Wonderful Indonesia 2016
Menpar Arief Yahya Promosikan Wonderful Indonesia di The Amazing Race Asia Season 5
Menpar Arief Yahya Promosikan Wonderful Indonesia di The Amazing Race Asia Season 5
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. (istimewa)

Sabtu, 30 Juli 2016 12:48 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Wonderful Indonesia semakin akrab dengan lima panca indera (mata, telinga, hidung, lidah, kulit) orang seantero jagad.  Program reality show yang amat menantang dan menghibur, The Amazing Race Asia (TARA) Season 5 yang disiarkan melalui saluran hiburan terkemuka Asia AXN Channel mulai Oktober  2016, bukan hanya sekedar mengiklankan branding pariwisata Indonesia itu. Tetapi juga memilih 5 kota di Indonesia, dari 10 destinasi utama Asia.

Start rutenya, dari Jakarta, Jogjakarta, Singapore, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipei, Bandung, Banyuwangi dan berakhir di Bali. Program ini sangat popular, dan bisa dilihat di Youtube, tinggal ketik “amazing race asia season 5” maka profile 11 tim dari berbagai negara bakal menghadapi tantangan seru dengan hadiah fantastic USD 100.000. “Permainan ini seru, penuh tantangan, banyak kesulitan, membaca petunjuk, pasangan di bawah tekanan, disorot kamera dan menjadi program TV yang mendunia,” kata Menpar Arief Yahya saat press conference di Fairmont Hotel Jakarta.

Point-nya, di balik lomba pencarian itu, banyak teka-teki, penjelajahan ke sebuah negara, advanture, mirip detektif dalam adegan film yang dikejar target waktu dan sasaran. Di situlah promosi cerdas destinasi pariwisata Indonesia masuk ke benak khalayak di seluruh dunia dengan cara yang smart. Yang hobi advanture, sudah pasti tertarik dengan program ini.

Karena program acara reality show ini memang acara hiburan dan games, Menpar Arief Yahya pun menyambut dengan banyak candaan. “Peserta yang dari Indonesia, jangan kalah di negeri sendiri. Bule-bule ini jangan dikasih menang, mereka belum tahu Indonesia itu Amazing! Stt.. Jangan ditranslate ya, mereka gak paham saya giniin,” ucapnya yang mengundang gelak tawa.

Menpar Arief Yahya pun menyebut promosi yang menyatu dengan program reality show TARA Season 5 ini adalah cara pintar. Setidaknya akan ditonton oleh 85 juta rumah tangga tersebar di 20 negara Asia. “Momen ini kesempatan emas bagi pariwisata Indonesia untuk memperlihatkan kekayaan serta keunikan Indonesia yang mempesona dalam kemasan Wonderful Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya dalam acara The Jakarta Racers Reveal Press Event yang digelar AXN untuk mengenalkan TARA Season 5 di Fairmont Hotel Jakarta, Kamis (28/7).

Menpar Arief Yahya mengatakan, Wonderful Indonesia dipromosikan dengan menggunakan strategi media melalui pendekatan POSE (Paid Media, Owned Media, Social Media, dan Endorser). Model promosi kali ini menggunakan paid media yakni AXN Channel dalam program TARA Seasons 5 yang menjangkau hampir seluruh  wilayah Asia sebagian besar merupakan pasar utama pariwisata Indonesia. “Tahun ini kita mentargetkan 12 juta wisman, 61% diharapkan akan datang dari  Singapura, Malaysia, China, Australia dan Jepang sebagai pasar utama pariwisata Indonesia,” kata Arief Yahya.

Senior Vice President dan General Manager, Sony Pictures Television Networks Asia Ang Hui Keng mengatakan,  Indonesia merupakan salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia terutama untuk wisata, budaya, dan petualangan .“Kami  menyambut gembira Kemenpar menjadi sponsor TARA  Musim ke-5 yang akan memberikan inspirasi pemirsa untuk merencanakan liburan jangka panjangnya ke Indonesia sebagai salah satu tujuan wisata yang paling spektakuler di dunia,” kata Ang Hui Keng.

AXN dalam reality show TARA Season-5 ini akan membuat serangkaian seri di 5 destinasi wisata; Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Banyuwangi, dan berakhir di Bali sebagai wonderful Indonesia serta menampilkan artis film Indonesia, Tara Basro, yang juga menjadi co-host pada beberapa episode TARA mendampingi Alan Wu sebagai host TARA. Selain itu sebagai bagian dari kampanye pariwisata, selama enam bulan TARA akan memperkenalkan beberapa lokasi favorit sebagai destinasi unggulan di Indonesia serta berbagi cerita tentang Wonderful Indonesia.

Acara reality show TARA pertama kali tayang tahun 2005, sedangkan pada season ke-4 sebelumnya tayang di tahun 2012. Sebanyak 11 tim terpilih yang ikut TARA Musim ke-5 akan melalukan perjalanan ke 10 destinasi utama Asia selama 20 hingga 35 hari  dimulai dari Jakarta,  Yogyakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Ho Chi Minh, Manila, Taipe, Bandung, Banyuwangi, dan  berakhir di Bali. Tim pertama yang tiba dilokasi final akan mendapatkan hadiah utama  US$ 100. 000 dan beberapa hadiah pada  tiap pemberhetian bila tim tersebut memenangkan tantangan tertentu. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik). (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).