Wonderful Indonesia 2016
Dibuka Band Nidji, Giliran Raisa - Sheila Majid Tutup Festival George Town Penang 2016
Dibuka Band Nidji, Giliran Raisa - Sheila Majid Tutup Festival George Town Penang 2016
Penyanyi solo Indonesia, Raisha. (istimewa)

Rabu, 03 Agustus 2016 13:10 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Raisa dan Sheila Majid menutup hari kedua promosi Wonderful Indonesia di Festival George Town (GTF) 2016, Senin, 1 Agustus 2016, dinihari tadi, dengan balutan rasa dan warna Indonesia. Selama dua jam, keduanya sama-sama menjadi bintang di Esplanade, Penang, Malaysia. Keduanya sukses menghipnotis ribuan penonton yang memadati kawasan itu dengan message utama: promosi Wonderful Indonesia.

Aroma Merah Putih dimulai dengan penampilan Quenn of Jazz-nya Malaysia, Sheila Majid. Sheila memang bukan warga Negara Indonesia. Penyanyi kelahiran 3 Januari 1965 itu juga bukan duta pariwisata Indonesia. Tapi di George Town, Sheila Majid malah seperti endorser Indonesia melalui tembang kenangannya, Antara Anyer dan Jakarta.’ Sayang, lagu itu tidak dipelesetkan menjadi Antara Penang dan Jakarta, tentu respons public akan semakin wow.

It’s ok. Itu saja sudah membuai ribuan penonton. Ajakan bernostalgia ke sebuah kawasan yang berdekatan dengan Tanjung Lesung – salah satu destinasi prioritas yang disiapkan menjadi Bali-Bali baru – membuat penonton kompak melantunkan tembang hits di eranya itu. “Itu lagu legend. Saya sangat suka,” tutur George Town Festival (GTF) Director, Joe Sidek, didampingi Rizki Handayani Mustafa, Asdep Pengembangan Pemasaran ASEAN Kemenpar, Senin (1/8) dinihari.

Menurut Rizki Handayani, musik memang borderless, tidak mengenal batas dan kotak-kotak negara. Dari bangsa manapun kalau suka, ya tetap bisa bergoyang dan bersenandung. "Apalagi Malaysia dan Indonesia itu secara budaya memang sudah dekat sejak dulu, disebut bangsa serumpun," kata Rizki.

Lagu Antara Anyer dan Jakarta memang melegenda. Dan sampai sekarang, nostalgianya masih terasa. Orang tidak sadar, bahwa Anyer itu sebuah destinasi wisata bahari di Banten, jalur menuju ke Tanjung Lesung. Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata yang sedang dihidupkan kembali oleh Kemenpar RI, setelah 20 tahun lebih setelah penetapan mangkrak tidak bergerak.

Lagu memang memberi kesan di kepala orang. Berangkat dari “Antara Anyer dan Jakarta”, lalu bisa menjelaskan bagaimana posisi Tanjung Lesung berada. “Saat ini Pemerintah sedang membangun akses dari Serang ke Panimbang dengan tol sejauh 84 kilometer. Diharapkan 2018 tol itu sudah jadi, sehingga orang dari Jakarta ke Tanjung Lesung hanya 2-2,5 jam saja. Sangat idel buat wisatawan, lebih dari 4 jam itu sudah tida masuk akal bagi wisman,” kata Menpar Arief Yahya.

Pemerintah bahkan juga sudah menyiapkan lahan untuk membangun bandar udara bertaraf internasional di Pandeglang, ketika Tanjung Lesung semakin kuat menjadi desibasi dunia.

Jalur lautnya? Akan ada Pelabuhan Tanjung Lesung yang akan disulap menjadi pelabuhan pariwisata. Itu akan membuat kapal-kapal wisata berbendera asing bisa langsung bersandar tanpa harus merapat terlebih dahulu di pelabuhan barang dan kargo Pandeglang.

Amenitasnya juga sedang dikebut. Juni silam, Menpar Arief Yahya berhasil meyakinkan salah satu perusahaan raksasa Korsel, DW Development Ltd, untuk berinvestasi di Tanjung Lesung. Nilai investasinya 500 juta dollar AS atau sekitar Rp 6,5 triliun. “Kalau kawasan pariwisatanya sudah jadi, mungkin tak hanya tembang ‘Anyer dan Panarukan saja yang ngetop. Tanjung Lesung juga bakal ngetop dan dikenal dunia. Terimakasih untuk Sheila Majid yang sudi menyanyikan tembang soal Indonesia di Malaysia,” timpal Hiramsyah Sambudhy Thaib, Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Kemenpar didampingi anggota tim percepatan Destinasi Tanjung Lesung Ida Irawaty.

Raisa, penyanyi yang memiliki jutaan follower di dunia maya itu juga tak kalah memesona. Tiga kali pekikan kata Indonesia, cukup membuat penonton George Town Festival 2016 histeris. Memang, tak ada tembang seperti Laskar Pelangi yang sukses membuai penonton GTF di malam sebelumnya. Tak ada juga hits seperti ‘Antara Anyer dan Jakarta’ yang dikumandangkan Sheila Majid. Tapi Raisa tetaplah Raisa. Pesonanya tetap saja tinggi.

Penyanyi yang sudah menyambar 16 award, termasuk Yahoo! OMG award sukses membuat fans fanatiknya bertahan sampai akhir pertunjukan. Semua kompak menyanyikan beragam tembang hits Raisa seperti Terjebak Nostalgia, Serba Salah, Apalah (Arti Menunggu), dan mantan terindah. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).