.500 peserta pada 2014 hingga mencapai lebih dari 5.000 peserta pada 2015. Disamping dari dalam negeri, tercatat juga peserta dari luar negeri, termasuk dari Kenya, Ethiopia, Eropa, Amerika Serikat, Australia dan Asia.

“Memperhatikan animo peserta yang terus meningkat dari tahun ke tahun, kami memproyeksikan penambahan slot peserta sekitar 25% dari jumlah peserta tahun lalu. Penambahan slot ini tentu saja harus kami sertai dengan kesiapan infrastruktur yang lebih baik karena kami tetap harus menjaga dan memastikan kualitas, keamanan dan kenyamanan lomba. Penambahan peserta pada prinsipnya tidak boleh mengurangi kualitas lomba,” kata Taswin Zakaria, Presiden Direktur Maybank Indonesia.

Menurut Taswin, selaras dengan misi humanising financial services, khususnya berada di tengah komunitas, Maybank Indonesia tumbuh dan berkembang bersama komunitas pehobi lari sejak 2012. “Kami mencermati beberapa peserta yang dulu memulai dari 10K kini sudah naik tingkat ke half marathon hingga full marathon. Bahkan ada peserta dengan latar belakang non atlet mampu bersaing di ajang Maybank Bali Marathon,” jelasnya.

Tercatat, model Indonesia, Kelly Tandiono berhasil menjadi juara kedua dalam nomor 10K kategori Indonesia di Maybank Bali Marathon 2015. Dari segi prestasi, atlet nasional Triyaningsih juga mampu mencatatkan namanya di antara peserta asing termasuk pelari Kenya dengan menjadi runner up 10K kategori open (internasional) di Maybank Bali Marathon 2015.

Sebagai bagian dari penyelenggaraan Maybank Bali Marathon, seperti tahun-tahun sebelumnya, Maybank Indonesia kembali akan melanjutkan program corporate social responsibility (CSR) di Bali, khususnya di kawasan yang dilalui dalam jalur lomba marathon. Ribuan masyarakat Bali dan murid-murid dari 27 sekolah di Gianyar kembali akan berpartisipasi menyambut hangat para peserta dan menyemarakkan event lari internasional. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).