Pesona Libur Lebaran
Gunakan Aplikasi GoMudik.com, Pengunjung 3 Top Destinasi Wisata Cirebon Naik 400 Persen Lebih
Gunakan Aplikasi GoMudik.com, Pengunjung 3 Top Destinasi Wisata Cirebon Naik 400 Persen Lebih
Logo GoMudik.com.

Sabtu, 09 Juli 2016 14:35 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Nyaris tak ada tempat sepi di Cirebon. Semua destinasi wisata diserbu ribuan pengunjung. Top 3 destinasi wisata yang ngetop seperti Waterland Ade Irma Suryani, Water Park Taman Kota Ciperna dan Gua Sunyaragi, dijejali lonjakan pengunjung hingga empat kali lipat bila dibanding hari biasa.

Lonjakan pengunjung itu diutarakan General Manager Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, Indra Miradj. Dari data yang dihimpun Waterland Ade Irma Suryani, di hari pertama Lebaran saja, jumlah pengunjung sudah mencapai 3.500 orang.

Sementara di hari kedua Lebaran, jumlahnya sudah menembus lebih dari 5.000 orang. “Di H+3 dan H+4 mungkin bisa lebih banyak lagi. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat kami berasal dari Jakarta dan Bandung,” papar Indra Miradj, Jumat (8/7).

Lonjakan kenaikan kunjungan wisatawan itu terbilang tinggi. Maklum, di hari libur biasa, destinasi wisata ini hanya mencapai 800 - 1000 orang per hari. #PesonaLebaranCirebon yang dilaunching sejak H-9 oleh Menpar Arief Yahya terus bergulir hingga 40 kota lebih di tanah air. Tinggal googling #PesonaLebaran(kota) dan #PesonaKuliner(kota), maka 10 destinasi dan kuliner akan terekspose dan bisa didownload lokasinya melalui aplikasi GoMudik.

Meski penuh, Cirebon Waterland tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan wisatawan. Urusan keamanan, dihandle langsung oleh Denpom III/3 Cirebon. Ada juga penambahan lifeguard serta penambahan P3K. "Parkir juga kita tambah hingga ke pinggir jalan Cangkol karena ramai," tuturnya.

Khusus libur Lebaran dan anak sekolah, tiket Cirebon Waterland dipatok Rp65 ribu. Harga ini berlaku hingga 17 Juli mendatang. "Harga tersebut sudah termasuk tiket renang yang terdiri dari kolam anak, kolam arus, kolam olympic, dan kolam waterboom," terangnya. Lonjakan pengunjung tadi juga berimbas ke cottage yang berada di satu kawasan Waterland Ade Irma Suryani.

Di kawasan wisata itu, seluruh kamar sudah terisi penuh hingga 9 Juli 2016. Ada 21 cottage yang sudah terisi penuh oleh tamu dari berbagai daerah. Dari Poolview, Seaview, Family 2 Room hingga Sweet Family 4 Room, semuanya full. “Termasuk Restoran Laksamana Cheng Ho. Itu juga ramai dikunjungi,” ujarnya.

Water Park Taman Kota Ciperna juga ikutan penuh. Di libur Lebaran dan libur anak sekolah kali ini, jumlah kunjungan meningkat hingga 100%-400% dari hari libur biasa. “Di hari Minggu atau libur biasa jumlah pengunjung berkisar 2.000 hingga 2.500 orang. Namun pada hari pertama Lebaran jumlah kunjungan mencapai 5.000 orang. Di hari kedua, jumlahnya bahkan mencapai 10.000 orang,” terang Manager Water Park Taman Kota Ciperna, Agus Triyatno.

Water Park Taman Kota Ciperna jadi incaran wisatawan lantaran memiliki fasilitas yang begitu lengkap dengan harga terjangkau. Dengan membayar Rp15 ribu di libur Lebaran, wisatawan sudah bisa menikmati beragam wahana yang tersedia. Dari mulai 9 kolam renang, flying fox sepanjang 200 meter yang merupakan terpanjang di wilayah Ciayumajakuning, hingga 12 macam permainan anak, semua bisa dinikmati.

Belum lagi kantin di setiap titik kolam serta live musik dangdut selama satu minggu di momen liburan Lebaran mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore. “Kami menambah 25 orang lifeguard, 5 orang keamanan di pintu masuk, 4 petugas pengamanan di flying fox, dan penambahan petugas di loket karcis. Silahkan datang dan berlibur di Water Park Taman Kota Ciperna,” ajaknya.

Taman Air Gua Sunyaragi juga tak kalah hebohnya. Lonjakan wisatawan sudah terlihat sejak H+2 Lebaran. Di H+2 Lebaran, tercatat ada 1.000 pengunjung yang datang ke Taman Air Gua Sunyaragi. “Lonjakan wisatawan ini salah satu faktornya karena tempatnya bagus dijadikan objek foto-foto. Dan Sunyaragi merupakan gua karang satu-satunya di Indonesia,” ujar Kabag Humas dan Promosi Badan Pengelola Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon, Eko Ardi Nugraha.

Untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung, Pengelola Taman Air Gua Sunyaragi Cirebon mengaku sudah menambah lahan parkir di lapangan dekat SMK Pakungwati (sebelah barat Gua Sunyaragi, red). Selain penambahan lahan parkir, Gua Sunyaragi juga menambah jumlah petugas keamanan. Yang perlu dicatat, Gua Sunyaragi tidak memberlakukan perubahan harga tiket.

Harga tiket masih tetap Rp10 ribu. “Yang belum pernah ke Gua Sunyaragi, silahkan datang. Banyak panorama keren yang bisa diabadikan dan disebar di medsos,” pungkasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menambahkan, Cirebon itu secara geografis tidak jauh dari ibu kota Jakarta, domestic market yang paling potensial. Akses tol dan kereta memudahkan wisnus bergerak ke Kota Budaya di pesisir utara itu. "Karena itu, jika dipromosikan dengan baik dan benar, pariwisata Cirebon pasti semakin ramai dan hidup," ujar Menteri Arief Yahya. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).