Pesona Libur Lebaran
Liburan ke Manado? Inilah 10 Destinasi Yang Perlu Anda Tengok
Liburan ke Manado? Inilah 10 Destinasi Yang Perlu Anda Tengok
Menpar Arief Yahya. (istimewa)

Senin, 04 Juli 2016 15:05 WIB
Penulis : Muslikhin Effendy

JAKARTA - Jangan takut menghabiskan libur Lebaran dan libur sekolah di Manado. Meski nuansa Lebaran dan budaya bersilaturahim khusus tak sedahsyat di Pulau Jawa, Manado punya segudang destinasi tingkat dunia yang sangat menghibur.

"Yang pasti dan sudah dikenal luas, Manado punya Bunaken, wisata bawah laut yang keren dan sudah punya pamor. Ada juga Bitung, selat Lembeh untuk komunitas macro, barang-barang hidup yang kecil, untuk fotografi. Juga ada wisata alam yang lain, gunung, hutan, pantai, antarpulau, kuliner, semua ada," terang Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Lion Air sampai langsung membuka direct flight dari delapan kota di Indonesia memutuskan untuk membuka jalur penerbangan langsung dari delapan kota di Tiongkok ke Manado. ‘’Jadi jangan sampai Anda kalah dengan orang asing. Anda juga harus menyaksikan sendiri keindahan alam yang ada di Manado,’’ ujar menteri yang dipercaya Presiden Joko Widodo membangun kebanggaan pariwisata nasional ini.

Nah, bagi Anda yang memutuskan menghabiskan libur Lebaran di Manado, ini 10 titik #PesonaLebaranManado, #PesonaKulinerManado, #PesonaIndonesia #PesonaLebaran #WonderfulIndonesia.

1.Taman Laut Bunaken. Tempat yang satu ini wajib Anda kunjungi bila sedang berada di Manado. Keindahan alam bawah laut yang ada di sini, bahkan membuat UNESCO menjadikan Taman Laut sebagai salah satu situs warisan dunia. Terlebih lagi, sepanjang Mei hingga Agustus adalah waktu terbaik untuk melakukan penyelaman di sini.

Setidaknya ada 39 titik penyelaman yang bisa anda nikmati di sini. Bagi anda yang hobi menyelam atau fotografi bawah air, tentu Bunaken akan menjadi surga bagi anda. Tapi bukan berarti anda yang tidak bisa menyelam tidak bisa ikut menikmatinya. Di sini juga tersedia kapal selam khusus yang dindingnya terbuat dari kaca. Jadi anda tetap bisa menikmati indahnya alam bawah laut bunaken tanpa harus berbasah-basahan.

2.Pulau Siladen. Pulau Siladen juga memiliki kekayaan bawah laur yang tak kalah indahnya. Letak pulau ini di sebelah timur Pulau Bunaken.Namun bila Anda enggan untuk menyelam, pasir putih yang membentang di sepanjang pantai juga siap untuk anda jadikan sebagai tempat bersantai. Dengan sejumlah fasilitas penginapan yang ada di pulau ini, anda juga bisa menghabiskan waktu hingga berhari-hari.

3.Pantai Malayang. Pantai yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Lokasinya yang hanya 4 kilometer dari pusat Kota Manado, membuat tempat ini tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Ombaknya yang tenang, dijamin bisa membuat anda bermain air bersama keluarga dengan sangat nyaman. Namun tak ada salahnya juga bila anda kembali menikmati keindahan bawah laut dengan melakukan penyelaman.

4.Pulau Manado Tua. Manado Tua juga menjadi salah satu pulau yang wajib anda kunjungi. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit dengan menggunakan kapal motor dari pusat kota untuk mecapai pulau ini. Tak berbeda jauh dengan taman laut bunaken dan pulau siladen, perairan di kawasan ini memiliki panorama bawah laut yang spektakuler. Tak salah jika pada tahun 2009 yang lalu, tempat ini menjadi salah satu lokasi pelaksanaan World Ocean Conference.

5.Danau Tondano. Seperti Danau Toba yang ada di Sumatera Utara, danau Tondano juga merupakan danau vulkanik yang dihasilkan dari gunung purba. Danau yang memiliki luas 4000 hektar ini juga memiliki pulau di tengahnya. Keberadaan Gunung, Gunung Kaweng, dan Gunung Masarang yang mengapit Danau Tondano juga menjadi keindahan tersendiri. Maka dari itu, Danau Tondano menjadi tempat yang wajib anda kunjungi bila sedang beradad di Manado.

6.Danau Linau. Danau ini letaknya hanya sekitar 50 menit dari Kota Manado. Tepatnya berada di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan. Yang unik dari danau ini adalah airnya yang bisa berubah-ubah warna bila dilihat dari ketinggian, mulai dari biru, hijau, kuning, hingga kecoklatan. Hal tersebut terjadi lantaran tingginya kandungan belerang yang berada di dasar danau ini.

7.Air Terjun Kima Atas. Air terjun Kima adalah salah satu destinasi wisata favorit di Manado. Jaraknya yang hanya 15 kilometer dari pusat kota, membuat tempat ini sangat mudah untuk dituju. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkatan dengan aliran yang tidak terlalu deras. Maka mashi sangat aman bila anda ingin bermain air di bawahnya. Dengan rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar air terjun, dijamin akan membuat anda betah untuk berlama-lama.

8.Arung Jeram Sawangan. Bila bagi anda yang ingin mencari tantangan, maka wajib hukumnya untuk mencoba berarung jeram di Sungai Sawangan. Sungai ini memiliki arus yang cukup deras yang bahkan mewajibkan pemula untuk didampingi pemandu bila ingin ikut mengarunginya. Jalur jeram sungai ini juga terbilang panjang, sekitar 9 kilometer. Anda akan membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menaklukan arus dan bebatuan besar yang ada di Sungai ini.

