Pesona Indonesia 2016
Apa Sih Viral Fest 2016 Itu, Penasaran? Ini Penjelasan Menpar Arief Yahya
Apa Sih Viral Fest 2016 Itu, Penasaran? Ini Penjelasan Menpar Arief Yahya
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. (istimewa)

Sabtu, 16 Juli 2016 10:06 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Bagi Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI, digital itu sudah menjadi menu wajib setiap hari sejak menjabat sebagai Dirut PT Telkom Indonesia. Ibarat sudah kenyang dengan asam dan garamnya media yang menggabungkan teknologi komunikasi, dari: gadget, network atau jaringan dan aplikasi kreatif itu.

Karena itu pesta besar para digital content di Viral Fest Asia 2016 di Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali, yang dimulai Jumat malam 15 Juli 2016 seperti berada dalam ekosistem aslinya.

"Saya senang berada di tengah-tengah para digital influencer dan artis ternama yang sangat populer di media sosial se Asia di Bali. Kalau ditotal, jumlah penggemar atau friends, followers, yang menyimak mereka itu lebih dari 150 juta pasang mata, 60 persen lebih dari jumlah penduduk Indonesia. Dan mereka semakin tertanam image Wonderful Indonesia," jelas Menpar Arief Yahya di Denpasar, Bali.

Pria yang pernah mengenyam pendidikan formal di Elektro ITB Bandung, Telematika Surrey University Inggris dan Doktor Ekonomi Unpad Bandung itu dengan mudah membayangkan, content Wonderful Indonesia masuk dalam pusaran arus viral medsos dunia. Mirip seperti ikan badut Nemo yang masuk dalam pusaran raksasa, dan tiba-tiba sampai serambi Opera House di pantai Sydney Australia saja.

"Viral Fest Asia 2016 ini akan menjadikan Indonesia sebagai pusat perhatian bagi pembuat content creative dan jsaha yang terkait dengan media, penyiaran, talent management, musik, video, film, animasi se Asia. Terima kasih telah memilih Bali, karena Pulau Dewata ini dikenal eksotik, dan memiliki warisan budaya yang masih lestari dan indah," jelas Arief Yahya yang menyebut Bali adalah tempat terbaik untuk mengabarkan Wonderful Indonesia sebagai destinasi top dunia.

Media global yang ikut di momentum ini diantaranya Youtube. Media Tiongkok yang hadir adalah MeiPai, RenRen, QF.Com.Cn, dan lainnya. Juga MiVoTv, situs media tv online nomor 1 di Indonesia. Lalu artis-artis dari China, Korea, Jepang, Taiwan, dan Indonesia juga bergabung di Viral Fest 2016 yang merupakan event pertama kali ini. CEO dari perusahaan-perusahaan broadcasters, agencies, telco, media PR, investors, digital platforms, bakal hadir di Bali. "Ini kesempatan emas bagi Wonderful Indonesia untuk menancap lebih dalam!" tutur Arief Yahya.

Undangan Mr Fred Chong, CEO Grup WebtvAsia bersama Youtubers se Asia, itu berpotensi menjadi komunitas endorser untuk Wonderful Indonesia. Objek keindahan alam, keragaman budaya, tradisi, adat istiadat, kesenian dan sebagainya adalah kekuatan atraksi peiwisata Indonesia. Dengan mudah, objek video itu bisa membuat orang lain terpikat dan menjadi promosi yang efektif. "60 persen orang paling suka lihat video, atau hambar bergerak. 35 persen baru foto statis, dan 5 persen orang masih suka membaca text," jelas Arief Yahya.

Karena itu, selain dekat dengan para fotografer dan reporter atau blogger yang hobi membuat report di personal web mereka, Arief Yahya merasa perlu kenal secara akrab dengan para pembuat dan up loader youtube dan platform video di medsos. "Community youtubers ini juga bagian dari C dalam pentahelix, salah satu kunci sukses promosi dan pengembanvan pariwisata juga. Pentahelix itu adalah kolaborasi aktif antara Academician, Business, Community, Goverment dan Media," kata Marketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu. Jadi, bagi Kemenpar, Viral Fest 2016 ini sangat strategis untuk promosi pariwisata Indonesia. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).