Wonderful Indonesia 2016
Menpar Arief: Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Paling Wow Sepanjang Sejarah
Menpar Arief: Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Paling Wow Sepanjang Sejarah
Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2016. (istimewa)

Senin, 22 Agustus 2016 11:56 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

TOBA SAMOSIR - Kota Balige, betul-betul berpesta! Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 yang dipusatkan di kota itu, 21 Agustus itu betul-betul meledak. Seluruh warga Kabupaten Tobasa tumpah ruah di puncak peringatan HUT RI ke-71 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo itu. Mengenakan “ulos raja” Ragidup Sirara warna gelap dan ornament putih, orang nomor satu di tanah air itu ikut pawai sepanjang 3,5 km itu.

Di tengan perjalanan, Presiden Jokowi yang memakai baju hitam dan sortoli penutup kepala khas Batak itu juga melempar-lempar kaus kepada penonton sambil melambaikan tangan ke kiri dan kanan. Ibu Iriana tampil ceria dengan baju merah juga melambaikan tangan dari atas mobil hias berdesain ikan emas dengan sulur-sulur berwarna hitam-merah-putih. Ulos bermotif Tum-Tum yang didesain khusus oleh Edward Hutabarat pun terlihat elegan dan bersahaja.

Arak-arakan budaya yang host-nya Kementerian Pariwisata ini boleh dibilang sukses besar. Pertama sukses acara, pelaksanaan lancar, sesuai skenario rencana, nyaris sempurna. Semua kontingen, 44 nomor tampil optimal, dilepas di start Jalan Tarutung, Patuan Nagari sampai finish Lapangan Sisingamangaraja Simpang Sibulele lancar membelah lautan manusia yang hampir 100 persen mengenakan identitas ulos. “Ini karnaval sudah standar global, siap go international,” kata Menpar Arief Yahya, yang terus mendampingi Presiden Jokowi.

Kedua, selama dua hari kegiatan Pesona Danau Toba, semua hastag yang dilempar ke media social, langsung tembus trending topic. Pertama saat konser Slank, Opi Andaresta, Edo Kondologit, Sammy Simorangkir, Dewa Bujana di Pantai Bebas, Parapat, Simalungun 20 Agustus 2016. Dari #PanggungApung #PesonaDanauToba semuanya naik daun sejak sebelum konser.

Sedangkan di Karnaval yang lebih dari 100 ribu pasang mata tumplek blek ke jalur karnaval itu, langsung melambungkan hastag: #Balige #PesonaDanauToba #UntukMedan #PulauSamosir. “Selamat, Karnaval Pesona Danau Toba benar-benar go digital dan go global. Gambar, foto-foto dan video pendek yang dishare ke media social benar-benar atraktif dan kaya angel,” lanjut Arief Yahya.

Sukses ketiga, adalah keberhasilan meyakinkan Presiden Jokowi bahwa destinasi Danau Toba layak dikembangkan lebih cepat dan lebih agresif. Dukungan 3A , Atraksi, Akses, Amenitas nya dari pemerintah itu kunci sukses selanjutnya. “Dan ini sudah terjawab di Ratas, Pak Presiden Joko Widodo memutuskan percepatan akses menuju Danau Toba baik jalan tol dari Kuala Namu-Tebing Tinggi-Pematang Siantar, lalu dilanjutkan ke Parapat. Juga pembangunan infrastruktur di Silangit Airport,” ungkap Arief yang mengakui tiga hal itu adalah bentuk kesuksesan acara.

Menpar pun berterima kasih kepada seluruh panpel dan timnya yang sudah mempersiapkan kegiatan KKPDT 2016 ini. Janji Jay Wijayanto, Ketua Panpel Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016 itu benar-benar ditepati. Harus diakui, jika dibandingkan dengan defile Opening Ceremony Olympic Games Rio de Jeneiro 2016, KKPDT 2016 tidak kalah. Bahkan lebih atraktif, lebih kuat menghujam, atmosfernya lebih masuk, konsep dan desainnya lebih dramatic.

Koordinator Karnaval Jay Wijayanto menambahkan, karnaval dari Soposurung hingga Simpang Sibulele itu memang didesain festive. Bukan sekedar jalan arak-arakan seperti di Olimpiade itu. Ada gerak, ada instrument dan bunyi-bunyian, ada kostum dan pakaian adat, ada mobil hias, marching band dengan berbagai keunggulan, ada atraksi budaya seperti piring dan tandok.

Sepertinya, tandok yang dijanjikan 700 perempuan berpakaian adat Batak lalu, lebih banyak dari itu. Tandoknya pun berwarna-warni, bukan hanya pandang anyam yang biasa berwarna cokelat tua, Kini ada yang berwarna pastel, biru muda, merah muda, kuning muda. Provinsi lain juga tampil yahud. Dari DKI Jakarta, Sumsel, Kalbar, Jawa Timur, Banten,, Papua, Maluku, dan 7 Kabupaten di sekitar Danau Toba.

Presiden Jokowi meminta agar tahun depan karnaval ini jangan berhenti. Tentu, harus sudah dipromosikan jauh hari sebelumnya, agar bisa mulai menghasilkan wisatawan mancanegara. “Jangan berhenti sampai di sini! Tahun depan harus dilanjutkan lagi,” kata Presiden Jokowi. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).