Wonderful Indonesia 2016
Mau Seru-seruan Bule? Yuk, Gabung di Toba Grand Fondo 2016
Mau Seru-seruan Bule? Yuk, Gabung di Toba Grand Fondo 2016
Ilustrasi Toba Grand Fondo 2016. (istimewa)

Jum'at, 19 Agustus 2016 23:39 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

PARAPAT - Anda sedang ada di sekitar kawasan Danau Toba? Jangan hanya fokus ke Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba saja. Ada jelajah sepeda jarak jauh Toba Gran Fondo (TGF) yang juga bisa dinikmati di sana. Even sport tourism ini juga banyak dibanjiri wisman. Sama-sama disorot media-media internasional. Dan yang lebih penting lagi, acaranya digelar berbarengan. Sama-sama 20-21 Agustus 2016.

“Dari laporan yang saya terima, Toba Gran Fondo juga keren. Banyak rider internasional yang ambil bagian. Dari mulai Hotel Santika Premiere Medan, Taman Simalem Resort juga sampai Hotel Niagara Parapat dipenuhi para partisipan TGF 2016. Semuanya sudah full sampai 23 Agustus 2016,” ungkap Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Biro Perjalanan dan Wisata Indonesia (ASITA) Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, Jumat (19/8/2016).    

Penuhnya berbagai penginapan itu tidaklah mengherankan. Maklum, ada 238 rider dalam dan luar negeri yang ambil bagian. Dari Malaysia, Singapura, Swiss, Filipina, Australia, Skotlandia, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Jerman, Austria dan tuan rumah Indonesia, semuanya tumplek jadi satu untuk menjelejah danau terbesar nomor dua di dunia. Direct impact dan indirect impact terhadap pariwisata sangat besar karena ada media value di sana. Danau Toba akan dilihat di TV, didengarkan di radio, dicatat dan foto di media cetak, bahkan diramaikan di media social dan digital.     

Di deretan televisi internasional, ada CNN dan Aljazeera TV yang siap mengekspos. Dan dari dalam negeri, seluruh jaringan stasiun TV nasional juga ikutan kumpul di sana.. Dua jaringan radio nasional juga tak mau kalah. RRI dan Elshinta, juga ikutan stand by. Dan untuk media cetak dan online, jumlahnya mencapai ratusan. Semuanya mengarahkan liputannya ke sekitaran Danau Toba.    

Tak ingin kalah dahsyat dengan media eksposure tadi, panitia TGF 2016 juga ikutan menyiapkan jurus andalan. Soaial media pun siap dijadikan ‘senjata’ pamungkas. “Media eksposurenya memang besar. Jadi kami imbangi dengan kekuatan sosial media. Nanti kami akan mendokumentasikan persiapan secara live streaming menggunakan Periscope,” ungkap Tour Director Toba GranFondo 2016, Agustino Sidabutar.   

Aplikasi berbasis operating system (OS) android dan iOS tersebut memang dirancang untuk dipergunakan menyiarkan sebuah kejadian secara langsung (live streaming). Semua orang pun dapat mengakses segala kegiatan TGF16 hanya melalui gadget. “Dan jangan takut kelewatan menyaksikan live streaming TGF 2016. Jalannya persiapan dan lomba di Periscope bisa diputar ulang,” tambah Agustino.    

Yang tidak familiar dengan Periscope, panitia juga menyiapkan YouTube. Seluruh kegiatan peserta dan keseluruhan pagelaran acara akan langsung diunggah via YouTube. Kecepatannya pun dijamin instan dan tidak lelet. “Tim kami akan bergerak cepat dari hunting dari spot terbaik. Semuanya akan langsung diedit dan upload setelah selesai,” timpal Arief Chibi, koordinator dokumentasi TGf16.    

Link streaming akan diinformasikan melalui laman media sosial Facebook: Toba GranFondo, twitter/instagram: @tobagranfondo), maupun official website Toba GranFondo (tobagranfondo.com). “Dengan be”gitu masyarakat sedang tidak berada di venue masih dapat menikmati keseruan Toba GranFondo 2016,” sambung Arief Chibi.

Menpar Arief Yahya yang berencana hadir di Toba GranFondo itu mengapresiasi kegiatan sport tourism itu. "Salah satu cara untuk mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi kelas dunia adalah menggelar banyak event internasional di sana. Selain ada wisman yang hadir langsung, juga akan mendapatkan media coverage dan media value yang besar dan mendunia," kata Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI di Parapat, Simalungun. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).