Jelang MTQ Korpri 2016, Kalimantan Timur
MTQ III 2016 Korpri Bakal Dibuka Wapres, Ditutup Mendagri
MTQ III 2016 Korpri Bakal Dibuka Wapres, Ditutup Mendagri
Ketua Korpri saat Konfrensi Pers. (humas)

Jum'at, 19 Agustus 2016 11:07 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan Mendagri Tjahjo Kumolo hampir pasti bakal membuka dan menutup event Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) III Korpri Tingkat Nasional 2016. MTQ itu sendiri direncanakan jatuh pada tanggal 12-21 November 2016 di Masjid Baitul Muttaqien Islamic Center Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur.

“Puncak MTQ 2016 nanti dibuka oleh Wapres RI, lalu berakhirnya ditutup oleh Mendagri,” jelas Ketua Umum Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Zudan Arif Fakhrullah di Jakarta.

Menurut Zudan, yang juga Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri itu, 34 provinsi sudah berkomitmen untuk mengirimkan 15 qori dan qoriah untuk lima mata cabang lomba yang digelar selama 10 hari tersebut. Adapun tema kegiatan ini adalah “Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran Korpri Menuju Birokrasi yang bersih, berwibawa dan bermartabat sesuai tuntunan al-Qur’an dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.”

Memang, terlihat ada semangat yang meledak-ledak bahwa Korpri periode pimpinan Zudan Arif Fakhrullah ini. Mereka semakin kencang menggelorakan spirit baru organisasi. Yakni: Bersih, Berwibawa dan Bermartabat. MTQ adalah salah satu cara memperkokoh integritas anggota, menjadi tokoh-tokoh yang bermental baja dan bermoral tinggi. “Betul, bahasa gaulnya, kami harus move on! Korpri harus berubah, menjadi lebih baik, lebih bersih, lebih berwibawa dan bermartabat,” kata Zudan yang alumni FH UNS Solo itu.

Apa sebenarnya tujuan MTQ? Buat anggota Korpri? Pertama, meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan isi kandungan al-Qur’an menuju birokrasi yang bersih dan bermartabat. Lalu, kedua, meningkatkan syiar dan Ukhuwah Islamiyah antar Korps Pegawai Republik Indonesia. Ketiga, Melestarikan seni dan budaya Qur’ani, di kalangan birokrasi selaku anggota Korpri.

Sedangkan jumlah kategori yang bakal dilombakan di MTQ III Nasional itu, terdiri dari 5 (lima) macam lomba yakni: 1. Tartil Al Qur’an Putra Putri; 2. Tilawah Al Qur’an Putra Putri; 3. Hifzhil Quran: a. Surat Al Baqarah dan Juz Amma (3 Juz Plus) Putra Putri; b. Surat Al Baqarah sd An Nisaa (5 Juz Plus) Putra Putri; c. Surat Al Baqarah sd At Taubah (10 Juz Plus) Putra Putri.; 4.

Dengan dakwah isi kandungan Al Qur’an Putra Putri.; 5. Khat Al Qur’an : a. Golongan Dekorasi Putra Putri; b. Golongan Kontemporer Putra Putri. Kafilah MTQ III Korpri Tingkat Nasional adalah anggota Korpri (PNS) Tingkat Kementerian/ Lembaga dan Provinsi seluruh Indonesia dengan peserta ± 1165 orang Kafilah, pendamping/official 535 orang, Panitia Pusat 15 orang diperkirakan seluruhnya jumlah kafilah 2173 Orang.

Pelaksanaan MTQ III ini akan melibatkan Dewan Juri yang terdiri dari unsur : ahli bidang Al Qur’an, unsur akademisi, instansi, tuan rumah MTQ (UIN, PTIQ, IIQ, Kemenag) adapun mengenai syarat dan ketentuan lain telah dimuat dalam buku Pedoman MTQ III Korpri Tingkat Nasional Tahun 2016.

Ketua DPN Korpri masa bhakti 2015-2020 Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH itu lagi-lagi mengulang statement-nya di Gedung Korpri Lantai 7 lalu. “Sekarang era digital, siapa yang cepat, dia yang mengalahkan yang lambat! Jangan salah, bukan yang besar menggilas yang kecil," ujarnya.

Ini sejalan dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo, lalu bahwa Korpri harus mampu menyampaikan dan menggerakkan pola pikir (mind set) ASN yang baru, efisien dan berdaya saing tinggi. "Presiden Joko Widodo sendiri juga sudah menyampaikan setuju atas kegiatan MTQ III Korpri Tingkat Nasional 2016," pungkasnya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).