Wonderful Indonesia 2016
Ramaikan Tour de Singkarak 2016, Band Noah Bakal Goyang Sumatera Barat
Ramaikan Tour de Singkarak 2016, Band Noah Bakal Goyang Sumatera Barat
Ariel dan kawan-kawan, (Noah) bakal menghibur di arena Tour de Singkarak 2016. (net)

Selasa, 02 Agustus 2016 10:31 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Tour de Singkarak (TdS) yang akan digelar 6-14 Agustus 2016 tampaknya bakal semakin wow lagi. Lebih heboh dari edisi-edisi sebelumnya. Salah satunya, karena bakal ada penampilan grup band Noah di even sport tourism berskala internasional itu. “Kemenpar bersama pemprov dan kabupaten/kota sudah komit untuk all out menyukseskan TdS. Nanti ada grup band Noah yang bisa dinikmati dimalam opening ceremony,” terang Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya, Minggu (31/7).

Memang, lanjut Raseno, Menpar Arief Yahya sering menggunakan music sebagai magnit penarik sebuah events. Termasuk di crossborder area, seperti Atambua NTT, Aruk Kalbar, Batam-Bintan Kepri yang digunakan untuk menarik wisatawan dari daerah perbatasan. Bahkan di Balairung, Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kemenpar Jalan Merdeka Barat pun setiap launching event daerah yang berskala nasional, selalu menggunakan home band yang berkelas nasional, yakni Purwacaraka.

Lantas mengapa harus Noah? “Karena basis penggemar Noah cukup kuat dan solid di Padang dan sekitarnya. Bahkan boleh dibilang fanatik,” ungkap Raseno. Faktanya, Noah memang punya fans yang sangat besar. Namanya Sahabat Noah. Komunitas Sahabat Noah awalnya muncul dengan nama-nama yang unik berdasar pada regional masing-masing. Di Jakarta, ada Metropanerz. Di Bandung, Feather Friends Community. Jogjakarta punya Joggpers. Dan untuk Makassar, namanya Macspaners. Tapi sekarang, semua fans Noah dari Sabang sampai Merauke bersatu dalam wadah Sahabat Noah.

Merekalah nafas kedua Ariel yang selalu berada di garis depan saat Noah bernyanyi. Dibentuk pada tahun 2000, Ariel cs sanggup menghadirkan hysteria penggemar yang cukup besar di panggung musik Indonesia. Sejumlah hits seperti Ada Apa Denganmu, Mimpi Yang Sempurna, Cobalah Mengerti, Menghapus Jejakmu hingga yang terkini Separuh Aku mengantarkan nama mereka sebagai salah satu grup band paling bersinar dalam 1 dekade terakhir. Dalam tiap konsernya, ribuan Sahabat Noah selalu setia menemani. “Dijamin seru. Kami sudah mempersiapkan sejak lama agar semua bisa berjalan dengan baik. TdS 2016 pokoknya harus heboh,” tambah Raseno.

Dari tahun ke tahum gelaran TdS terus membaik. Lihat saja evaluasi 2013. Saat itu, ASO atau Amauri Sport Organisation (Official organizer Tour de France, red) merekomendasikan TdS sebagai major race dari kalender dunia balap sepeda Asia, dengan jumlah penonton lebih dari 1 juta. TdS menduduki peringkat dunia ke-5 balap sepeda internasional dengan jumlah penonton terbanyak, setelah Tour de France, Giro A Italia, Vuelta A Espana, dan Santos Tour Down Under.

Menpar Arief Yahya sampai menyebutkan TdS merupakan olahraga balap sepeda terbaik di Indonesia dan menjadi inspirasi bagi daerah lain menyelenggarakan Tour de Banyuwangi-Ijen, Tour de Bintan dan Tour de Flores (TdF). Iven TdS pun masuk kalender balap sepeda tahunan dunia Union Cycliste Internationale (UCI) atau UCI Road Calendar.

Karenanya, untuk 2016, kesan glamor dan prestisenya TdS tetap terlihat jelas. Selain kehadiran Noah, panitia sudah mendapatkan kepastian 18 tim elit internasional di ajang Tour de Singkarak. Akan ada rider papan Malaysia, Singapura, Swiss, Laos, Taiwan, Jepang, Korea, Australia, Iran, Uni Emirat Arab, Filipina, Hongkong dan Kenya yang ikut serta. Dan dari dalam negeri, ada lima tim yang sudah dipastikan siap bersaing dengan tim-tim elit mancanegara. Total, ada 230 rider yang siap beradu cepat menerabas keindahan alam dan budaya Sumatera Barat.

Nantinya, para rider ini akan melintasi 8 etape di 17 kabupaten dan kota. Etape 1 digelar Sabtu 6 Agustus. Startnya dimulai dari Dermaga Danau Singkarak, Kabupaten Solok dan finish di Ngalau, Kota Payakumbuh dengan panjang rute 96,6 km. Etape 2, Minggu 7 Agustus, dari Lembah Harau Waterfall dan finish di Istano Basa Pagaruyung, Tanahdatar dengan panjang rute 119,5 km.

Etape 3, Senin 8 Agustus, dimulai dari Equator Bonjol, Kabupaten Pasaman dan finish di Kantor Bupati Pasaman Barat, dengan panjang rute 122,8 km. Etape 4, Selasa 9 Agustus, star dari Markas Secata Padangpanjang dan finish di Lawang Adventure Park, Agam, Padangpanjang dan finish di Agam dengan panjang rute 150 km.

Etape 5, Rabu 10 Agustus, dimulai dari Pantai Carocok Kabupaten Pesisir Selatan dan finish di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman dengan panjang rute 152,6 km.

Etape 6, Kamis 11 Agustus, dimulai dari Pantai Tiram dan finish di Taman Satwa Kandih Sawahlunto, sejauh 149 km. Etape 7, Jumat, 12 Agustus 2016, star dari Gedung Pertemuan Pancasila, Sijunjung dan finish di Sport Centre Dharmasraya, sejauh 133,4 km.

Sedangan Etape 8, Minggu 14 Agustus, dimulai dari Istana Bung Hatta Bukittinggi dan finish di Tugu Perdamaian Kota Padang, dengan panjang rute 146,5 km. “Hari Sabtu, sehari sebelum melanjutkan balapan etape 8, semua rider dan ofisial tim beristirahat dan mengikuti city tour ke destinasi wisata yang ada di Kota Bukittinggi,'' kata Raseno Arya. (***)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).