Pesona Libur Lebaran
Pesta Kesenian Bali 2016 Efektif Riuhkan Instagram
Pesta Kesenian Bali 2016 Efektif Riuhkan Instagram
Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya. (istimewa)

Senin, 11 Juli 2016 10:07 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Hingga pukul 23.00 WITA, sudah 3.141 posting instagram bertema #PestaKesenianBali2016. Hastag yang dipoluperkan Kemenpar dalam Lomba Foto Instagram dalam durasi 11-30 Juni 2016irut . Lomba itu sendiri sudah usai dan menghasilkan pemenang-pemenang yang karya foto dan editingnya keren. "Silakan terus diposting foto-foto yang istimewa di Instagram, sekaligus mempromosikan Bali Art Festival 2016, sebuah pesta kesenian paling heboh di Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya di Jakarta.

Mantan Dirut PT Telkom ini mengapresiasi para instagramers yang serius mencari momentum gambar yang bukan hanya berbicara, tetapi juga sarat akan nilai-nilai artistik. Dia meyakini, bahwa karya foto-foto yang diikutkan dalam lomba itu dipikirkan dan direncanakan dengan serius. Tidak asal jepret dan menghasilkan gambar untuk diposting di medsos dengan platform picture itu. "Lihat saja di #PestaKesenianBali2016. Kalau saya jadi juri, saya harus menghabiskan berjam-jam untuk memilih pemenangnya! Bagus-bagus semua," jelas Arief Yahya.

Ada yang jenaka, melihat gambar tanpa membaca caption sudah ngakak. Ada yang menampilkan kecantikan perempuan Pulau Dewata dengan pakaian tradisionalnya. Ada yang pintar mengambil fokus rangkaian gebongan yang menjulang dinatas kepala ibu-ibu dengan warna-warna cerah menyala. Ada yang bermain dengan cahaya dan komposisi. Ada yang menonjolkan humanisme anak-anak Bali. Sampai ada yang candid sedang selfie terekam kamera.

Ada yang menangkap ekspresi penabuh gamelan Bali yang atraktif, sama dinamisnya dengan musik tradisi daerah wisata nomor wahid di Indonesia itu. Ada yang mengabadikan Presiden Joko Widodo sedang bersalaman dengan salah satu penari barong, saat pembukaan 11 Juni 2016 lalu. "Sepertinya banyak fotografer pro yang ikut partisipasi," jelas pria asal Banyuwangi itu.

Arief Yahya bisa membayangkan, suasana Pesta Kesenian Bali yang ke-38 itu heboh luar biasa. Objeknya bervariasi, karena setiap hari ada 3-4 pementasan seni di Art Center, selama hampir 1 bulan penuh, non stop. "Terima kasih buat para partisipan, selamat buat para pemenang! Kalian semua sudah ikut mempromosikan Bali ke dunia digital yang makin mengglobal," ungkap Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga memperkuat statemen I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Mancanegara yang menutup Lomba Istagram itu. Tahun 2017, lomba PKB dalam instagram ini akan digelar lagi. Bahkan dikembangkan lebih heboh lagi, dengan beberapa platform. Ada video atau gambar bergerak yang diposting di youtube, ada picture atau foto dalam Instagram, dan mungkin juga akan diperlebar di Facebook dan Twiter. "Video penting, anak-anak muda mulai pintar dan kreatif membuat video pendek, 30-60 detik. Statistik menyebutkan 60 persen orang lebih tertarik menonton gambar bergerak, atau video," jelas Menpar yang juga sudah di-introduction Pitana saat press conference di Art Center, 9 Juli lalu.

Peraih Martketeer of The Year 2013 versi MarkPlus itu secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada tiga juri Ida Bagus Andi Sucitra, didampingi dua juri lainnya, AA Gde Agung Parameswara dan Made Widnyana Sudibya. Dia sudah bisa membayangkan, betapa pusingnya memilih terbaik dari foto-foto baik. Karena mereka juga harus menjaga reputasi dan fair play dalam menentukan pemenang. "Terima kasih kepada para juri," ucap Arief Yahya.

Seperti diketahui, medsos adalah media yang tepat untuk melibatkan society dalam menyebarluaskan informasi pariwisata ke khalayak ramai. I Gde Pitana yang didampingi Kadispar Provinsi Bali, Agung Yuniartha sudah menyerahkan hadiah dan bingkisan kepada 3 pemenang utama, dan 10 hadiah hiburan yang masuk nomonator atau juara harapan.

Tiga pemenang itu antara lain, I Nyoman Mahayasa (juara I), AA Ngurah Anom Manik Agung (juara II) dan I Wayan Sumardika (juara III). Sedangkan 10 juara harapan yakni I PG Budiarta Aryawan, Putu Rivan Jaya Prasetya, I Wayan Mardana, I Nyoman Suparta, I Made Murdita, I Wayan Darsana, I Putu Eko Miarsa Putra, I Putu Agus Adi Yudiana, I Putu Sukmana Ghitha, dan Nur Effendi.

Apa kesan mereka? "Antusiasmenya luar biasa, dan kebanyakan anak-anak muda! Sesuai dengan karakter medsos Instagram yang memang anak-anak muda!" tampah Pitana. "Kami juga sangat terbantu, dengan program Loma Instagram yang diinisiasi oleh Kemenpar itu. Saya berharap tahun depan direncanakan lebih baik lagi," ujarnya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).