9.Taman Marga Satwa Tandurusa. Taman Marga Satwa Tandurusa adalah tempat yang mengoleksi hewan-hewan endemik sulawesi utara. Di sini anda bisa melihat beberapa hewan khas Sulawesi seperti babi rusa, monyet hitam, dan berbagai jenis burung. Tapi hewan yang paling menarik untuk anda lihat adalah Tarsius. Hewan yang menjadi ikon Sulawesi Utara ini sebenarnya adalah sejenis primata, namun ukurannya sangat kecil. Tubuhnya tak lebih dari 15 cm dan ukuran tangan serta kakinya lebih panjang dari ukuran tubuhnya. Namun ciri yang paling mencolok adalah mata bulat besarnya yang berukuran nyaris setengah wajahnya.

10.Gunung Tumpa. Gunung Tumpa merupakan destinasi wisata yang tidak boleh anda lewatkan terutama bagi para pecinta fotografi. Untuk sampai ke puncaknya, anda harus menerobos medan yang masih berupa semak belukar dengan kemiringan 30–40 derajat. Namun semua rasa lelah akan terbayar lunas begitu anda mencapai puncaknya. Pemandangan Kota Manado hingga lautan luas bisa anda saksikan dari puncak Gunung Tumpa. (*/dnl)


Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:32 WIB
JAKARTA - Diposisikan sebagai Destinasi Halal unggul dalam pentas wisata halal dunia, Aceh pun makin kreatif mendesain event. Disupport Kementerian Pariwisata RI, maka provinsi yang biasa disebut dengan Serambi Mekkah itu semakin bersemangat menggelar kegiatan berskala internasional yang bertajuk Aceh International Rapa’i Festival. Masih cukup waktu, acara ini bakal digelar sebulan lagi, persisnya pada 26-30 Agustus mendatang.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:53 WIB
BALI- Benchmark adalah cara paling cerdas, cepat dan cekatan untuk menjadi yang terbaik. Membandingkan dengan cerita sukses dan kehebatan pesaing, itulah yang diminta Menpar Arief Yahya, kepada semua daerah dalam mengembangkan destinasi pariwisata.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:48 WIB
AZERBAIJAN - Lapis legit yang dikenal dengan nama Spekkoek –bahasa Belanda--, yang khas Indonesia dan ngetop di tahun 90-an rupanya menggoda lidah orang Republik Azerbaijan. Kue berlapis-lapis gelap-terang yang memberi kesan rasa manis di ujung lidah itu jadi favorit warga di negara yang merupakan Kaukasus di persimpangan Eropa dan Asia Barat Daya itu. Kue itu menjadi juara II untuk kategori makanan asing di “The Third International Traditional Sweets Festival” yang digelar di Kota Sheki, Azerbaijan, 21 Juli 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 23 Juli 2016 08:56 WIB
JAKARTA - Pergerakan wisatawan nusantara (Wisnus) dari seluruh Indonesia tampaknya bakal mengarah ke Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membuat lonjakan dari tanggal 27 Juli hingga 7 Agustus 2016 mendatang. Betapa tidak, NTB akan menjadi tuan rumah event akbar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-26. Perhelatan akbar tingkat nasional tersebut akan dipusatkan di Islamic Center, NTB sebagai arena pembukaan dan penutupan.
Wonderful Indonesia 2016
Sabtu, 30 Juli 2016 23:37 WIB
JAKARTA - Kota Tenggarong di Kutai, Kalimantan Timur punya perhelatan festival budaya yang cukup memikat wisatawan. Namanya Festival Internasional Erau 2016, pesta budaya akbar adat Kutai yang dihelat setiap tahun. Tahun ini, salah satu festival di bekas kerajaan tertua di Indonesia itu akan digelar 20-28 Agustus 2016.
Wonderful Indonesia 2016
Senin, 25 Juli 2016 10:40 WIB
JAKARTA - Pesona kuliner Indonesia tak henti-henti menggoda selera lidah orang seluruh jagat. Tak percaya? Saksikan saja Asian Food Channel, 28 Juli 2016, pukul 20.00 WIB. Aneka rasa kuliner dari spesialis Bali, Jakarta, Lombok, Yogyakarta dan Padang dipastikan siap pamer kenikmatan cita rasa nusantara kepada dunia. Inilah alat promosi dan diplomasi teste untuk mendukung sektor pariwisata yang efektif.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 09:11 WIB
JAKARTA - Kemenpar paham betul, bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) adalah kunci dari semua persoalan mendasar di pariwisata. CEO Message ke-5 Menpar Arief Yahya menekankan, memilih orang dulu, baru menugaskan pekerjaan. Istilahnya menentukan “who” dulu, baru menjelaskan “what.” Memastikan siapa driver-nya dulu, baru menentukan arah hendak kemana.
Wonderful Indonesia 2016
Minggu, 24 Juli 2016 08:43 WIB
BATAM - Kepri tak menyia-nyiakan potensi wisata bahari yang sudah diberikan Tuhan di wilayahnya. Masterplan pengembangan gerbang wisata sea zone, coastal zone dan underwater zone sudah mulai disiapkan. Targetnya, dalam tiga tahun, provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu menjadi pintu masuk wisman berbasis bahari di tanah air. “Kami fokus kembangkan bahari, mengubah pemikiran dan strategi dari darat ke laut. Tiga tahun ke depan, Kepri harus jadi gapura wisata bahari Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti, Sabtu (23/7/2016).